Sering Lupa? Lakukan 3 Cara Meningkatkan Daya Ingat Ini!

Cara meningkatkan daya ingat ini cocok dilakukan untuk kamu yang pelupa. Simak selengkapnya di sini!

Sering Lupa? Lakukan 3 Cara Meningkatkan Daya Ingat Ini!
Image Source: Freepik

Apa yang kamu pikir saat mendengar kata gunting?

Bagi kebanyakan orang gunting cocok mendapat predikat 'nggak pernah ada saat dibutuhkan'. Tapi tentunya gunting bukan benda bertuah yang dirasuki arwah dan bisa bergerak sendiri atau bahkan dipindahkan jin dengan sengaja, ya!

Masalah lupa meletakkan gunting atau benda lain biasanya bukan berasal dari hal supranatural. Justru masalah ini mungkin mulcul dari daya ingatyang berkurang.

Memang sih, di jaman modern yang berbasis digital kamu bisa banget memanfaatkan kalender dan memo online untuk mencatat jadwal, tugas, hingga deadline.

Tapi bagaimana dengan informasi penting kamu harus kamu ingat dalam jangka panjang?

Memiliki daya ingat yang baik pastinya sangat memudahkan kamu beraktivitas, terutama saat belajar dan bekerja. Tentunya keterampilan mengingat sesuatu dengan cepat dan tepat bukanlah sesuatu yang dimiliki orang sejak lahir, keterampilan ini dapat berkembang dan meningkat jika kamu sering melatihnya.

Sama seperti saat kamu ingin menguasai keterampilan baru, daya ingat ini juga harus sering dilatih dan digunakan.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat
Image Source: wayhomestudio

Kamu pasti pernah menonton acara TV nasional di mana terdapat orang yang memiliki kemampuan mengingat nomor secara acak dalam jumlah yang banyak, seperti Joe Sandy dan Dominic Brian.

Contoh lain adalah tokoh utama dalam Delightyfully Deceitful, yaitu Lee Ro Um yang memiliki daya ingat super kuat atau yang biasa di sebut dengan photographic memory.

Meskipun kamu nggak ingin memiliki kekuatan ingatan seperti itu, tapi yang perlu kamu tahu adalah kemampuan untuk mengingat sesuatu sebenarnya bisa dilatih, loh!

Penasaran soal gimana cara meningkatkan daya ingat ini? Simak rangkuman yang Jakmall.com buat khusus untuk kamu!

1. Gunakan Penanda Khusus

Coba pikirkan sejenak, berapa banyak tugas atau pekerjaan yang kamu selesaikan sambil memikirkan menu makan siang di kantin?

Saat mengerjakan tugas kamu tidak harus bergantung hanya pada satu indera untuk membantu menyimpan informasi. Kamu dapat menghubungkan informasi dengan indera lain, seperti warna, rasa, dan bau yang ada di sekitar.

MOHAMM Kertas Sticky Notes Waterproof 5x7.6cm 50 Lembar - BLT507 - Transparent - JakartaNotebook.com
MOHAMM Kertas Sticky Notes Waterproof 5x7.6cm 50 Lembar - BLT507 termurah. Dapatkan dengan mudah MOHAMM Kertas Sticky Notes Waterproof 5x7.6cm 50 Lembar - BLT507 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara meningkatkan daya ingat ini memang mambutuhkan alat bantu dan proses yang lebih panjang. Namun cara ini terbukti efektif bagi banyak orang sehingga patut untuk kamu coba.

2. Eliminasi Gangguan

Memiliki kesadaran pada hal apa yang kamu lakukan sebenarnya merupakan komponen utama dalam melatih memori.

Untuk membuat memori jangka pendek ini pindah ke memori jangka panjang, kamu harus benar-benar memberikan perhatian pada informasi yang masuk secara aktif.

Cara yang paling mudah untuk memberikan perhatian pada hal yang ingin kamu ingat adalah mengaliminasi gangguan seperti musik, TV, atau ponsel.

iMeBoBo Ear Plugs Sleep Noise Reduction Soft Sponge - IM-29 - Blue - JakartaNotebook.com
iMeBoBo Ear Plugs Sleep Noise Reduction Soft Sponge - IM-29 termurah. Dapatkan dengan mudah iMeBoBo Ear Plugs Sleep Noise Reduction Soft Sponge - IM-29 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Kaitkan Informasi Baru dengan Hal yang Sudah Diketahui

Saat kamu mempelajari hal baru, pastikan untuk meluangkan waktu memikirkan bagaimana informasi ini berhubungan dengan apa yang sudah kamu ketahui.

Informasi yang saling berhubungan ini, pada akhirnya akan membuat informasi baru lebih mudah diingat dan tertulis dalam memori jangka panjang.

4. Tidur yang Cukup

Untuk kamu yang sering mencari tahu bagaimana cara menjalani hidup sehat, pasti nggak asing dengan anjuran untuk mendapatkan tidur yang cukup. Bahkan salah satu cara untuk tampil kece dan keren adalah dengan tidur yang cukup.

Anjuran ini penting diperhatikan karena kita hidup di masa yang memungkinkan untuk melakukan berbagai hal tanpa batasan waktu Seperti movie marathon semalam suntuk atau begadang untuk mengerjakan tugas.

Taffware HUMI Water Soluble Essential Oils Aromatherapy 10 ml Lavender - TSLM2 - No Color - JakartaNotebook.com
Taffware HUMI Water Soluble Essential Oils Aromatherapy 10 ml Lavender - TSLM2 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware HUMI Water Soluble Essential Oils Aromatherapy 10 ml Lavender - TSLM2 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Tidur malam yang cukup, terutama saat kamu tidak bisa tidur siang, membuat informasi baru yang didapatkan lebih cepat diolah dan memperkuat memori.

Jadi pastikan kamu tidur dengan durasi yang cukup selama 8 jam per hari, bahkan di akhir pekan sekali pun agar dapat meningkatkan daya ingit serta melakukan berbagai aktivitas bermanfaat lainnya.

Pada era yang berpusat pada kecanggihan teknologi ini, tak jarang rasa malas berhasil mengendalikan diri kita. Cara meningkatkan daya ingat di atas bisa jadi solusi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Saat kamu lupa, pastikan tidak langsung meraih ponsel untuk mendapatkan jawaban praktis. Selalu usahakan untuk membedah ingatan terlebih dulu, meski membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Lakukan pola hidup yang lebih sehat seperti berolahraga, dan menghindari makanan yang mengandung banyak gula, garam, bahkan gorengan. Tidak lupa dengan minum banyak air untuk meningkatkan fokus kamu dalam memperolah informasi.

Jadi kamu akan bisa menjawab dengan mantap di mana gunting itu berada.