7 Contoh Name Tag MPLS Kreatif, Unik, dan Menarik

Temukan ide-ide name tag MPLS yang kreatif, unik, dan menarik agar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) lebih berkesan dan menyenangkan.

7 Contoh Name Tag MPLS Kreatif, Unik, dan Menarik
Image source: Freepik/freepik

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang juga dikenal dengan MPLS adalah rangkaian kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk memperkenalkan lingkungan, aturan, budaya, dan sistem belajar di sekolah baru.

MPLS biasanya dilaksanakan untuk sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA. Adapun kegiatan ini bermaksud membantu siswa baru beradaptasi dengan cepat dan nyaman di lingkungan sekolah mereka yang baru.

Contoh Name Tag MPLS

Pada kegiatannya, ada salah satu elemen yang identik dengan MPLS dan perlu dibuat serta dibawa oleh siswa baru yaitu name tag atau label nama. Name tag tidak hanya berfungsi sebagai alat identifikasi, tetapi juga media untuk menunjukkan kreativitas dan kepribadian siswa.

Panitia biasanya akan memberikan informasi kepada para siswa baru untuk membuat name tag MPLS yang kreatif, unik, dan menarik dari berbagai bahan.

Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi desain name tag MPLS, berikut beberapa referensinya.

1. Name Tag MPLS Barcode

Name Tag MPLS Barcode
Image source: teacherspayteachers

Contoh pertama adalah name tag MPLS dengan mencantumkan QR code. QR code ini bisa berisi informasi mengenai profil siswa, nama, asal sekolah, dan tahun angkatan.

2. Name Tag MPLS Tema Kartun

Name Tag MPLS Tema Kartun
Image source: YouTube/PAUD RAKYAT PEMATANG CHANEL

Untuk anak-anak yang akan memasuki Sekolah Dasar, name tag bergambar karakter kartun favorit bisa jadi inspirasi selanjutnya. Kamu bisa membuat kartun Doraemon, Hachi si Lebah Madu, dan lainnya dengan warna cerah agar tampilan name tag lebih menarik.

3. Name Tag MPLS Desain Sederhana

Name Tag MPLS Desain Sederhana
Image source: YouTube/SMPIT Arrahmah Yt Channel

Jika kamu ingin membuat name tag MPLS dengan desain yang sederhana, kamu bisa membuatnya dari barang-barang bekas yang ada di rumah, seperti kardus atau kertas bekas. Cukup potong kertas dengan ukuran sesuai keinginan dan isi data diri mulai dari nama, asal sekolah, hingga motivasi diri.

Jual LKWDer Kaus Kaki Ankle Cotton Breathable Sock Pria 39-42 5
Kaos Kaki Olahraga LKWDer Kaus Kaki Ankle Cotton Breathable Sock Pria 39-42 5 Pasang - LK5 harga Rp 13.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Name Tag MPLS Berbentuk Hewan

Name Tag MPLS Berbentuk Hewan
Image source: YouTube/Rolila Faradizah

Jika anak-anak menyukai hewan, tidak ada salahnya untuk menjadikan hewan kesukaan mereka sebagai ide membuat name tag MPLS yang menarik dan juga unik. Kamu bisa membantu si kecil membuat name tag hewan, seperti katak, kucing, rubah, dan lainnya menggunakan karton atau kardus bekas.

5. Name Tag MPLS DIY

Name Tag MPLS DIY
Image source: YouTube/FadLes OfficiaL

Contoh berikutnya yang bisa kamu buat adalah name tag MPLS DIY. Name tag model ini bisa mengasah imajinasi dan kreativitas anak. Kamu bisa memberikan kebebasan untuk anak-anak membuat label nama sesuai keinginan mereka, mulai dari bunga, mobil, es krim, atau tanaman.

Jual Lunch Box Kotak Makan sudah ada tempat Sup merk Yooyee 5
Alat Makan Dan Minum Lunch Box Kotak Makan sudah ada tempat Sup merk Yooyee 5 Sekat bento harga Rp 65.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Name Tag MPLS Bentuk Buah

Name Tag MPLS Bentuk Buah
Image source: YouTube/PAUD RAKYAT PEMATANG CHANEL

Name tag MPLS berikutnya yang memberi kesan menyenangkan dengan suasana ceria dan berwarna adalah bentuk buah. Kamu bisa membuat label nama dengan bentuk semangka, stroberi, apel, anggur, dan lain-lain.

7. Name Tag MPLS Karakter Unik

Name Tag MPLS Karakter Unik
Image source: YouTube/Crafty Made Easy

Satu lagi contoh name tag MPLS menarik dan kreatif yang bisa kamu buat adalah bentuk karakter unik. Kamu bisa membuat karakter apa pun yang menurutmu unik misalnya, karakter animasi, games, superhero, atau lainnya dan kreasikan sesuai dengan keinginanmu.

Jangan lupa persiapkan segala peralatan mulai dari penggaris, pulpen, pensil, spidol, perekat, kertas, karton, tali, kardus, pita, gunting, cutter, referensi gambar, dan aksesoris lainnya saat membuat name tag agar proses pembuatannya lebih mudah dan cepat.

Jika telah dibuat, jangan lupa untuk laminasi name tag agar tidak rusak dan tahan lama hingga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah selesai, ya. Name tag yang kreatif, unik, dan menarik, akan membuat siswa merasa lebih bersemangat dan percaya diri untuk memulai tahun ajaran baru.

Semoga beberapa contoh name tag MPLS di atas bisa menginspirasi kamu ya.