8 Film Studio Ghibli Terbaik yang Wajib Ditonton

Kamu yang mengaku sebagai pecinta anime pasti sudah tidak asing lagi dengan karya-karya ciptaan Studio Ghibli bukan?

Ghibli adalah studio animasi Jepang didirikan oleh Hayao Miyazaki dan Isao Takahata pada tahun 1985. Studio yang berbasis di Koganei, Tokyo ini selalu berhasil memproduksi film animasi yang indah, penuh warna, dan juga emosi.

Film-film produksi Studio Ghibli bahkan sering meraih penghargaan di berbagai ajang awards bergengsi dan masuk jajaran box office berbagai negara.

Rekomendasi Film Studio Ghibli

Dikenal karena animasi yang tidak hanya bagus dan cantik tetapi juga jalan cerita yang seru, tidak mengherankan jika animasi produksi mereka sering selalu mendapatkan perhatian terkhusus bagi pecinta anime Jepang.

Kamu yang tertarik dan ingin menonton animasi garapan studio Ghibli, bisa coba nonton 7 rekomendasi film Studio Ghibli terbaik yang wajib ditonton berikut ini.

1. My Neighbor Totoro (1988)

Image source: ghibli.jp

Tonari no Totoro atau yang lebih dikenal dengan My Neighbor Totoro adalah animasi yang dirilis pada tahun 1988 dan disutradarai oleh Hayao Mizayaki. Film ini wajib masuk rekomendasi film yang wajib kamu tonton karena menampilkan animasi yang indah, cerita hangat, dan karakter ikonik, terutama Totoro.

My Neighbor Totoro menceritakan kisah dua saudara perempuan, Satsuki dan Mei, yang pindah ke pedesaan Jepang bersama ayah mereka agar lebih dekat dengan rumah sakit tempat ibu mereka dirawat.

Di tengah petualangan, Satsuki dan Mei bertemu dengan roh hutan mistis yang hanya bisa dilihat oleh anak-anak, salah satunya Totoro. Jika biasanya roh digambar sebagai makhluk yang menyeramkan, hal ini tidak berlaku untuk Totoro. Karena Totoro justru dikenal sebagai roh hutam yang ramah, imut, dan suka membantu.

Meski berjudul Totoro, film ini lebih berpusat pada cerita Satsuki, Mei, ayah, dan ibu mereka. Sakin populernya, karakter Totoro masuk ke dalam daftar ikon pop culture dunia.

2. Spirited Away (2001)

Image source: ghibli.jp

Spirited away mengisahkan seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro Ogino serta orang tuanya yang tanpa sengaja memasuki dunia roh ketika mereka tersesat dan memasuki sebuah terowongan misterius.

Di dunia roh, orang tua Chihiro berubah menjadi babi setelah makan di sebuah restoran tanpa izin, dan Ia sendiri terperangkap di sebuah pemandian besar yang dikelola oleh penyihir jahat bernama Yubaba.

Bercerita mengenai perjuangan, Spirited Away menyisipkan kritik mengenai kerusakan lingkungan yang digambarkan melalui sosok Dewa Sungai yang sangat kotor serta bau, kapitalisme pada sosok Yubaba, dan juga keserakahan pada orang tua Chihiro.

Menjadi film terlaris dalam sejarah Jepang dari tahun 2001 hingga 2020 dan mampu menghasilkan pendapatan kotor sebesar Rp 4,6 triliun, Spirited Away memenangkan banyak penghargaan salah satunya adalah Academy Awards (Oscar) pada tahun 2003.

3. Grave Of Fireflies (1988)

Image source: pressherald.com

Dirilis pada tahun 1988 dan diakui sebagai salah satu film animasi paling emosional dan berpengaruh, Grave of the Fireflies diangkat dari novel asli karya Studio Ghibli karya Akiyuki Nosaka 1967 dan berlatar belakang Perang Dunia II di Jepang.

Film ini mengisahkan anak laki-laki berusia 14 tahu bernama Seita dan saudara perempuannya Setsuko berusia 4, yang berjuang untuk bertahan hidup setelah bom menghancurkan kota tempat mereka tinggal.

Sebagai salah satu film Studio Ghibli yang bisa membuatmu meneteskan air mata, Graves of the Fireflies secara mendalam menggambarkan penderitaan yang dialami oleh anak-anak yang kehilangan keluarga dan rumah akibat perang, serta hubungan kasih dan cinta keluarga di masa-masa sulit.

Jual ZEBRA TWS Earphone Bluetooth 5.1 LED Touch Powerbank Dock
Earphone Bluetooth ZEBRA TWS Earphone Bluetooth 5.1 LED Touch Powerbank Dock 2000mAh - M11 harga Rp 95.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. From Up On Poppy Hill (2011)

Image source: ghibli.jp

Kamu yang ingin menonton film mengenai kisah kasih anak sekolah namun dalam bentuk animasi, maka From Up On Poppy Hill harus kamu tonton. Film yang menceritakan mengenai pertemuan Umi Matsuzaki dan Shun Kazama yang bekerja sama menyelamatkan bangunan tua bersejarah dari rencana pembongkaran.

Dalam upaya tersebut, Umi dan Shun yang kemudian mengumpulkan dukungan dari siswa dan masyarakat. Usaha mereka melestarikan bangunan bersejarah tersebut akhirnya turut mengembangkan perasaan satu sama lain.

Namun, timbul sebuah konflik ketika Shun mengetahui sebuah rahasia masa lalu yang mungkin mengancam hubungan mereka.

From Up on Poppy Hill tidak hanya menonjolkan cerita cinta anak muda tetapi juga nilai-nilai tradisi, keluarga, dan perubahan sosial yang cepat.

5. Only Yesterday (1991)

Image source: ghibli.jp

Film Studio Ghibli bergenre slice of life yang wajib kamu tonton selanjutnya adalah Only Yesterday. Film garapan sutradara Isao Takahata yang dirilis pada tahun 1991 dikenal memiliki cerita yang mendalam akan kehidupan, kenangan, dan pencarian makna.

"Only Yesterday" menceritakan kisah Taeko Okajima, seorang wanita berusia 27 tahun yang tinggal di Tokyo dan memutuskan untuk mengambil cuti dari pekerjaannya, lalu pergi ke pedesaan Yamagata untuk membatu keluarga dari saudara iparnya untuk memanen bunga.

Sepanjang perjalanan ini lah, Taeko mulai menceritakan masa kecilnya pada tahun 1966. Kamu akan disajikan gambaran kehidupan kontras di desa dan kota, serta perenungan akan makna hidup.

"Only Yesterday" diterima dengan sangat baik oleh kritikus dan penonton, yang memuji penggambaran realis dan emosional dari karakter dan cerita. Film ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik Isao Takahata.

Jual Taffware Kabel Adaptor HDMI ke VGA Female - HD008
Adapter Konverter Taffware Kabel Adaptor HDMI ke VGA Female - HD008 harga Rp 10.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Kiki's Delivery Service (1989)

Image source: ghibli.jp

Kiki's Delivery Service atau Majo no Takkyuubin adalah animasi yang diproduksi Studio Ghibli dan dirilis pada tahun 1989. Film ini menceritakan mengenai kisah anak perempuan berusia 13 tahun bernama Kiki yang harus menjalani pelatihan sebagai seorang penyihir.

Selama pelatihan ini lah, Kiki harus meninggalkan rumah dan hidup mandiri di kota baru. Untuk memenuhi kebutuhannya, Kiki memutuskan untuk membuka layanan pengiriman barang dengan memanfaatkan kemampuan terbangnya menggunakan sapu.

Menggambarkan kehidupan anak perantauan yang sedang berjuang, Kiki's Delivery Service menggambarkan pentingnya percaya pada diri dan berani untuk menjadi mandiri dan menjalin hubungan baik dengan teman-teman.

Kiki's Delivery Service menerima banyak pujian dan penghargaan, termasuk penghargaan dari Japanese Academy Award untuk Film Animasi Terbaik. Karakter Kiki dalam film ini pun menjadi ikon budaya Jepang yang melambangkan kemandirian dan keberanian.

7. Howl's Moving Castle (2004)

Image source: ghibli.jp

Howl's Moving Castle menceritakan seorang gadis muda yang kehidupannya berubah ketika bertemu dengan Howl, seorang penyihir tampan namun misterius.

Karena perubahan wujudnya, Sophie memutuskan meninggalkan rumah dan mencari cara untuk mematahkan kutukan. Pada perjalanannya tersebut, Sophie menemukan kastil yang bergerak milik Howl.

Howl's Moving Castle menekankan betapa pentingnya menerima dan mencintai diri sendiri, pemahaman yang lebih mendalam mengenai diri sendiri dan orang lain, serta pentingnya perdamaian dan kasih sayang.

8. The Boy and the Heron (2023)

Image source: gkids.com

Berlatar Jepang pada tahun 1942, The Boy and the Heron mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Mahito Maki yang memiliki kehidupan rumit dengan keluarganya.

Mahito Maki yang mengalami duka mendalam setelah kehilangan ibunya dalam kebakaran selama Perang Dunia II memutuskan pindah ke desa bersama sang ayah. Di lingkungan baru ini, Mahito bertemu dengan seekor burung bangau abu-abu yang bisa berbicara.

Karena mengikuti bangau tersebut, Mahito akhirnya memasuki dunia ajaib yang penuh dengan makhluk aneh yang justru membantunya memahami arti kehidupan dan proses penyembuhan dari duka.

Menampilkan animasi yang sangat indah dengan detail yang kaya dan latar belakang memukau, The Boy and the Heron rilis di bioskop Indonesia pada tahun 13 Desember 2023.

Animasi karya maestro Hayao Miyazaki bahkan berhasil puncaki daftar box office Amerika Utara dengan pendapatan sekitar Rp. 161 miliar, dan meraih pendapatan global sebesar Rp 1,5 triliun.

Kamu yang mungkin ingin mengadakan nonton bareng atau mau mendapatkan suasana baru ketika menonton film Studio Ghibli, bisa coba gunakan proyektor dan juga speaker Bluetooth saat menyetel film. Dijamin acara menontonmu akan seru dan juga menyenangkan.

Kamu bisa mendapatkan peralatan tersebut di Jakmall.com dengan harga mudah dan barang langsung dari pusatnya. Jadi, setelah melihat daftar rekomendasi Film Studio Ghibli di atas, mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu?