8 Alat Olahraga di Rumah untuk Kamu yang Malas ke Gym

Tidak melulu harus ke gym, kamu juga bisa berolahraga sendiri di rumah. Simak beberapa alat olahraga yang perlu kamu miliki di rumah berikut ini.

8 Alat Olahraga di Rumah untuk Kamu yang Malas ke Gym
Image Source: Bustle

Padatnya aktivitas ditambah terbatasnya waktu tidak jarang membuat diri ini semakin malas untuk pergi berolahraga ke gym. Namun, jangan khawatir. Kamu tetap bisa berolahraga di rumah dengan membuat home gym sesuai preferensi dan kebutuhan.

Home gym adalah fasilitas atau ruang di rumah yang dirancang khusus untuk melakukan latihan fisik dan kebugaran. Dengan memiliki alat olahraga, kamu bisa berolahraga kapan saja tanpa harus bergantung pada jadwal di gym atau cuaca di luar.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang. Namun, sebelum membelinya, pastikan bahwa rumahmu memiliki ruang atau space yang cukup untuk meletakkan atau menyimpan alat-alat olahraga tersebut, ya.

Rekomendasi Alat Olahraga di Rumah

Terdapat beragam alat olahraga yang dapat kamu miliki di rumah untuk membantu menjaga kebugaran dan kesehatan di sela-sela aktivitasmu yang padat. Simak beberapa alat olahraga di rumah yang tentunya mudah didapat dan digunakan berikut ini!

1. Treadmill

Treadmill
Image Source: Decathon Blog

Treadmill adalah alat olahraga yang sering digunakan untuk berjalan atau berlari di atasnya. Manfaatnya antara lain meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, dan meningkatkan kekuatan otot kaki. Alat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan kardio tanpa perlu pergi ke luar ruangan. Treadmill juga dapat diatur kecepatannya sehingga kamu bisa berlatih dengan intensitas yang kamu inginkan.

2. Yoga Mat

Yoga Mat
Image Source: Business Insider

Yoga mat atau matras yoga adalah alas yang digunakan untuk melakukan yoga, peregangan, atau latihan dengan kekuatan tubuh. Matras ini biasanya terbuat dari bahan yang empuk namun kokoh, seperti busa berkepadatan tinggi, agar pengguna tetap nyaman saat melakukan gerakan di lantai. Alat ini dapat melindungi lutut dan sendi dari cedera, serta memberikan kenyamanan saat berlatih di atas lantai keras.

Jual Cozok Yoga Pants Celana Olahraga High Waist Tight Traceless
Bawahan Cozok Yoga Pants Celana Olahraga High Waist Tight Traceless Fitness - MT20 harga Rp 39.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Stationary Bike atau Sepeda Statis

Stationary Bike atau Sepeda Statis
Image Source: NBC News

Sepeda statis merupakan alat olahraga kardio yang meniru gerakan sepeda tetapi tidak bergerak dari tempatnya. Alat ini cocok bagi kamu yang ingin membakar kalori tetapi tidak terlalu suka berlari atau berjalan. Selain itu, sepeda statis juga bisa memperkuat otot kaki serta meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Sepeda statis terdiri dari kursi, pedal, dan pegangan, serta knob untuk mengatur tingkat resistensi.

4. Dumbbell dan Barbell

Dumbbell dan Barbell
Image Source: Strength Log

Kalau kamu ingin melakukan latihan kekuatan yang dapat membentuk otot tubuh, seperti squat, bench press, atau deadlift, atau olahraga pembentuk otot lainnya, kamu bisa menggunakan dumbell atau barbell. Dumbbell bisa membantu mengembangkan kekuatan dan keseimbangan otot secara merata di kedua sisi tubuh. Sementara itu, barbell mampu membantu mengembangkan kekuatan inti dan stabilitas pada tubuh.

5. Pull Up Bar

Pull Up Bar
Image Source: Decathlon

Pull-up bar adalah alat latihan tubuh bagian atas yang biasanya dipasang di dinding atau bingkai pintu dan digunakan untuk melakukan pull-up dan chin-up. Alat olahraga ini merupakan salah satu alat latihan paling efektif untuk menguatkan otot lengan, bahu, dan punggung atas. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai variasi latihan, termasuk leg raises, knee raises, dan hanging crunches yang menargetkan otot inti dan otot perut.

6. Resistance Band

Resistance Band
Image Source: Study Active

Alat olahraga lain yang berguna untuk melatih kekuatan otot yaitu resistance band. Alat ini dapat membantu memperkuat otot tanpa membutuhkan dumbbell atau barbell. Resistance band dapat digunakan untuk berbagai latihan, termasuk curl bicep, shoulder press, lat pulldown, squat, lunge, dan banyak lagi. Desainnya yang ergonomis memungkinkan kamu untuk melakukan latihan kekuatan kapan saja dan di mana saja.

Jual ITSTYLE Tali Stretching Yoga Fitness Gym Power Rope - P3PRO
Yoga & Fitness ITSTYLE Tali Stretching Yoga Fitness Gym Power Rope - P3PRO harga Rp 60.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

7. Tali Skipping

Tali Skipping
Image Source: POPSUGAR

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan tali skipping atau disebut juga skipping rope. Alat yang terdiri dari seutas tali ini sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskular, koordinasi, dan kekuatan otot kaki. Selain itu, melompat tali juga bisa membantu meningkatkan koordinasi mata-tangan dan keseimbangan tubuh. Kamu bisa menyesuaikan kecepatan lompatan, durasi latihan, dan variasi gerakan.

8. Foam Roller

Foam Roller
Image Source: Nourish Move Love

Foam roller adalah alat latihan dan pemulihan yang digunakan untuk melakukan self-myofascial release (SMR) atau teknik pijat sendiri. Alat ini efektif untuk mengurangi ketegangan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan memfasilitasi pemulihan otot setelah latihan intensif. Foam roller biasanya terbuat dari bahan busa yang padat dan tahan lama, seperti polietilena atau polipropilena, serta hadir dalam berbagai jenis ukuran.

Itulah deretan alat olahraga yang dibutuhkan untuk melakukan home gym agar dapat merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan dan perbaikan alat secara rutin agar selalu dalam kondisi baik.

Nah, agar olahraga di rumah semakin optimal, kamu bisa menggunakan beberapa perlengkapan olahraga lainnya seperti handuk olahraga microfiber, pakaian olahraga, korset pembentuk badan, strap tangan angkat beban, hingga pelindung pergelangan tangan.