8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Kesehatan merupakan aset berharga yang sering diabaikan, padahal kesehatan adalah salah satu kunci untuk hidup produktif dan bahagia. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dengan baik agar bisa memiliki kualitas hidup yang optimal.

Salah satu manfaat menjaga kesehatan adalah terhindar dari berbagai penyakit berkat meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Dengan pola hidup yang baik dan seimbang, imun pada tubuh pun akan menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi dan penyakit.

Dampak positif lainnya juga dirasakan pada aspek kesehatan mental dan emosional. Hal ini karena menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga terbukti membantu mengurangi gejala kecemasan, stres, dan depresi.

Cara Menjaga Kesehatan

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap optimal setiap harinya. Apa saja yang harus dilakukan?

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Image Source: Pexels/Toni Cuenca

Mengonsumsi buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena keduanya kaya akan vitamin dan mineral yang esensial untuk tubuh. Mengonsumsi buah dan sayur juga penting untuk pencernaan yang lancar karena kaya akan serat.

Jika tidak terbiasa mengonsumsi buah dan sayur secara langsung karena rasanya, cobalah untuk membuat jus buah dan sayur menggunakan slow juicer. Dengan demikian, kamu bisa menikmati buah dan sayur dengan cara yang lebih menyegarkan.

2. Minum Air Putih Secara Rutin

Image Source: Pexels/Karolina Grabowska

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, sehingga keseimbangan cairan harus tetap terjaga karena cairan ini sangat penting untuk fungsi-fungsi tubuh yang vital, seperti pencernaan, transportasi zat-zat, regulasi suhu tubuh, dan penyerapan nutrisi.

Dengan rutin minum air putih, maka akan membantu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal, menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi, hingga membantu pencernaan. Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari untuk menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi.

Jual SPIRIT Botol Minum Sport Water Frosted Bottle with Lanyard
Perlengkapan Dapur & Alat Masak SPIRIT Botol Minum Sport Water Frosted Bottle with Lanyard 1L - 8691 harga Rp 45.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Minum Vitamin

Image Source: Pexels/Polina Tankilevitch

Vitamin membantu mengatasi kekurangan nutrisi yang mungkin tidak dapat dipenuhi melalui pola makan sehari-hari. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nah, suplemen vitamin dapat membantu mengisi celah ini.

Konsumsilah vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Vitamin C dan vitamin D mampu mendukung sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin A dan vitamin E memiliki peran penting dalam memperbaiki dan mempertahankan kesehatan kulit.

4. Rutin Olahraga

Image Source: Freepik

Tahukah kamu? Olahraga aerobik, seperti berlari, bersepeda, atau berenang, dapat meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas fisik ini mampu membantu memperkuat otot jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kebugaran, yang mencakup kekuatan otot, daya tahan kardiovaskular, dan fleksibilitas. Tingkat kebugaran yang baik dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk beraktivitas tanpa cepat merasa lelah.

5. Tidur yang Cukup

Image Source: Freepik

Tidur yang cukup merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Selama tidur, tubuh melepaskan protein dan molekul yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan kemampuan untuk melawan penyakit.

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7 jam hingga 9 jam setiap malamnya. Tahu tidak? Kekurangan tidur bisa menyebabkan penurunan konsentrasi, gangguan mood, dan peningkatan risiko gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

6. Menjaga Berat Badan

Image Source: Freepik

Cara menjaga kesehatan selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan. Berat badan yang sehat merupakan aspek penting dalam mencegah berbagai macam masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga tekanan darah tinggi.

Kamu bisa menjaga berat badan dengan mengurangi konsumsi makanan yang berlemak, kurangi konsumsi gula, hingga menjaga pola makan. Rutin olahraga juga menjadi salah satu cara yang baik dan ampuh untuk menjaga berat badan.

Jual LEFU Timbangan Badan Digital Scale BMI Monitor Smart App
Alat Medis LEFU Timbangan Badan Digital Scale BMI Monitor Smart App 180kg - CF568BLE harga Rp 299.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

7. Hindari Rokok dan Alkohol

Image Source: Freepik

Rokok mengandung berbagai bahan kimia berbahaya yang dapat merusak hampir setiap organ tubuh. Zat-zat adiktif dalam rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, stroke, dan penyakit pernapasan kronis.

Selain rokok, konsumsi alkohol yang berlebihan juga membawa dampak buruk bagi kesehatan. Alkohol dapat merusak organ hati, meningkatkan risiko terkena kanker, mempengaruhi kesehatan mental, meningkatkan depresi, hingga gangguan tidur.

Menjauhkan diri dari rokok dan alkohol mampu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, memberikan lebih banyak energi, meningkatkan kualitas tidur, dan memberikan kemampuan untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih efektif.

8. Hindari Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Image Source: circledna

Penting untuk menghindari atau membatasi konsumsi makanan olahan dan tinggi gula. Makanan olahan biasanya mengandung lemak trans, garam, dan bahan lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Minuman manis seperti soda, teh dan jus buah kemasan, serta minuman energi mengandung kadar gula yang sangat tinggi yang juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan berkontribusi pada penyakit seperti diabetes tipe 2 dan obesitas.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan alami dan segar yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Menggantikan minuman manis dengan air putih, teh herbal, atau jus buah segar tanpa tambahan gula juga dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan, mudah, bukan? Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit. Yuk, buang rasa malas dan hidup sehat mulai dari sekarang!

Nah, kalau kamu ingin berolahraga tetapi tidak punya waktu untuk pergi ke gym, jangan khawatir! Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat seperti sepeda statis, treadmill, tali skipping, pull up bar, hingga resistance band.