5 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Musim hujan telah tiba, apakah kamu telah mempersiapkan diri untuk menghadapi serangan dari nyamuk? Nyamuk dapat menjadi gangguan yang menjengkelkan kehadirannya.

Selain mengganggu tidur, nyamuk juga dapat menjadi penyebab penyebaran penyakit. Banyak cara mengusir nyamuk, namun daripada menggunakan produk kimia yang mengandung bahan berbahaya kamu bisa mencoba metode alami yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Cara Nyamuk Secara Alami, Mudah & Ampuh

Penting melindungi diri dari serangan dan gigitan nyamuk agar terhindari dari berbagai penyakit. Berikut beberapa cara ampuh mengusir nyamuk secara alami dari rumah yang bisa kamu coba.

1. Tutup Genangan Air

Image Source: Freepik/Wirestock

Tutup genangan air merupakan hal penting yang harus kamu lakukan untuk mengusir nyamuk dari sekitar rumah. Pastikan juga tidak terdapat genangan air di benda-benda seperti vas bunga, sink dapur atau wastafel, bak mandi burung, ember, pot, dan wadah lainnya.

Jual CNYMESH Tirai Pintu Anti Nyamuk Kelambu Magnetic Stripe
Alat Pembasmi Serangga CNYMESH Tirai Pintu Anti Nyamuk Kelambu Magnetic Stripe Screen Door - CNY-121 harga Rp 21.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Tanaman Pengusir Nyamuk

Image Source: Freepik/Jcomp

Beberapa tanaman memiliki wangi yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman-tanaman seperti lavender, lemon, paper mint, serai, rosemary adalah beberapa contoh tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu letakkan di beberapa sudut rumah.

3. Ampas Kopi

Image Source: Freepik/Pvproductions

Apakah kamu sering membuang ampas kopi yang sudah tidak lagi dikonsumsi? Jika ya, maka segera hentikan kebiasaan tersebut. Ampas kopi dapat kamu manfaatkan untuk mengusir beragam hama serangga salah satunya nyamuk.

Kamu bisa mengeringkan ampas kopi yang sudah tidak digunakan, kemudian membakarnya. Letakkan ampas kopi di beberapa sudut rumah. Hasil pembakaran ampas kopi akan mengeluarkan aroma yang khas serta emisi karbon dioksida yang membuat nyamuk lari berhamburan.

Pastikan kamu menggunakan wadah yang tahan api saat membakar ampas kopi, ya.

4. Gunakan Essential Oil

Image Source: Freepik/Jcomp

Beberapa essential oil atau minyak esensial memiliki sifat pengusir nyamuk karena aroma yang kuat dan tidak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa menggunakan minyak citronella, minyak lavender, minyak peppermint, minyak eucalyptus, minyak lemon, minyak kayu manis.

Namun, ada hal yang perlu kamu catat saat menggunakan minyak esensial dengan memastikan itu tidak berbahaya bagi mereka sebelum menempatkannya di berbagai sudut rumah.

Jual Taffware HUMI Pure Essential Oils Minyak Aromatherapy
Essential Oil Taffware HUMI Pure Essential Oils Minyak Aromatherapy Diffusers 10ml - TSLM1 harga Rp 4.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Kulit Jeruk

Image Source: Freepik/Racool_studio

Aroma kulit jeruk dianggap mengganggu bagi nyamuk sehingga serangga tersebut akan cenderung menjauh. Kamu bisa memotong kulit jeruk segar atau yang sudah dikeringkan menjadi ukuran-ukuran kecil, lalu letakkan kulit jeruk di dalam rumah, seperti di atas meja, rak, atau dekat jendela.

Namun, perlu diingat bahwa efektivitasnya mungkin berbeda-beda tergantung pada kondisi lingkungan tempat tinggal dan tingkat keparahan serangan nyamuk di rumah kamu.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat mengurangi kehadiran nyamuk di dalam rumah secara alami. Metode alami lebih aman bagi kesehatan kamu dan lingkungan.

Kamu juga bisa menggunakan jaring nyamuk, pembasmi nyamuk elektrik, lampu LED UV anti nyamuk, dan masih banyak lagi di Jakmall.com.

Selamat mencoba!