8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Mudah

Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan cara yang simple asal kamu melakukannya dengan konsisten. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan.

8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Mudah
Image Source: Pexels/ShotPot

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, sehingga penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Ada banyak cara menurunkan kolesterol jahat yang bisa kamu lakukan hingga kolesterol bisa kembali ke dalam batas normal.

Cara menurunkan kolesterol dengan mudah bisa dilakukan dengan mengubah pola makan dan juga perubahan gaya hidup secara keseluruhan. Cara menurunkan kolesterol tersebut bisa dibilang adalah cara yang alami.

Jika kamu sedang mencari cara menurunkan kolesterol dengan mudah dan efektif, Jakmall akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Penasaran? Yuk, simak caranya di bawah ini!

8 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Di bawah ini, ada beberapa cara menurunkan kolesterol agar kamu dapat kembali ke kadar kolesterol yang normal.

1. Kurangi Makanan Berlemak

Hindari Makanan Berlemak
Image Source: Unsplash/José Ignacio Pompé

Makanan berlemak merupakah musuh utama untuk kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Untuk itu, salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi atau lemak jahat.

Kamu harus membatasi berbagai makanan dengan lemak tinggi seperti goreng-gorengan dan junk food. Hindari menggoreng makanan dengan minyak, kamu bisa mengganti metode menggorengnya menggunakan air fryer dimana kamu bisa memasak makanan tanpa menggunakan minyak.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Image Source: Unsplash/Jacopo Maia

Sayuran dan buah-buahan merupakan bagian penting dari diet sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sayuran dan buah-buahan mengandung serat larut yang membantu mengikat kolesterol jahat (LDL)dalam saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum diserap ke dalam aliran darah. Ini membantu mengurangi penumpukan kolesterol dalam arteri.

Jual pemotong buah
Kami menyediakan pemotong buah dengan harga termurah hanya di Jakmall.com

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan digunakan sebagai pengganti makanan berlemak, seperti daging merah dan produk olahannya, dapat membantu menurunkan asupan lemak jenuh dan trans yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

3. Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3

Konsumsi Makanan Mengandung Omega 3
Image Source: Pexels/Rocio Vasquez

Makanan yang mengandung omega-3 merupakan makanan yang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kandungan omega-3 dapat membantu mengurangi kadar trigliserida, yang baik untuk kesehatan jantung. Trigliserida adalah jenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Contoh makanan mengandung omega-3 yang bisa kamu konsumsi adalah ikan salmon, tuna, sarden, makerel, biji chia, hingga kacang kenari. Tapi ingat, pengolahannya juga perlu diperhatikan ya, jangan menggunakan minyak agar kandungan dan manfaat dari omega-3 pada makanan kamu tidak hilang.

4. Kurangi Konsumsi Alkohol

Kurangi Konsumsi Alkohol
Image Source: Unsplash/Unsplash+

Mengurangi konsumsi alkohol adalah salah satu langkah yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal itu dilakukan karena konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, yang juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Trigliserida tinggi seringkali terkait dengan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.

Selain itu, mengonsumsi alkohol dengan kadar yang berlebihan juga tidak akan ada manfaatnya untuk tubuh kamu dan hanya akan menimbulkan berbagai penyakit lainnya. Untuk itu, kamu sudah harus mengurangi konsumsi alkohol untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

5. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Menghentikan Kebiasaan Merokok
Image Source: Unsplash/Reza Mehrad

Kebiasaan merokok membawa banyak dampak buruk bagi tubuh, salah satunya adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan kolesterol jahat (LDL) meningkat dengan cepat. Agar kolesterol jahat menurun dan kadar kolesterol baik (HDL) meningkat, kamu harus mulai berhenti kebiasaan merokok.

6. Olahraga Rutin

Olahraga Rutin
Image Source: Pexels/Ivan Samkov

Olahraga secara rutin adalah salah satu cara menurunkan kolesterol dengan alami. dengan olahraga secara rutin, kamu bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jual walkingpad
Kami menyediakan walkingpad dengan harga termurah hanya di Jakmall.com

Jika kamu tidak terbiasa olahraga, kamu bisa mulai melakukan latihan fisik selama 10 menit setiap hari dan mulai naikkan durasi secara bertahap sesuai dengan kemampuan kamu. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jogging, lari, bersepeda, hingga berenang.

7. Jaga Berat Badan Ideal

Jaga Berat Badan Ideal
Image Source: Pexels/Ketut Subiyanto

Kelebihan berat badan berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta penurunan kadar kolesterol baik. Kelebihan berat badan juga sering dikaitkan dengan sindrom metabolik, yaitu kumpulan kondisi yang meliputi tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, lemak tubuh berlebih di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal.

Untuk itu, penting untuk menjaga berat badan ideal karena membantu menjaga metabolisme tubuh tetap efisien. Metabolisme yang baik membantu dalam pengelolaan kolesterol dan lemak darah lainnya, sehingga mendukung keseimbangan kolesterol yang sehat.

8. Hindari Stres Berlebih

Hindari Stres Berlebih
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Stres yang berkelanjutan juga ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, loh! Hal tersebut terjadi karena ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempengaruhi kadar kolesterol. Kedua hormon tersebut mampu meningkatkan aliran darah menuju otak, lalu meningkatkan kadar gula dalam darah, dan kemudian membuat produksi trigliserida semakin tinggi.

Untuk itu, penting untuk mengelola stres dan mengelola emosi kamu. Lakukan hal-hal yang mampu meningkatkan suasana hati kamu. Jika stres berkelanjutan, kamu bisa menghubungi dokter.

Menurunkan kolesterol tinggi memang memerlukan komitmen dan perubahan gaya hidup, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, hal ini bisa dilakukan dengan mudah dan efektif.

Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam gaya hidup dapat membawa dampak besar pada kesehatan Anda. Mulailah sekarang, dan nikmati manfaat dari hidup yang lebih sehat dan seimbang.