7 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Mudah dan Cepat

Menyembukan pilek ternyata bisa dilakukan dengan cara yang mudah, loh! Penasaran apa saja? Yuk, simak cara menyembuhkan pilek berikut ini!

7 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Mudah dan Cepat
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Pilek adalah salah satu penyakit ringan yang seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejalanya yang meliputi hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan gatal bisa membuat kamu merasa tidak nyaman sepanjang hari. Ketika pilek, kamu tentunya akan mencari cara menyembuhkan pilek karena tak mau berlama-lama merasakan kondisi tak nyaman tersebut, bukan?

Sering kali, pilek dianggap sebagai sesuatu yang hanya perlu ditunggu hingga sembuh dengan sendirinya. Namun, ada banyak cara menyembuhkan pilek yang dapat dengan ampuh meredakan pilek.

Jangan khawatir! Ada berbagai cara menyembuhkan pilek dengan mudah dan cepat yang bisa kamu coba di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan alami hingga menerapkan aktivitas sederhana, kamu dapat meredakan pilek dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara Menyembuhkan Pilek dengan 7 Cara Sederhana

Dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini, kamu bisa mempercepat proses penyembuhan pilek sehingga bisa dengan segera melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa terganggu.

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup
Image Source: Pexels/Ivan Oboleninov

Salah satu cara menyembuhkan pilek yang paling mudah adalah dengan istirahat yang cukup. Meski mudah namun hal ini sering tak dilakukan karena banyak orang menganggap pilek merupakan sakit yang tak terlalu serius. tetapi pada kenyataannya, jika kamu tidak tidur dengan cukup, maka tubuh akan kelelahan karena mengeluarkan energi ekstra untuk melawan infeksi virus sehingga pilek bisa semakin parah dan proses penyembuhannya menjadi semakin lama.

Dengan istirahat yang cukup, sistem imun di tubuhmu akan memiliki kesempatan untuk fokus melawan infeksi virus dengan maksimal saat kamu tertidur. Ketika sedang flu, disarankan untuk tidur 7-8 jam dan mengurangi aktivitas yang berat.

2. Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Banyak minum air putih bisa cepat menyembuhkan pilek karena air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang sangat penting saat melawan infeksi virus. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, lendir di saluran pernapasan menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh.

Ini membantu mengurangi hidung tersumbat dan mempercepat pembersihan virus dari sistem pernapasan. Selain itu, air putih membantu menjaga kelembapan tenggorokan yang sering kering dan iritasi saat pilek, serta mendukung fungsi optimal dari sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Image Source: Pexels/Ella Olsson

Konsumsi makanan sehat dan bergizi bisa cepat menyembuhkan pilek karena makanan yang kaya akan nutrisi mendukung fungsi optimal sistem kekebalan tubuh. Nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, zinc, dan antioksidan membantu memperkuat tubuh dalam melawan infeksi virus penyebab pilek.

Vitamin C, misalnya, dikenal dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan patogen. Makanan bergizi juga memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan mempercepat proses pemulihan. Dengan memberikan tubuh nutrisi yang tepat, kamu membantu sistem kekebalan bekerja lebih efektif dalam mengatasi pilek.

4. Kumur dengan Air Garam

Kumur dengan Air Garam
Image Source: Pexels/Mikhail Nilov

Berkumur menggunakan air garam merupakan salah satu cara menyembuhkan pilek yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan dan membersihkan lendir.

Caranya adalah dengan melarutkan 1 sendok garam ke 1 gelas air putih dan kamu bisa menggunakannya untuk kumur-kumur. Lakukan cara ini hingga 4 kali sehari untuk hasil yang efektif.

5. Menghirup Uap Hangat

Menghirup Uap Hangat
Image Source: Penn Medicine

Hidung yang tersumbat saat pilek tentunya membuat kamu merasa tidak nyaman. Sering kali kamu bingung bagaimana cara efektif untuk menghilangkan hidung tersumbat. Kamu bisa melakukannya secara mudah dengan menghirup uap hangat.

Jual TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler
Alat Medis TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler Nebulizer Machine - JSL-W302 harga Rp 41.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Uap hangat membantu melonggarkan lendir kental di hidung dan tenggorokan, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes essential oil dengan wangi peppermint untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat. Caranya adalah dengan menempatkan wajah di atas uap hangat, hirup dalam-dalam melalui hidung, dan lakukan selama 20-30 menit.

6. Tingkatkan Kelembapan dengan Humidifier

Image Source: Pexels/cottonbro studio

Jika kamu memiliki humidifier di rumah, alat tersebut juga bisa membantu menyembuhkan pilek loh! Humidifier mampu meningkatkan kelembapan di dalam ruangan dan mempercepat penyembuhan pilek karena udara lembap membantu menjaga saluran pernapasan tetap terhidrasi.

Dengan menggunakan humidifier, kelembapan udara di sekitar Anda meningkat, yang membantu menjaga lendir tetap encer dan lebih mudah dikeluarkan. Ini juga mengurangi iritasi pada jaringan pernapasan, memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi dengan lebih efektif dan mempercepat pemulihan dari pilek.

7. Konsumsi Obat Flu

Image Source: Pexels/Michelle Leman

Dan cara menyembuhkan pilek yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat pilek. Beberapa obat pilek yang umum yang dijual bebas di apotek dan dapat membantu menyembuhkan pilek adalah paracetamol, dekongestan, dan antihistamin.

Jangan lupa untuk minum obat sesuai anjuran yang tertera di dalam kemasan agar proses penyembuhan lebih efektif.

Ternyata ada banyak ya cara menyebuhkan pilek yang sangat mudah dilakukan di rumah. Namun jika cara tersebut kurang efektif dan kamu sudah mengalami pilek lebih dari 2 minggu, disarankan untuk periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat!