Ini 5 Daftar Kegiatan yang ada di OSPEK!

Kegiatan OSPEK di Indonesia sendiri telah mengalami evolusi yang signifikan dari tahun ke tahun. Simak untuk mengetahui berbagai kegiatan OSPEK!

Ini 5 Daftar Kegiatan yang ada di OSPEK!
Image Source: Freepik/jcomp

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang biasa disingkat menjadi OSPEK, menjadi kegiatan wajib untuk menyambut peserta didik baru sebelum resmi menyandang status sebagai mahasiswa.

OSPEK harus diisi dengan kegiatan yang edukatif dan diatur pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 18 Tahun 2016 pasal 1–6.

Terdiri dari berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan soft skills seperti komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan yang penting selama menempuh ilmu.

Intinya, OSPEK hadir untuk membantu kamu memahami tata cara dan budaya kampus. Melalui OSPEK, kamu bisa mendapatkan informasi penting mengenai sistem akademik, kurikulum, dan peraturan-peraturan yang berlaku.

Daftar Kegiatan OSPEK

Image Source: Freepik/drobotdean

OSPEK sendiri memiliki penyebutan yang berbeda tergantung dengan kampus dan angkatan, serta terdiri dari singkatan beberapa kata.

Kegiatan OSPEK di Indonesia sendiri telah mengalami evolusi yang signifikan dari tahun ke tahun untuk menyesuaikan berbagai perubahan dan kebutuhan zaman. Pada artikel ini, Jakmall akan membahas berbagai kegiatan yang biasanya ada di OSPEK!

1. Menggunakan Kostum dan Tugas Aneh

Image Source: IDN TIMES

Hal pertama yang muncul di dalam kepala saat mendengar kata OSPEK mungkin adalah penggunaan kostum warna-warni yang unik. Tradisi ini sendiri tidak diketahui tahun awal mulanya. Namun, penggunaan kostum unik atau atribut tertentu dalam OSPEK sudah menjadi bagian dari kegiatan ini sejak lama.

Beberapa modifikasi juga terus diterapkan, seperti membawa barang-barang yang sulit ditemukan, memecahkan teka-teki, membuat pantun dan surat cinta, serta masih banyak tugas tidak masuk akal lainnya.

Meskipun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk hiburan dan kreativitas, tetapi pada masa ini OSPEK kental dengan tekanan psikologis, dan dalam beberapa kasus, terjadi perpeloncoan.

Jual MIIIW Wireless Bluetooth Dual Mode Keyboard 104 Keys 2.4GHz
Keyboard Tablet MIIIW Wireless Bluetooth Dual Mode Keyboard 104 Keys 2.4GHz - MWBK01 harga Rp 359.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Untuk itu, pada tahun 2016 dinyatakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014 tentang Masa Orientasi Siswa Baru sudah tidak berlaku, kemudian diganti dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18.

Peraturan baru ini, menjelaskan poin penyelenggaraan kegiatan pengenalan lingkungan secara lebih jelas dan memberikan beberapa larangan. Salah satunya adalah larangan untuk menggunakan atribut aneh yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.

2. Baris-Berbaris dan Upacara

Image Source: UGM

Tentunya OSPEK belum lengkap jika diisi dengan baris-berbaris dan upacara. Kegiatan ini sendiri menjadi bagian penting dari OSPEK karena dapat mencerminkan semangat kedisiplinan, rasa hormat, nasionalisme, dan kebersamaan di antara mahasiswa baru.

Biasanya, baris-berbaris dan upacara diadakan pada hari pertama OSPEK, dan ada sambutan dari rektor atau pimpinan universitas, pengenalan staf akademik, dan penyematan atribut atau seragam mahasiswa baru.

Banyak juga kampus yang membentuk formasi tulisan raksasa yang terdiri dari ribuan mahasiswa baru, bahkan hingga memecahkan rekor dunia.

Selain itu, kegiatan ini juga diadakan pada hari terakhir OSPEK untuk menandai berakhirnya kegiatan orientasi. Upacara ini sering kali mencakup evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan, serta pesan-pesan dari dosen atau pimpinan universitas.

3. Pengenalan Kehidupan Kampus

Image Source: UNAIR

Selanjutnya adalah pengenalan kehidupan kampus. Pengenalan kampus dalam kegiatan OSPEK merupakan salah satu bagian penting yang bisa membantu kamu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan akademik dan non-akademik.

Peserta akan diajak berkeliling kampus untuk mengenal berbagai fasilitas akademik seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, lab komputer, hingga lapangan olahraga. Selain itu, peserta akan diperkenalkan dengan fasilitas lain seperti kantin, pusat kesehatan, asrama, tempat ibadah, dan area Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Kamu juga akan dijelaskan mengenai sistem perkuliahan, jadwal, cara mendaftar mata kuliah, sistem penilaian, penggunaan portal akademik untuk mengakses informasi akademik, pengisian KRS (Kartu Rencana Studi), dan melihat nilai.

Jual ARTISAN Canvas Sleeve Case Notebook Laptop - CNC42
Sarung ARTISAN Canvas Sleeve Case Notebook Laptop - CNC42 harga Rp 62.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Pastikan kamu memperhatikan betul mengenai peraturan akademik, etika, dan tata tertib yang harus diikuti oleh mahasiswa, terutama aturan penggunaan fasilitas dan kebijakan anti-plagiarisme.

Pada sesi ini, diskusi akan dipandu oleh dosen atau mahasiswa senior sebagai panitia mengenai topik-topik penting yang relevan dengan kehidupan kampus. Kamu juga tidak perlu ragu untuk bertanya jika ada ingin diketahui. Aktivitas ini bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa baru dengan sesama teman dan lingkungan kampus.

4. Kuliah Umum dan Seminar

Image Source: UNAIR NEWS

Setelah melalui berbagai perubahan dan adaptasi, OSPEK yang awalnya banyak diisi dengan kegiatan fisik, seperti olahraga dan permainan outdoor yang kental dengan aksi perploncoan.

Kini lebih banyak diisi dengan kuliah umum dan seminar yang membawa topik-topik menarik seputar pendidikan. Kegiatan OSPEK ini dirancang untuk memberikan wawasan akademik dan inspirasi kepada para peserta.

Kampus biasanya menghadirkan pembicara yang berpengalaman, baik dari dalam maupun luar kampus, seperti dosen senior, dekan, rektor, praktisi dari berbagai bidang industri terkait, tokoh masyarakat, atau pejabat pemerintah.

Seperti memberikan cerita sukses, pengalaman hidup, dan wawasan dari para pembicara, sehingga dapat membantu mahasiswa memahami apa yang akan mereka hadapi di dunia akademik, termasuk tantangan dan peluang yang ada.

5. Makan Siang Bersama

Image Source: UPNVJ

Selain menjalani kegiatan di atas, hal yang tidak kalah penting adalah mengadakan makan siang bersama. Di sini biasanya panitia akan memberikan nasi kotak, snack, atau meminta para peserta untuk membawa bekal sendiri dari rumah.

Makan siang bersama saat OSPEK adalah kesempatan bagi mahasiswa baru untuk bersosialisasi dan mengenal satu sama lain dalam suasana yang lebih santai. Kegiatan ini membantu mengurangi kecanggungan awal yang mungkin dirasakan ketika bertemu dengan banyak orang baru dalam waktu singkat.

Terutama pada hari pertama OSPEK di mana tempat duduk biasanya belum diatur secara acak untuk mendorong interaksi antara mahasiswa dari berbagai program studi atau fakultas, bukan hanya dengan teman sejurusan.

Ini dapat menjadi momen penting untuk membangun keakraban di antara peserta dengan senior dan panitia OSPEK. Selain itu, makan siang bersama memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk beristirahat sejenak dari rangkaian kegiatan OSPEK yang padat.

Menjadi kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi di Indonesia, dan biasanya diadakan pada bulan Juli atau Agustus selama 3 hari hingga 1 minggu, OSPEK bisa memudahkan kamu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, dan sebagai transisi dari kehidupan kampus yang cukup berbeda dari sekolah menengah.

Untuk itu, pastikan kamu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan OSPEK dan berkenalan dengan teman dari berbagai jurusan sebanyak mungkin!

Jakmall memiliki berbagai perlengkapan alat tulis kantor seperti buku jurnal, ​penghancur kertas, hingga cutter roller yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah dengan banyaknya pilihan metode pembayaran terlengkap!