Daftar Grup Sepak Bola Olimpiade Paris 2024 Lengkap

Sepak bola menjadi salah satu cabor yang paling dinanti dalam olimpiade Paris. Simak daftar grup sepak bola Olimpiade Paris 2024 berikut ini.

Daftar Grup Sepak Bola Olimpiade Paris 2024 Lengkap
Image Source: Kompas

Olimpiade Paris 2024 menjadi salah satu ajang olahraga yang sangat bergengsi. Seperti namanya, olimpiade ini akan berlangsung di Paris mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 dan akan menampilkan berbagai cabang olahraga, salah satunya yaitu sepak bola.

Turnamen ini akan menyajikan kompetisi sengit dari 16 tim sepak bola putra yang telah lolos melalui berbagai kualifikasi. Kemenangan Guinea atas Indonesia menjadikannya sebagai negara terakhir yang berhasil lolos dalam kualifikasi 16 besar.

Nantinya keenambelas tim tersebut akan dibagi ke dalam beberapa grup dan akan bertanding untuk memperebutkan posisi dua teratas. Selanjutnya dua tim teratas dari setiap grup akan melaju hingga mencapai final untuk memperebutkan medali emas.

Grup Sepak Bola Olimpiade Paris 2024

Grup Sepak Bola Olimpiade Paris 2024
Image Source: AFC

Perancis, sebagai tuan rumah telah berhasil lolos kualifikasi. Selanjutnya Eropa memiliki tiga wakil yang akan bertanding di Olimpiade Paris 2024, yaitu Spanyol, Israel, dan Ukraina. Ketiganya berhasil lolos kualifikasi melalui Piala Eropa U21 2023.

Bergeser sedikit ke benua Amerika, terdapat dua negara yang masuk ke 16 besar di turnamen ini, yaitu Amerika Serikat dan Republik Dominika. Kedua negara ini berhasil mengamankan tiket ke olimpiade setelah lolos dari Piala CONCACAF U20 2022.

Di benua Asia sendiri, negara yang akan maju sebagai perwakilan dalam turnamen ini harus melewati kualifikasi Piala Asia U23 2024 terlebih dahulu yang telah dilaksanakan pada bulan April hingga Mei lalu. Negara tersebut adalah Jepang, Uzbekistan, dan Irak.

Jual AOLIKES Pelindung Lutut Olahraga Knee Support Fitness -
Pelindung Tubuh & Decker AOLIKES Pelindung Lutut Olahraga Knee Support Fitness - A-7720 harga Rp 29.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Sementara itu, Piala Afrika U23 2023 berhasil mengirim negara Maroko, Mesir, Mali, dan Guinea sebagai perwakilan untuk Olimpiade Paris 2024. Adapun dari Zona Oseania, negara Selandia Baru akan mewakili untuk bermain di olimpiade ini. Selanjutnya dari zona CONMEBOL, terdapat negara Paraguay dan Argentina.

Keenambelas negara partisipan ini akan dibagi ke dalam empat grup, masing-masing grup berisi empat negara. Berikut pembagian grup sepak bola Olimpiade Paris 2024:

Grup A

  1. Perancis
  2. Amerika Serikat
  3. Guinea
  4. Selandia Baru

Grup B

  1. Argentina
  2. Maroko
  3. Irak
  4. Ukraina
Jual ActivGel Insole Sepatu Alas Kaki Orthopedic Sport Shock
Sepatu & Sandal Pria Lainnya ActivGel Insole Sepatu Alas Kaki Orthopedic Sport Shock Absorb Gel harga Rp 17.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Grup C

  1. Uzbekistan
  2. Spanyol
  3. Mesir
  4. Republik Dominika

Grup D

  1. Jepang
  2. Paraguay
  3. Mali
  4. Israel

Itulah grup sepak bola yang akan mengikuti Olimpiade Paris 2024. Masing-masing grup sepak bola tersebut diisi oleh dua tim yang berasal dari konfederasi yang berbeda. Dari keenambelas negara yang akan bertanding, siapakah jagoanmu?

Nah, agar pengalaman menonton turnamen sepak bola Olimpiade Paris 2024 yang ditayangkan di stasiun TV nasional semakin seru, kamu bisa menggunakan aksesori pelengkap lainnya seperti proyektor, soundbar, hingga antena tv digital.