Anak Sering Demam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Anak sering demam? Jangan khawatir, simak penyebab dan penanganannya lewat artikel berikut ini!

Anak Sering Demam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!
Image Source: Pexels/Vika Glitter

Anak sering demam merupakan salah satu kondisi yang membuat semua orang tua pastinya khawatir. Meski demam merupakan sebuah respon alami tubuh terhadap infeksi dan berbagai kondisi medis, namun intensitas dan frekuensi yang terlalu sering harus menjadi perhatian yang lebih.

Sebenarnya, anak mengalami demam merupakan salah satu tanda sistem tubuh anak berjalan dengan baik, namun jika anak sering demam pasti ada beberapa hal yang tidak beres pada kondisi tubuh atau lingkungan anak.

Lalu, apa penyebab anak sering demam? Bagaimana cara mengatasinya? Jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan berikut.

Penyebab Anak Sering Demam

Penyebab Anak Sering Demam
Image Source: Pexels/Gustavo Fring

Anak sering demam bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut faktor anak sering demam yang harus para orang tua ketahui.

1. Infeksi Virus

Demam merupakan respon tubuh anak ketika virus masuk ke dalam tubuh. Ini merupakan reaksi yang normal karena tubuh meningkatkan suhu untuk membantu memperlambat pertumbuhan virus dan membuat lingkungan tubuh kurang ideal bagi mereka.

Anak mungkin akan sering mengalami demam yang disebabkan oleh infeksi virus karena sistem kekebalan anak-anak terutama balita belum sepenuhnya berkembang. Tubuh mereka masih belajar untuk mengenali dan melawan berbagai jenis virus.

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri juga menjadi salah satu biang kerok yang menyebabkan anak sering demam. Jenis penyakit yang menunjukkan gejala demam akibat infeksi bakteri adalah infeksi saluran kencing, abses gigi, bronkitis, hingga pneumonia.

Anak sering demam karena infeksi bakteri juga berkaitan dengan sistem kekebalannya yang belum berkembang.

3. Efek Imunisasi

Jika anak selesai diimunisasi, biasanya anak akan demam. Itu merupakan hal yang wajar dan pertanda baik karena artinya tubuh anak merespon dengan baik dan sedang membentuk sistem imunitas baru.

Vaksinasi merangsang produksi sel darah putih dan antibodi untuk melawan patogen yang diperkenalkan oleh vaksin. Aktivitas sel kekebalan yang meningkat ini dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh.

4. Suhu Lingkungan

Terlalu lama bermain di luar saat suhu sedang panas juga bisa menjadi penyebab mengapa anak sering demam. Suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi dan heat exhaustion, yang dapat mengarah pada demam.

Perubahan suhu yang tiba-tiba dari panas ke dingin atau sebaliknya juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka sementara waktu, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi yang bisa menyebabkan demam.

Jual TaffOmicron Termometer Suhu Tubuh Digital Infrared Non
Alat Medis TaffOmicron Termometer Suhu Tubuh Digital Infrared Non Contact - F02 harga Rp 50.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Cara Mengatasi Anak Sering Demam

Cara Mengatasi Anak Sering Demam
Image Source: Pexels/MART PRODUCTION

Lalu, jika anak sering demam bagaimana cara mengatasinya?

1. Kompres Hangat

Kompres hangat mampu menurunkan suhu tubuh anak secara bertahap, yang dianggap lebih aman daripada penurunan suhu yang terlalu drastis ketika menggunakan kompres dingin.

Kompres hangat membuat pori-pori kulit melebar dan mampu mengeluarkan suhu panas dari dalam tubuh. Basahi handuk kecil menggunakan air hangat dan dan tempelkan di dahi, ketiak, atau leher.

2. Gunakan Pakaian Tipis

Jika anak sedang demam, jangan membuatnya menggunakan pakaian yang terlalu tebal, gunakan saja pakaian yang tipis agar panas tubuh lebih mudah untuk keluar. Pakaian yang tebal atau berlapis justru akan membuat panas tubuh menjadi terperangkap.

Pakaian yang tipis juga lebih nyaman digunakan dan memungkinkannya bernapas lebih mudah dibandingkan menggunakan pakaian yang tebal.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika demam, tubuh kehilangan banyak cairan melalui keringat akibat suhu tubuh yang panas. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, untuk mencegahnya maka anak harus banyak minum air putih agar terhidrasi dengan baik.

Jual COLEBY Alat Terapi Pernapasan Handheld Nebulizer Inhaler
Alat Medis COLEBY Alat Terapi Pernapasan Handheld Nebulizer Inhaler Atomizer - HD-W05 harga Rp 59.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Dengan terhidrasi baik, tubuh lebih efisien dalam melawan infeksi yang menyebabkan demam. Air putih juga membantu tubuh dalam melepaskan panas yang dihasilkan selama demam.

4. Jaga Suhu Ruangan

Pastikan suhu ruangan yang ditempati anak tidak terlalu panas sehingga menyebabkannya berkeringat lebih banyak dan juga tidak terlalu dingin yang dapat menyebabkan anak menggigil.

Suhu ruangan yang pas membuat anak bisa istirahat dengan nyaman dan membantu mempercepat penurunan suhu tubuh.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk mencegah anak sering mengalami demam. Kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan tangan, mainan, dan permukaan yang sering disentuh, membantu mencegah penyebaran infeksi di antara anak-anak, terutama di tempat-tempat seperti rumah, sekolah

Lingkungan yang bersih membantu mengurangi jumlah virus, bakteri, dan kuman lain yang dapat menyebabkan infeksi.

Kini kamu sebagai orang tua sudah mengetahui tentang penyebab anak sering demam dan bagaimana cara mengatasinya. Namun jika anak masih sering demam dalam jangka waktu yang lama, kamu harus tetap mengunjungi dokter anak agar bisa ditangani dengan tepat.