6 Alat Pel Lantai yang Bagus, Bersihkan Rumah Jadi Lebih Mudah

Rekomendasi alat pel lantai yang bagus ini mampu membersihkan rumah secara lebih efisien. Rumah dijamin kinclong tanpa perlu banyak drama!

6 Alat Pel Lantai yang Bagus, Bersihkan Rumah Jadi Lebih Mudah
Image Source: Freepik/Freepik

Membersihkan rumah sudah menjadi hal rutin yang harus dilakukan agar hunian tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selain merapikan perabotan yang berantakan, kegiatan yang tentu saja tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan lantai.

Tahukah kamu? Lantai bisa menjadi sumber penyakit karena merupakan area rumah yang rentan terhadap kotoran sehingga dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis bakteri yang dibawa oleh kaki manusia maupun hewan peliharaan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk membersihkan lantai secara rutin dan menyeluruh. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan alat pel lantai yang bagus agar membersihkan rumah bisa jadi lebih efisien dan optimal.

Nah, sudah tahu apa saja jenis-jenis alat pel lantai yang tersedia di pasaran? Yuk, scroll terus untuk simak penjelasannya dan baca juga deretan rekomendasi alat pel lantai yang bagus berikut ini agar kamu tidak salah beli!

Jenis-Jenis Alat Pel Lantai

Jenis-Jenis Alat Pel Lantai
Image Source: Amazon

Walaupun sama-sama mampu membersihkan lantai, ternyata alat pel lantai yang biasanya digunakan terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Flat Mop. Alat pel ini memiliki kepala datar yang cocok untuk membersihkan lantai yang halus dan datar, seperti lantai kayu atau keramik. Biasanya terbuat dari bahan mikrofiber.
  2. Sponge Mop. Jenis alat pel ini dilengkapi dengan spons yang menyerap air dan kotoran. Cocok untuk membersihkan tumpahan cairan dan noda ringan di lantai.
  3. String Mop. String mop merupakan jenis pel yang umumnya digunakan dan memiliki kepala berbentuk bulat dan terbuat dari serat kain atau benang.
  4. Dust Mop. Alat pel khusus debu ini memiliki kepala yang terbuat dari serat yang lembut untuk mengangkat debu dan kotoran halus dari lantai tanpa merusak permukaan.
  5. Strip Mop. Jenis ini dilengkapi dengan kepala berbentuk strip kain yang panjang dan ramping. Cocok untuk membersihkan area lantai yang lebih besar dengan gerakan pelurusan yang panjang.

Rekomendasi Alat Pel yang Bagus

Nah, agar mengepel menjadi lebih mudah dan efisien, sebaiknya gunakanlah alat pel yang bagus. Intip deretan rekomendasinya yang telah dirangkum berikut ini.

1. Deerma Alat Pel Lantai Multifunction 2in1 - DEM-TB900 

Deerma Alat Pel Lantai Multifunction 2in1 - DEM-TB900 
Image Source: Jakmall

Butuh alat pel lantai yang dapat digunakan sebagai pembersih debu sekaligus? Kamu dapat mempertimbangkan alat pel lantai dari Deerma ini. Setelah menyedot debu, cukup isi air pada tangki air dan pasang kepala pel pada alat, and voila, it's a mop!

Dengan tangkai pel yang bisa di rotasi 360 derajat dan desain kepala pel yang datar dan tipis, pengguna bisa menjangkau bagian-bagian sulit seperti kolong sofa, kolong meja, celah-celah sempit, dan sebagainya dengan lebih mudah.

Tangki airnya memiliki kapasitas 0.8 L dan kompartemen debunya mampu menampung debu hingga 0.23 L. Membersihkan rumah pun akan lebih optimal dan efisien, sangat cocok untuk kamu yang lebih suka hal praktis.

2. ISHOWTIENDA Alat Pel Lantai with Bucket - FMI60

ISHOWTIENDA Alat Pel Lantai with Bucket - FMI60
Image Source: Jakmall

Alat pel lantai ini hadir satu set dengan gagang dan ember, serta kain pel yang terbuat dari microfiber. Selain itu, engsel pada bagian kain pel lantai ini dapat diarahkan dan digerakkan dengan mudah, sehingga rumah dapat bersih secara menyeluruh.

Ember bawaannya terdiri dari dua bagian, satu wadah digunakan untuk cairan pembersih dan wadah lain sebagai tempat memeras kain. Kamu tidak perlu repot memeras karena terdapat slot khusus untuk memeras kain yang terletak di atas ember.

3. Looove Alat Pel Lantai Microfiber Flat - L160V

Looove Alat Pel Lantai Microfiber Flat - L160V
Image Source: Jakmall

Kini kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan ruangan sebab kepala pel satu ini berbentuk segitiga yang mampu menjangkau bagian-bagian sulit seperti kolong sofa, celah-celah furnitur, dan sebagainya.

Gagangnya yang fleksibel memungkinkan untuk diatur ketinggiannya dan diputar hingga 360 derajat berkat desain teleskopiknya. Menariknya lagi, kamu hanya perlu menarik gagang pel untuk memeras kain pel, sehingga tangan terbebas dari basah.

4. Ace Proclean Alat Pel Spons

Ace Proclean Alat Pel Spons
Image Source: Ace Indonesia

Lelah memeras kain pel yang membutuhkan banyak tenaga? Jangan khawatir, kini kamu dapat menggunakan alat pel spons satu ini sebagai solusinya. Dilengkapi dengan tuas pemeras, kegiatan membersihkan rumah pun akan tidak akan melelahkan.

Dilengkapi dengan spons yang terbuat dari material PVA berkualitas, membuat spons memiliki daya serap tinggi yang mampu membersihkan lantai dengan efektif dan cepat tanpa harus membuat lantai becek oleh genangan air.

Tidak hanya itu, berkat desain teleskopiknya, ketinggian gagang alat pel ini dapat diatur sesuai kebutuhan. Setelah menyesuaikannya, kunci gagang menggunakan pengunci yang menempel pada gagang agar pengoperasian tetap aman.

5. Bolde Super Mop Elegante

Bolde Super Mop Elegante
Image Source: Bolde

Alat pel yang hadir satu set dengan ember lainnya datang dari Bolde. Selain dilengkapi dengan roda, ember juga memiliki dua wadah berbeda yang masing-masing berfungsi untuk wadah air sabun dan tempat memeras kain pel. Praktis bukan?

Gagang yang dapat diputar hingga 360 derajat memungkinkan kamu untuk membersihkan lantai dengan lebih mudah tanpa drama. Setelah selesai mengepel, cukup buka lubang drainase untuk membuang air bekas perasan kain pel.

6. Bwohops Alat Pel Lantai Microfiber Flat - B38

Bwohops Alat Pel Lantai Microfiber Flat - B38
Image Source: Jakmall

Dengan desain kain pel yang daar dan gagang yang dapat diputar hingga 360 derajat, bagian-bagian seperti kolong furniture, celah ventilasi, dan area lain yang sulit dijangkau dapat dengan lebih mudah dibersihkan.

Alat pel lantai ini memiliki dua sisi kain pel microfiber datar berdaya serap tinggi yang keduanya dapat digunakan untuk mengepel. Untuk membersihkan alat pel, cukup tarik kain pel, maka kotoran pun akan langsung luruh. 


Setiap alat pel memiliki kegunaan dan kelebihannya masing-masing, pilihlah alat pel yang sesuai kebutuhan. Saat memilih alat pel yang bagus, perhatikan hal seperti ukuran dan berat, kualitas material, serta kemudahan perawatan.

Nah, agar hunianmu semakin bersih dan terbebas dari kuman, kamu dapat menggunakan aneka perawatan rumah lainnya seperti vacuum cleaner, sikat pembersih, hingga lis penghalang debu.