6 Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Simak cara lengkapnya di sini!

6 Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar
Image Source: Pexels

Kipas angin merupakan alat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari hidup banyak orang. Berfungsi untuk mendinginkan ruangan, alat ini bekerja dengan menghasilkan embusan udara sehingga sirkulasi udara semakin lancar.

Namun, pernahkah kamu bermasalah dengan kipas angin mati tiba-tiba? Jika pernah, sekarang saat yang tepat untuk belajar cara memperbaiki kipas angin tidak berputar ala Jakmall.com. Tak perlu khawatir semua cara di bawah ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar

Sebelum belajar cara memperbaiki, ada baiknya kamu paham apa saja penyebab kipas angin tidak berputar terlebih dahulu. Meski terlihat sederhana, kipas angin yang mati total bisa disebabkan oleh banyak hal.

Hal yang paling sering menyebabkan masalah ini adalah bagian bushing atau bearing yang aus. Bagian ini berfungsi sebagai bantalan untuk mencegah gesekan antar komponen di dalam kipas angin. Berfungsi seperti sendi pada manusia, bagian jadi salah satu kunci yang membuat kipas bisa berputar.

Selain itu bergesernya rotor atau as pada bagian mesin juga membuat kipas angin tidak bisa berputar karena mesin motor penyok dan rusak.

Penyebab kipas angin tidak berputar terakhir kapasitor melemah sehingga mesin kipas tidak punya tenaga yang cukup untuk memutar baling-baling.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar yang Mudah

Jika kamu sedang berhadapan dengan kondisi ini, jangan panik. Tak perlu memanggil tukang, karena kamu bisa simak beberapa cara memperbaiki kipas angin tidak berputar di bawah ini.

1. Cari Sumber Kerusakan

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar pertama yang dapat kamu lakukan adalah mencari sumber kerusakannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kerusakan ini bisa berasal dari bagian bushing, as, kapasitor, hingga tumpukan debu.

Penting untuk menemukan sumber kerusakan kipas terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan lain untuk meminimalisir kesalahan saat membongkar mesin.

2. Cabut Kabel dari Sumber Listrik

Cabut Kabel dari Sumber Listrik
Image Source: Pexels

Jika ini adalah kali pertama kipas angin mati, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencabut kabel dari sumber listrik. Setelah beberapa menit, coba hubungkan kabel dan nyalakan kembali kipas angin.

Jika berhasil menyala, kerusakan ini mungkin terjadi karena adaptor yang kurang pas sehingga listrik tidak bisa mengalir ke mesin motor.

Pastikan kamu tidak melakukan cara ini dengan terburu-buru untuk menghindari konsleting atau arus pendek listrik.

3. Bongkar Kerangka Kipas Angin

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa cabut kabel listrik dan mulai membongkar kerangka kipas angin dengan hati-hati.

Lepaskan baut pada bagian luar atau pinggir kipas kemudian pisahkan bagian depan dan belakang kerangka sehingga kamu dapat melihat langsung mesin dan baling-balingnya. Simpan bagian yang sudah dibongkar pada tempat yang aman untuk memudahkan proses memasang kembali.

Lakukan langkah ini secara perlahan untuk mencegah adanya kabel yang putus atau rusak.

Jual TaffSPORT Multifunctional 15 in 1 EDC Repair Tool - HW0668
Perkakas TaffSPORT Multifunctional 15 in 1 EDC Repair Tool - HW0668 harga Rp 10.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Periksa Bagian Dalam Dinamo

Periksa Bagian Dalam Dinamo
Image Source: Pexels

Jadi komponen utama yang berfungsi menggerakkan mesin, cara memperbaiki kipas angin mati total selanjutnya adalah memeriksa bagian dalamnya.

Buka penutup dinamo menggunakan obeng kemudian cek stator atau as kipas angin. Jika bagian ini mengalami kerusakan, satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan yang baru.

Pemeriksaan ini harus dilakukan secara hati-hati karena sedikit kesalahan bisa berakibat mesin rusak total.

5. Cek Bagian Bushing atau Bearing

Selain stator dan as, kamu juga harus mengecek kondisi bushing atau bearing kipas angin. Caranya, masukkan as motor ke dalam bushing kemudian goyangkan ke kanan dan ke kiri. Jika as bergeser atau terasa longgar, maka bagian ini sudah aus.

Kamu harus melepas bagian yang aus dan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa memasang bearing kembali ke motor agar kipas bisa bekerja dengan normal.

6. Bersihkan Debu dan Kotoran

Bersihkan Debu dan Kotoran
Image Source: The Spruce

Cara memperbaiki kipas angin mati total terakhir adalah dengan membersihkan debu dan kotoran pada bagian mesin, baling-baling, hingga kerangka.

Debu dan kotoran ini jika dibiarkan dapat menumpuk serta menyebabkan baling-baling sulit berputar dan menimbulkan suara berdengung.

Gunakan lap kering atau kanebo basah untuk membersihkan kipas angin. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kemoceng lembut dan vacuum cleaner portable untuk membersihkan kerangkanya setiap hari.

Lakukan cara ini secara rutin setiap tiga bulan sekali untuk mencegah kerusakan dan penumpukan debu.

Jual Lap Kanebo Super
Pembersih Rumah Lap Kanebo Super harga Rp 4.900 dikirim dari Depok, Jawa Barat. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kipas angin mati memang jadi hal yang tidak terduga dan merepotkan. Tapi setelah mengetahui cara memperbaiki kipas angin tidak berputar tentu kamu bisa menghadapinya dengan lebih tenang, bukan?

Sekarang tak perlu merogoh kocek tambahan untuk memanggil tukang lagi, deh!