Apa Itu Haji Furoda? Ini Pengertian dan Persayaratannya

Apa itu haji furoda? Apa saja persyaratan haji furoda, dan apakah haji furoda sama dengan haji khusus?

Apa Itu Haji Furoda? Ini Pengertian dan Persayaratannya
Image source: Freepik/vecstock

Salah satu impian seluruh umat muslim adalah bisa melaksanakan rukun Islam yang ke-5, yaitu naik haji. Untuk bisa melaksanakannya, seorang calon jamaah perlu mengikuti program haji yang tersedia di masing-masing negara. Indonesia ternyata memiliki 3 program haji yang bisa dipilih, yakni haji reguler, haji khusus (ONH Plus), dan haji mujamalah atau furoda.

Program haji reguler dan haji khusus mungkin sudah tidak asing di telinga kamu ya. Lalu bagaimana dengan haji furoda, apakah kamu tahu pengertian dan persyaratannya? Apakah program haji furoda sama dengan haji reguler atau khusus?

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini supaya kamu lebih paham.

Pengertian Haji Furoda

Pengertian Haji Furoda
Image source: Pexels/Yasir Gürbüz

Dalam pelaksanaannya, pemerintah Arab Saudi memberikan kuota calon jemaah haji kepada setiap negara termasuk Indonesia, sehingga tidak semua calon jemaah bisa melaksanakan ibadah haji dalam satu waktu secara bersamaan.

Oleh karena itu, program haji furoda hadir sebagai sebuah solusi untuk calon jemaah yang tidak masuk kuota namun ingin melaksanakan ibadah haji tanpa menunggu antrean keberangkatan.

Haji furoda merupakan istilah yang digunakan di Indonesia untuk merujuk program ibadah haji yang visanya diperoleh dari undangan pemerintah Arab Saudi. Visa yang digunakan adalah visa mujamalah, yang diberikan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui kedutaan Besarnya di Republik Indonesia.

Aturan Haji Furoda

Praktik haji furoda sendiri diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2019 dan sah secara hukum. Adapun calon jemaah yang mendapatkan visa mujamalah wajib berangkat melalui PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus), yang mana PIHK wajib melaporkan kepada pemerintah Indonesia terkait jumlah jemaah yang akan diberangkatkan.

Syarat Haji Furoda

Syarat Haji Furoda
Image source: Freepik/freepik

Sebelum kamu mendaftar haji furoda, pastikan kamu memperhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi berikut ini ya.

  1. Foto copy akta lahir, KTP, kartu keluarga atau akta nikah, beserta file scannya.
  2. Foto 3 x 4 dan 4 x 6 dengan background putih masing-masing 10 lembar. Gunakan hijab untuk perempuan.
  3. Pas photo asli terbaru beserta soft filenya.
  4. Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan dengan penamaan minimal 2 suku kata.
  5. Uang muka pendaftaran berkisar USD 10.000/orang.
  6. Surat pernyataan.
  7. Buku vaksin
  8. Melunasi sisa pembayaran ketika mendapatkan visa mujamalah.

Jika seluruh syarat di atas sudah kamu penuhi, kamu bisa langsung mendaftar haji furoda dengan beberapa langkah berikut:

  1. Cari dan hubungi agen perjalanan yang berlisensi resmi dan memiliki reputasi baik serta berpengalaman dengan layanan haji furoda.
  2. Lakukan pendaftaran online dan kirimkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Lengkapi urusan administrasi dan bayar uang muka.
  4. Setelah seluruh syarat dan pembayaran terkonfirmasi, agen perjalanan akan memproses pendaftaran dan melaporkan ke Kementerian Agama.
  5. Kini kamu tinggal menunggu jadwal keberangkatan dari Kedutaan Arab Saudi melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus.
Jual WOTU Kacamata Wanita Sunglasses Fashion Retro Polarized
Kacamata WOTU Kacamata Wanita Sunglasses Fashion Retro Polarized UV400 - 98055 harga Rp 14.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Khusus

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Khusus
Image source: Pixabay/dinar_aulia

Sama-sama bertujuan untuk beribadah ke tanah suci, program haji furoda dan haji khusus ternyata memiliki beberapa perbedaan, seperti:

1. Waktu Keberangkatan

Perbedaan pertama adalah waktu keberangkatan, di mana calon jamaah yang menggunakan program haji khusus atau yang sering disebut dengan haji plus berangkat dengan kuota yang telah diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama.

Sehingga kamu perlu waktu tunggu selama 5 sampai 9 tahun untuk bisa berangkat ke Mekkah setelah mendaftar. Waktu haji plus terbilang singkat dibandingkan dengan program haji reguler yang bisa mencapai 20 tahun, dan visa yang didapat berasal dari pemerintah Indonesia.

Haji khusus diselenggarakan oleh pihak swasta yang berada di bawah pengawasan kemenag. Adapun, haji furoda tidak memerlukan waktu tunggu. Kamu bisa langsung berangkat haji pada tahun yang sama mendaftar.

Jual Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti
Aksesoris Fashion Pria Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti UV 97cm - YS06 harga Rp 34.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Biaya dan Fasilitas

Dari segi biaya, haji furoda 4x lebih mahal dibandingkan haji reguler, karena program haji ini bisa mencapai ratusan juta. Mahalnya biaya yang dipatok tentu berkaitan dengan sejumlah fasilitas yang akan kamu dapatkan, mulai dari penginapan hotel bintang 5, pesawat langsung ke Jeddah, tenda ber-AC di Arafah, dan lainnya.

Kedua program haji ini cocok untuk kamu yang tidak ingin menunggu keberangkatan hingga puluhan tahun.

Nah, sudah tahukan apa itu haji furoda dan apa saja syarat yang perlu kamu penuhi agar bisa mengikuti program haji ini. Jika kamu atau keluarga dekat akan melaksanakan ibadah haji, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan seperti botol minum agar cairan tetap terpenuhi selama pelaksaan ibadah.

Bawa juga passport cover untuk melindungi paspor dan berbagai dokumen penting lainnya dari berbagai sumber kerusakan, serta gembok tsa dan cover koper untuk melindungi koper sehingga kamu tetap merasa aman selama perjalanan. Kamu bisa mendapatkan itu semua di JakartaNotebook dengan harga yang tentu terjangkau.

Selamat melaksanakan ibadah haji.