4 Cara Memilih Cover Mobil Terbaik, Dijamin Pas!

Jangan biarkan mobil kena goresan! Simak jenis, cara memilih, dan tips menggunakan cover mobil paling pas untuk beri pelindungan menyeluruh.

4 Cara Memilih Cover Mobil Terbaik, Dijamin Pas!
Image Source: Freepik/ARTPhoto_studio

Harga mobil yang enggak murah, pastinya membuat kamu untuk ingin terus melindunginya dari berbagai kemungkinan kerusakan, terutama faktor lingkungan yang tidak bisa dikendalikan.

Menggunakan cover mobil, menjadi salah satu pilihan untuk memastikan keamanan karena mampu menghindari paparan sinar matahari, hujan, debu, polusi, atau bahkan kotoran burung yang suka seenaknya hinggap!

Berbagai jenis kotoran ini banyak mengandung bahan kimia dan garam yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan merusak tampilan mobil karena akan membentuk bintik-bintik.

Selain sebagai langkah untuk melindungi mobil itu sendiri, cover mobil juga berguna sebagai aksesori yang meningkatkan penampilan. Penggunaan cover mobil dapat menjaga mobil tetap bersih setelah dicuci, baik kamu menyimpannya di dalam maupun di luar ruangan.

Tapi mungkin kamu merasa bingung dengan banyaknya pilihan, jenis, dan bahan cover mobil di pasaran, atau bahkan kamu berpikiran untuk mendapatkan custom fit cover mobil.

Untuk membahas segala kebingungan dan keraguan kamu, Jakmall telah merangkum informasi seputar cover mobil termasuk cara memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan!

Jenis Cover Mobil

Jenis Cover Mobil
Image Source: carcoversfactory

Cover mobil tidak hanya berperan sebagai elemen dekoratif, tetapi juga memiliki fungsi penting untuk melindungi mobil dari berbagai kemungkinan potensi kerusakan selama menyimpan mobil.

Terpapar sinar matahari, hujan, debu, dan lainnya bisa merusak cat dan permukaan kendaraan. Dengan cover mobil, kamu bisa terus dapat menjaga tampilan mobil tetap prima, mengurangi risiko korosi, dan melindungi cat dari kerusakan. Berikut beberapa jenis cover mobil yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan:

Jual OTOHEROES Mayitr Penutup Kaca Depan Mobil Window Cover Anti
Penutup Mobil OTOHEROES Mayitr Penutup Kaca Depan Mobil Window Cover Anti UV - GS-004 harga Rp 31.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

1. Cover Indoor

Dirancang khusus untuk digunakan di dalam ruangan, cover ini memberikan perlindungan terhadap debu dan goresan ringan yang mungkin terjadi pada mobil. Biasanya terbuat dari bahan lembut yang tidak akan merusak permukaan cat mobil kamu selama penyimpanan.

2. Cover Outdoor

Berbeda dengan cover mobil indoor, cover mobil untuk luar ruangan ini dibuat dengan bahan yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Jika kamu sering meletakkan mobil di luar ruangan dalam cuaca panas untuk waktu yang cukup lama, maka ini menjadi pilihan yang paling tepat.

Kinerjanya yang memastikan aliran udara berjalan baik, pembuangan panas, dan menjaga suhu mobil agar tidak terlalu panas di bawah terik matahari. Cover mobil ini dapat melindungi mobil Anda dari hujan, badai, dan sinar matahari. Biasanya terbuat dari bahan yang lebih tebal, serta tahan air dan cuaca ekstrem.

Jual JIUWAN Sarung Mobil Universal Car Body Cover Waterproof
Penutup Mobil JIUWAN Sarung Mobil Universal Car Body Cover Waterproof Dustproof - JW-01 harga Rp 115.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Cover All-Weather

Jenis cover mobil ini adalah pilihan yang serbaguna, memberikan perlindungan baik di dalam maupun di luar ruangan, dan menjadi yang paling populer dipilih. Terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan air, cover all-weather dapat digunakan sepanjang tahun dan memiliki bahan yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

4. Cover Custom-Fit

Cover mobil ini didesain sesuai dengan dimensi dan bentuk kendaraan yang kamu miliki. Kelebihan dari jenis cover ini adalah kemampuannya untuk memberikan perlindungan maksimal. Meskipun mungkin sedikit lebih mahal, custom-fit cover menawarkan penutupan dan perlindungan sempurna untuk mobil kamu.

Cara Memilih Cover Mobil yang Paling Pas

Cara Memilih Cover Mobil yang Paling Pas
Image Source: carcoversfactory

Memutuskan untuk menggunakan cover mobil tentunya dapat memberikan banyak keuntungan di jangka panjang. Fungsi utamanya yang bertujuan untuk melindungi kendaraan dari segala kemungkinan kerusakan akan membantu menjaga nilai dan tampilan mobil.

Jual Partol Cover Penutup Kaca Depan Mobil - MC-002
Penutup Mobil Partol Cover Penutup Kaca Depan Mobil - MC-002 harga Rp 36.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Terlebih lagi, penggunaan cover mobil dapat menghemat biaya perawatan, pembersihan, dan perbaikan secara keseluruhan yang mungkin diperlukan akibat kerusakan. Simak cara memilih cover mobil berikut ini untuk memastikan mobil kamu terlindungi secara menyeluruh:

1. Pilih yang Sesuai

Pastikan untuk memilih cover yang sesuai dengan jenis dan ukuran mobil yang kamu miliki, untuk dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan perlindungan yang diinginkan.

Pertimbangkan juga kekuatan pengait atau pengikat yang ada pada cover mobil. Hal ini berguna untuk memastikan cover mobil tidak terlepas saat terjadi angin kencang, badai petir, atau bahkan hujan lebat sekali pun.

2. Periksa Bahan yang Ditawarkan

Pastikan cover terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tahan terhadap kondisi cuaca, tidak merusak cat kendaraan, dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Penggunaan cover mobil dengan bahan kasar tentu dapat menyebabkan gesekan pada dan menggores permukaan cat mobil.

Jual LemonBest Reparasi Penyok Mobil Hand Puller Car Dent
Perawatan Kendaraan LemonBest Reparasi Penyok Mobil Hand Puller Car Dent Removal - Y-148 harga Rp 3.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Kemudahan Perawatan Rutin

Hal yang tidak boleh diabaikan adalah pertimbangkan kemudahan untuk membersihkan cover mobil. Bersihkan cover mobil secara teratur untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran yang malah dapat merusak permukaan cat mobil.

4. Pertimbangkan Fungsi Strip reflektif

Jika mobil kamu diletakkan di pinggir jalan atau area yang cukup sibuk, penggunaan fungsi strip reflektif yang akan menyala menjadi penting karena dapat berguna sebagai tanda peringatan bagi kendaraan atau orang lain di malam hari.

Selain itu, penggunaan strip reflektif dapat secara signifikan mengurangi jumlah panas yang diserap, dan mengisolasi mobil dari radiasi matahari.

Tips Menggunakan Cover Mobil

Tips Menggunakan Cover Mobil
Image Source: carcover

Paparan cuaca dan udara terbuka secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan dan menimbulkan karat pada permukaan cat komponen eksterior lainnya.

Meskipun menggunakan cover mobil adalah salah satu solusi, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan cover mobil. Ini akan membantu kamu meningkatkan efektivitas penggunaan cover mobil.

1. Jangan Menggunakan Cover Mobil Terlalu Lama

Meskipun cover mobil memberikan perlindungan yang penting bagi kendaraan, penggunaan terlalu lama dapat memiliki beberapa dampak negatif seperti munculnya kelembapan.

Kelembaban yang terjebak di bawah cover mobil dapat menyebabkan pembentukan jamur, kondensasi, dan menyebabkan korosi atau kerusakan pada bagian logam dan komponen elektronik kendaraan.

2. Tentukan Berapa Lama Menggunakan Cover Mobil

Penggunaan cover mobil yang terlalu lama atau jika cover tersebut kotor juga dapat menyebabkan gesekan antara cover dan permukaan cat. Gesekan yang berlebihan ini dapat menyebabkan goresan atau kerusakan, terutama jika cover tidak cukup lembut atau terdapat kotoran yang terperangkap di bawahnya.

Jual Nuca Bantal Leher Kursi Mobil Memory Foam Neck Pillow
Aksesoris Mobil Nuca Bantal Leher Kursi Mobil Memory Foam Neck Pillow Headrest - NC33 harga Rp 33.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Untuk menghindari masalah ini, penting untuk tidak menggunakan cover mobil terlalu lama secara terus-menerus. Selalu pastikan untuk menentukan berapa jangka waktu penggunaan cover mobil, lakukan pembersihan secara teratur, dan biarkan mobil untuk mendapatkan aliran udara dengan melepas cover secara berkala, terutama jika kendaraan disimpan dalam waktu yang lama.

3. Lepas dan Pasang Cover Mobil secara Perlahan

Meski menggunakan cover mobil memiliki banyak manfaat, tetapi jika kamu menggunakannya dengan kasar justru malah dapat merusak cover mobil karena robe, dan menimbulkan goresan pada mobil itu sendiri.

Gesekan yang keras antara cover dan permukaan kendaraan dapat menyebabkan goresan atau menghilangkan lapisan pelindung pada cat. Jadi, pastikan untuk melepas dan memasang cover mobil secara perlahan untuk memastikan perlindungan secara menyeluruh, dan memperpanjang masa pakai.

Dengan mempertimbangkan manfaat, jenis, dan penggunaan yang benar, cover mobil bisa menjadi investasi terbaik untuk melindungi dan merawat kendaraan, baik dalam penggunaan sehari-hari maupun saat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Jakmall menyediakan berbagai pilihan keperluan otomotif, seperti penutup mobil, audio receiver dan transmitter, hingga sepeda listrik dengan berbagai harga, penawaran promo terbaik, dan berbagai pilihan metode pembayaran paling lengkap!