8 Cara Mudah Mengusir Lalat, Ampuh Enggak Bakal Balik!

Kesal dengan lalat yang hinggap dan terbang kesana-kemari? Tenang, Jakmall telah merangkum berbagai cara mudah yang ampuh untuk mengusir lalat.

8 Cara Mudah Mengusir Lalat, Ampuh Enggak Bakal Balik!
Image Source: Freepik/freepik

Woosh ... woosh .... woosh!

Selain nyamuk, lalat juga merupakan serangga yang terkadang membuat kita kesal dengan terbang kesana-mari bersama suara kepakkan sayap, dan cukup mengganggu karena sering muncul di rumah, terutama di sekitar makanan, tempat sampah, atau saat cuaca sedang lembap.

Kehadirannya ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa menularkan penyakit berbahaya karena lalat sering hinggap di tempat kotor. Mungkin berbagai cara telah kamu lakukan dan telah banyak produk pembasmi lalat tersedia di pasaran, tetapi jika kamu masih mengalami kesulitan karena lalat yang hilang, datang, dan terus datang lagi.

Kamu harus mencoba beberapa cara praktis untuk mengusir lalat dengan bahan yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah, serta peralatan sederhana!

Kenapa Bisa ada Lalat di Lingkungan Sekitar?

Kenapa Bisa ada Lalat di Lingkungan Sekitar?
Image Source: Freepik/DC Studio

Selain mengganggu, lalat juga dapat membawa berbagai penyakit seperti diare, tifus, dan kolera karena mereka sering hinggap di tempat-tempat kotor dan membawa bakteri ke makanan atau permukaan lain yang mereka hinggapi.

Sebelum mengetahui cara mengusir lalat, ada baiknya kamu mengetahui alasan kenapa lalat bisa ada di lingkungan sekitar.

1. Lingkungan yang Sesuai

Lalat sering ditemukan di tempat yang lembap dan hangat, kondisi ini tentunya mendukung reproduksi dan perkembangan mereka. Lalat juga tertarik pada bau yang kuat dari makanan busuk, limbah, atau kotoran hewan.

Memiliki bantalan lengket di kaki, menjadikan lalat dapat merayap di hampir semua jenis permukaan, termasuk dinding, langit-langit, dan bahkan kaca, sehingga kamu harus memastikan kondisi di setiap sudut ruangan.

2. Lingkungan yang Kotor

Jika ada banyak lalat di suatu area, ini sering kali menunjukkan bahwa ada bahan organik yang membusuk atau tempat kotor yang menarik mereka. Lalat memiliki indra penciuman yang sangat sensitif dan bisa mencium bau dari jarak yang sangat jauh. Untuk itu, pastikan terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Jual Jaring Perangkap Nyamuk Lalat Mosquito Fly Catching Mesh
Furniture Jaring Perangkap Nyamuk Lalat Mosquito Fly Catching Mesh Net 23cm - J16 harga Rp 9.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Selain itu, sisa makanan yang tidak segera dibuang atau disimpan dengan baik dapat menjadi sarang lalat. Pastikan sisa makanan dibuang atau disimpan dalam wadah yang rapat. Pastikan juga tempat sampah selalu ditutup dan dibersihkan secara berkala.

3. Adanya Sumber Makanan

Tumpukan piring kotor yang dibiarkan terlalu lama juga dapat menarik lalat. Usahakan untuk segera mencuci peralatan makan setelah digunakan.

Lalat sendiri sangat mudah beradaptasi dan dapat hidup di berbagai macam lingkungan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Mereka mampu mencari makan dari berbagai sumber, termasuk sisa makanan manusia dan kotoran hewan. Meskipun lalat memiliki siklus hidup yang sangat singkat, hanya sekitar 15 hingga 30 hari, mereka mampu menghasilkan hingga 500 telur selama hidupnya.

Berikut adalah beberapa cara alami dan praktis untuk mengusir lalat dengan bahan-bahan yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah.

Cara Ampuh Mengusir Lalat

Cara Ampuh Mengusir Lalat
Image Source: Freepik/DC Studio

Mengusir lalat dengan cara yang tepat adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan lingkungan dan keluarga tersayang. Berikut beberapa cara mengusir nyamuk yang telah jakmall rangkum, khusus untuk kamu!

1. Cuka Apel dan Sabun Cuci Piring

Cuka apel memiliki aroma asam yang menarik perhatian lalat, tetapi ketika dicampur dengan sabun cuci piring, ia menjadi perangkap yang efektif. Kamu bisa ambil sebuah wadah kecil dan tuangkan cuka apel secukupnya.

Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalamnya, dan sabun ini akan mengurangi tegangan permukaan pada cairan, sehingga lalat yang hinggap di permukaan cairan akan tenggelam. Kamu dapat meletakkan wadah tersebut di area yang sering didatangi lalat, seperti dekat buah atau makanan.

2. Daun Kemangi

Kemangi dikenal memiliki aroma yang kuat dan segar yang disukai manusia, tetapi dibenci oleh lalat. Selain menjadi bahan masakan yang populer, daun kemangi juga bisa dijadikan penangkal alami untuk lalat.

Letakkan beberapa pot tanaman kemangi di area yang sering didatangi lalat, seperti dapur atau dekat jendela. Kamu juga bisa mengambil daun kemangi segar, menghancurkannya sedikit, lalu meletakkannya di tempat yang ingin dilindungi dari lalat.

Selain tanaman kemangi, kamu juga bisa menempatkan lavender atau serai karena roma yang kuat dari tanaman ini akan membuat lalat menjauh.

3. Lemon dan Cengkeh

Lemon dan cengkeh adalah kombinasi yang ampuh untuk mengusir lalat secara alami. Lalat tidak suka aroma kuat dari cengkeh, sementara lemon berfungsi sebagai penyerap aroma alami.

Siapkan dan potong lemon menjadi 2 bagian, kemudian tancapkan beberapa batang cengkeh pada permukaan potongan lemon tersebut. Letakkan lemon yang sudah dipasangi cengkeh di area yang sering didatangi lalat, seperti meja makan atau dekat tempat sampah.

Jual Lem Lalat Kertas Stiker Flies Trap Sticker Glue Pad
Furniture Lem Lalat Kertas Stiker Flies Trap Sticker Glue Pad Perangkap Serangga harga Rp 5.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Aroma terapi dan Minyak Esensial

Lalat tidak suka aroma lavender atau peppermint yang kuat. Selain membuat rumah terasa segar dan wangi, aroma terapi lavender, peppermint, eucalyptus, atau peppermint dapat berfungsi ganda sebagai pengusir lalat alami.

Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air dan menyemprotkannya atau gunakan diffuser di sekitar rumah seperti sekitar pintu, jendela, atau area yang sering dilewati lalat. Letakkan juga bola kapas yang sudah diberi minyak esensial di area tertentu.

5. Minyak Kayu Putih

Selain dikenal sebagai obat berbagai gejala penyakit, kau juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengusir lalat. Minyak kayu putih memiliki aroma yang tidak disukai oleh lalat dan dapat bertindak sebagai penangkal alami.

Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air dalam botol semprotan, kemudian semprotkan campuran tersebut di area seperti meja makan, dapur, atau dekat tempat sampah.

Jual YEEDO YD-218 - Automatic Electric Fly Trap - Perangkap
Alat Pembasmi Serangga YEEDO YD-218 - Automatic Electric Fly Trap - Perangkap Lalat Elektrik harga Rp 117.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Garam dan Lada

Cara lainnya yang mudah kamu lakukan untuk mengusir lalat adalah dengan menggunakan campuran garam dan lada hitam. Lalat tidak menyukai partikel kecil yang mengganggu seperti garam dan lada, sehingga mereka cenderung menghindari area yang telah ditaburi bahan ini.

Cukup taburkan campuran garam dan lada hitam di tempat yang sering didatangi lalat. Kamu bisa menaburkan campuran ini di sekitar pintu, jendela, atau tempat makan untuk mencegah lalat masuk atau mendekat.

7. Perangkap Botol Gula

Lalat sangat tertarik pada bau manis, sehingga kamu bisa membuat perangkap dari botol bekas dan gula. Caranya juga cukup mudah, kamu bisa potong botol plastik bekas di bagian tengah, kemudian larutkan gula dengan air hangat, lalu tuangkan ke dalam botol bagian bawah.

Letakkan bagian atas botol secara terbalik seperti corong, sehingga lalat bisa masuk tetapi sulit keluar. Tempatkan perangkap di dekat jendela atau area yang sering dihinggapi lalat.

8. Perangkap Lalat

Jika lalat sudah terlanjur masuk ke dalam rumah dan menginginkan cara yang praktis, kamu dapat menggunakan perangkap lalat untuk menangkap dan mengusir mereka.

Kamu bisa menggunakan kertas lem khusus untuk lalat. Kertas ini dilapisi dengan zat perekat yang akan menangkap lalat begitu mereka hinggap. Letakkan kertas lem ini di area yang sering didatangi lalat seperti dapur atau dekat tempat sampah.

Selain itu, spray dengan kandungan bahan kimia khusus juga dapat membunuh lalat. Namun, penggunaan produk ini harus hati-hati dan tidak boleh berlebihan karena bisa berdampak pada kesehatan manusia. Lampu UV perangkap lalat juga bisa digunakan di rumah.

Setelah mengaplikasikan cara paling tepat untuk mengusir lalat di lingkungan sekitar kamu, ada baiknya kamu melakukan berbagai langkah penting agar lalat tidak kembali lagi dengan memastikan kebersihan.

Segera buang sampah, terutama sisa makanan, serta bersihkan permukaan meja dan dapur secara rutin, dan tempat sampah tertutup rapat.

Untuk memastikan rumah kamu tetap bersih dan terawat, gunakan aneka perlengkapan pemeliharaan rumah seperti robot pel sapu lantai, spons melamin, hingga sikat pembersih karat.