Cara Membersihkan Shower Tanpa Dilepas, Dijamin Lancar!

Jakmall telah merangkum langkah untuk membersihkan shower tanpa melepasnya yang dapat kamu lakukan sendiri dengan mudah di rumah.

Cara Membersihkan Shower Tanpa Dilepas, Dijamin Lancar!
Image Source: Freepik/wirestock

Mandi merupakan kegiatan wajib yang selalu dilakukan, terutama jika kamu habis melakukan kegiatan di luar ruangan, berkeringat, atau cuaca panas.

Menjadi kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang setelah beraktivitas seharian, mandi dapat memberikan berbagai manfaat bagi fisik maupun mental. Selain itu, mandi juga dapat membuat kamu tidur lebih nyenyak.

Penting bagi kamu memastikan shower tetap bersih dan aliran air berjalan lancar. Jakmall telah merangkum beberapa cara membersihkan shower yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah, simak sampai habis, ya!

Jenis Penyumbatan pada Kepala Shower

Image Source: Freepik/freepik

Endapan mineral, kotoran, atau bahkan lumut dapat menumpuk pada lubang yang ada pada kepala shower. Hal ini dapat menyebabkan aliran air menjadi tidak lancar, atau bahkan air yang dikeluarkan menjadi kotor dan berbau sehingga dapat memengaruhi pengalaman mandi kamu.

Jika kamu familier dengan hal di atas, ini adalah tanda kepala shower harus segera dibersihkan.

Mulailah dengan memeriksa lubang aliran udara pada shower dengan cermat. Nyalakan air, dan lihat lubang bagian mana yang tampak tersumbat. Dengan begini, kamu bisa benar-benar berfokus pada area yang benar-benar terkena dampak penyumbatan.

1. Penyumbatan Ringan

Jika air masih bisa keluar dari lubang dan air masih tampak jernih, kepala shower tidak perlu dilepas untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Terlebih jika kepala shower terbuat dari karet yang fleksibel. Kamu dapat menghilangkan penumpukan hanya dengan memijat setiap lubang kepala shower dengan jari atau kamu menggosoknya dengan lembut menggunakan sikat gigi.

Pembersihan ringan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Jual RSCHEF Sikat Mini Pembersih Lubang Kecil Shower 10PCS - RC10
Pembersih Rumah RSCHEF Sikat Mini Pembersih Lubang Kecil Shower 10PCS - RC10 harga Rp 2.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Penyumbatan Parah

Jika aliran air menjadi sangat terbatas, tekanan air yang bermasalah, dan terjadi penumpukan kotoran yang parah, kepala shower harus dilepas, dan gunakan alat dengan permukaan yang tidak dapat menggores komponen shower.

Pada pembersihan di tingkat yang berat, pertimbangkan waktu tunggu sekitar 6 hingga 8 jam.

Cara Membersihkan Shower Tanpa Dilepas

Image Source: Freepik/freepik

Pada kamar mandi dengan gaya minimalis, shower umumnya dipilih untuk menghemat ruangan, terlihat lebih modern, dan langkah yang digunakan untuk menghemat air karena dapat digunakan hanya saat kamu membutuhkannya saja.

Meskipun begitu, shower membutuhkan perawatan yang harus kamu lakukan secara berkala. Terutama jika kualitas air yang ada di sekitar rumah kamu tidak baik.

Jual MROSSA Kepala Shower Head High Pressure Rainfall 6 Inch -
Furniture MROSSA Kepala Shower Head High Pressure Rainfall 6 Inch - 30LYH harga Rp 33.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Membersihkan shower tanpa melepasnya dapat dilakukan ketika penyumbatan tidak begitu parah, atau dapat dikategorikan ringan. Cukup gunakan karet gelang, kantong plastik dengan ukuran yang sesuai dengan kepala shower, dan cuka putih.

  1. Tempatkan karet gelang di atas gagang pancuran dan gulung sebanyak 2 atau 3 kali untuk memastikan kantong plastik terpasang erat nantinya.
  2. Isi kantong plastik dengan cuka putih secukupnya. Pastikan tidak mengisi kantong plastik terlalu penuh untuk menghindari tumpahan.
  3. Tempatkan kapala shower ke dalam kantong plastik, kemudian kaitkan dengan karet yang sebelumnya terpasang. Kamu juga bisa menambahkan tali atau perekat lainnya.
  4. Pastikan bagian lubang dari kepala shower sepenuhnya terendam ke dalam cuka.
  5. Tunggu selama 1 jam, lalu lepaskan katong plastik dari kepala shower dan nyalakan air untuk membilasnya secara menyeluruh.
  6. Sebagai tambahan, kamu bisa menggosok kepala shower menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa kotoran, lalu nyalakan kembali untuk menghilangkan residu yang tertinggal.
  7. Seka kepala shower dengan dengan kain lembut perlahan secara menyeluruh hingga kering, dan tidak ada lagi noda air yang terlihat.

Perlu diingat bahwa semakin kotor kepala shower, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk merendamnya di dalam cuka. Selalu bersihkan kepala shower secara berkala untuk menghindari masalah lain dan memastikan kamu untuk memilki pengalaman mandi yang lebih baik.

Jakmall punya rekomendasi alat pembersih rumah seperti sikat kamar mandi, keset, dan filter kepala keran dengan harga dan kualitas terbaik.