Kenali Apa Itu dan Cara Keja Solenoid Valve, Wajib Tahu!

Meskipun terdengar rumit dan asing, tetapi sebenarnya solenoid valve adalah salah satu alat penting yang wajib dimiliki.

Kenali Apa Itu dan Cara Keja Solenoid Valve, Wajib Tahu!
Image Source: Freepik/zinkevych

Solenoid valve, beberapa dari kamu mungkin asing dengan alat ini.

Meskipun terdengar rumit dan asing, tetapi sebenarnya solenoid valve adalah salah satu alat penting yang wajib dimiliki bagi kamu yang mau sistem aliran air di rumah menjadi lebih baik, atau bagi kamu yang memiliki industri rumahan sendiri.

Nah, jika masih bertanya-tanya tentang apa itu solenoid valve beserta cara kerja dan rekomendasinya, ada baiknya kamu simak artikel berikut sampai habis!

Apa Itu Solenoid Valve?

Solenoid valve adalah kompenen elektrik berbentuk seperti katup yang digunakan untuk mengendalikan aliran cairan dalam sistem. Alat ini bekerja dengan prinsip dasar elektromagnetik yang menggunakan medan magnet.

Solenoid valve ini umumnya digunakan dalam lingkungan otomotif, industri, rumahan seperti yang digunakan dalam perangkat mesin cuci, mesin pencuci piring, dan sistem pemanas air untuk mengatur aliran air.

Selain itu, solenoid valve juga digunakan dalam peralatan medis untuk mengendalikan aliran, seperti pompa infus dan peralatan analisis laboratorium.

Cara Kerja Solenoid Valve

Setelah mengetahui apa itu solenoid valve ada baiknya kamu juga memahami cara kerja alat satu ini. Secara sederhana, cara kerja solenoid valve adalah menggunakan prinsip elektromagnetik.

Menggunakan listrik sebagai sumber tenaga, bagian dalam katup akan terbuka saat alat dialiri listrik. Saat katupnya terbuka, air atau cairan lain yang ada di dalamnya akan dialirkan ke luar solenoid valve. Sebaliknya katup akan menutup jika aliran listrik diputus sehingga air atau cairan lain tetap berada di dalam penampungan.

Rekomendasi Solenoid Valve Terbaik

Rekomendasi Solenoid valve Terbaik
Image Source: Freepik/zinkevych

Solenoid valve memang menjadi perangkat elektrik esensial yang hampir dapat kamu temukan pada berbagai bidang. Sistem pada solenoid valve ini memungkinkannya untuk dapat mengaliri benda cair berupa air, gas, minyak, atau cairan lainnya.

Tujuan penggunaan solenoid valve itu sendiri adalah sebagai langkah efisiensi energi, memastikan keselamatan, dan mengurangi limbah buangan.

Jakmall punya beberapa rekomendasi solenoid valve kualitas terbaik yang bisa kamu miliki dengan harga dan promo yang menarik!

1. Geerte Water Solenoid Valve Normally Closed High 2 Inch

Geerte Water Solenoid Valve Normally Closed High 2 Inch
Image Source: Jakmall

Solenoid valve memiliki fungsi untuk mematikan dan menyalakan aliran air, udara, gas, dan oli menggunakan aliran listrik. Dengan menggunakan solenoid valve ini, kamu bisa membuat sebuah sistem buka-tutup sebuah saluran pipa. Bisa berguna untuk mengisi tangki air, shower, irigasi, dan sebagainya.

Solenoid valve Geerte menggunakan teknologi normally closed yang berarti katup akan tetap tertutup secara otomatis saat tidak ada arus listrik yang mengalir. Hal ini memastikan aliran air akan berhenti ketika katup tidak diaktifkan, sehingga menghemat energi.

2. BestNr Electric Solenoid Water Valve 220 V 1 Inch

BestNr Electric Solenoid Water Valve 220 V 1 Inch
Image Source: Jakmall

Electric solenoid valve atau katup solenoid listrik ini berguna untuk mematikan dan menyalakan aliran air, gas, dan oli melalui aliran listrik. Wajib dimiliki bagi kamu yang ingin membuat sistem air sendiri di rumah atau memiliki industri rumahan.

Solenoid valve ini terbuat dari bahan kuningan yang tahan karat sehingga cocok digunakan untuk melakukan pengaliran sehingga tidak mudah teroksidasi saat digunakan.

3. Geerte Electric Solenoid Water Valve 220V 1/2 Inch

Geerte Electric Solenoid Water Valve 220V 1/2 Inch
Image Source: Jakmall

Jika ingin membuat sistem air sendiri di rumah maka kamu membutuhkan alat yang satu ini! Solenoid valve, merupakan katup yang dikendalikan secara elektrik. Katup ini memiliki solenoid yang merupakan kumparan listrik dengan inti feromagnetik (pendorong) yang dapat dipindahkan di tengahnya.

Solenoid valve bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik saat Anda membutuhkan tekanan tinggi atau rendah dan dengan laju aliran kecil atau besar. Memiliki fungsi yang krusial, nyatanya alat ini hadir dengan bentuk yang minimalis. Oleh karena itu, kamu membutuhkan ruang yang banyak saat memasangnya.

4. Electric Solenoid Timer Auto Water Valve 1/2 Inch 16Bar 230VAC

lectric Solenoid Timer Auto Water Valve 1/2 Inch 16Bar 230VAC
Image Source: Jakmall

Dilengkapi dengan digital timer, solenoid valve ini dapat membantu kamu menyirami tanaman tanpa harus menyita waktu, tidak akan ada lagi over biaya air, dan tidak ada lagi tanaman mati karena kamu lupa menyiramnya.

Kamu dapat mengatur interval air sesuai dengan kebutuhan. Timer ini cocok untuk yang memiliki hobi berkebun dan ingin mencapai pertumbuhan tanaman yang maksimal.

Tombol manual pada solenoid valve ini juga memungkinkan penggunaan keran instan tanpa mengganggu program yang telah kamu tetapkan. jadi, kamu tetap bisa menyiram tanaman layaknya menggunakan keran biasa.

Interval air dapat diatur antara 0.5 hingga 45 menit sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tidak perlu dipertanyakan lagi, solenoid valve adalah perangkat penting yang dapat digunakan dalam berbagai bidang mulai dari mesin hingga otomatisasi. Dengan berbagai jenis, aplikasi, dan sistem yang beragam, solenoid valve memainkan peran penting dalam banyak aspek di kehidupan kita.

Jadi, pastikan memilih solenoid valve yang sesuai dengan kebutuhan kamu!