Ini 5 Obat Sariawan Alami untuk Anak, Dijamin Mudah!

Jakmall telah merangkum berbagai obat alami yang mudah didapatkan di rumah untuk mengatasi sariawan pada anak!

Ini 5 Obat Sariawan Alami untuk Anak, Dijamin Mudah!
Image Source: Freepik/freepik

Sebagai orang tua, segala sakit yang dirasakan si kecil tentunya membuat cemas dan khawatir. Salah satu sakit yang mungkin dijumpai pada anak adalah sariwan.

Terlebih saat sariawan, anak bisa merasakan berbagai tingkat ketidaknyamanan dan rasa sakit yang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Luka kecil berbentuk bulat atau oval dengan tepi merah ini dapat menyebabkan nyeri yang tajam dan rasa terbakar.

Anak bisa saja kesulitan saat makan dan minum, atau berbicara. Ini bisa membuat anak lesu, rewel, dan merasa frustrasi karena manahan rasa sakit yang mereka rasakan.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat sariawan. Jakmall telah merangkum berbagai obat alami untuk mengatasi sariawan pada anak!

Penyebab dan Gejala Sariawan

Sariawan pada anak-anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Cedera atau gigitan pada bagian dalam mulut.
  • Kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, zat besi, dan asam folat.
  • Alergi makanan.
  • Infeksi virus.
  • Stres atau perubahan hormon.

Gejala sariawan meliputi:

  • Luka kecil berbentuk bulat atau oval dengan tepi merah dan pusat berwarna putih atau kuning.
  • Rasa sakit dan nyeri di area yang terkena.
  • Kesulitan makan dan minum.

Obat Alami Sariawan pada Anak

Obat Alami Sariawan pada Anak
Image Source: Freepik/freepik

Sebelum menentukan penggunaan dan memberikan obat alami kepada anak, pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan.

Hal ini karena mereka bisa memberikan anjuran dan dosis berdasarkan kondisi kesehatan anak, serta memastikan tidak ada interaksi berbahaya seperti alergi dengan obat atau kondisi medis lain.

Selain itu, obat alami untuk sariawan pada anak memiliki efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan, dan tingkat keparahan sariawan. Berikut beberapa obat alami yang sering digunakan untuk mengatasi sariawan pada anak:

1. Air Garam

Menjadi bahan utama yang selalu ada di dapur, garam nyatanya memiliki segudang manfaat. Garam yang memiliki sifat antibakteri ini tidak hanya berfungsi sebagai antiseptik, tetapi juga mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan area yang terkena dan mengurangi peradangan. Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu minta anak berkumur selama beberapa detik sebelum membuangnya dan mengulangi sebanyak beberapa kali.

2. Air Mineral

Pengobatan sariawan yang mudah dan dapat dilakukan di rumah lainnya adalah dengan minum air putih. Sariawan sendiri dapat membuat mulut kering sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Akibatnya, tubuh bisa tidak mendapat asupan cairan yang cukup.

Selain itu, sariawan dapat lebih terasa sakit jika mulut kering. Selalu pastikan anak minum air putih yang cukup untuk membantu menjaga kelembapan mulut dan mengatasi sariawan.

Cara lain adalah dengan membungkus es batu kecil di dalam tisu dan letakkan dengan hati-hati di atas sariawan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Pastikan es batu tidak mengenai sariawan secara langsung. Langkah ini dapat digunakan untuk mengatasi sariawan di bibir.

Jual Glazed Mangkok Keramik Bowl Nordic Style 15cm with Handle -
Alat Makan Dan Minum Glazed Mangkok Keramik Bowl Nordic Style 15cm with Handle - PJ535 harga Rp 34.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Memakan Variasi Buah dan Sayur

Memastikan kebutuhan gizi yang baik untuk si kecil memang menjadi hal yang penting. Ini karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin, serta mineral yang dapat mendukung penyembuhan, mencegah terjadinya sariawan, dan bisa membantu menjaga kesehatan mereka.

Beberapa nutrisi bermanfaat yang terkandung dalam buah dan sayur, seperti vitamin C, zat besi, vitamin B, folat, dan zinc. Namun, meskipun banyak buah kaya vitamin C (seperti jeruk, stroberi, kiwi), hindari buah yang terlalu asam seperti karena bisa memperparah sariawan.

Pastikan juga untuk mengonsumsi buah dan sayur segar karena lebih kaya nutrisi dibandingkan yang sudah diolah. Kamu dapat memotong buah dan sayur dengan parutan pengiris untuk memudahkan anak memakannya.

4. Madu

Madu yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit, mengecilkan sariawan dan meredakan kemerahan, serta mempercepat penyembuhan sariawan.

Selain itu, madu juga mampu mencegah risiko infeksi yang mungkin muncul akibat sariawan. Oleskan sedikit madu pada sariawan sebanyak 4 kali sehari. Pastikan menggunakan madu murni yang belum mengalami pasteurisasi untuk memastikannya kaya akan antioksidan dan senyawa lain.

5. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik usus dan di mulut yang bisa mempercepat penyembuhan sariawan.

Selain itu, tekstur yogurt yang lembut tidak akan mengiritasi sariawan, sehingga bisa menjadi pilihan makanan yang nyaman untuk dikonsumsi oleh anak saat mengalami sariawan. Berikan yogurt tanpa gula pada anak setidaknya 1 cangkir setiap hari secara teratur.

Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan yang tidak asam ke dalam yogurt untuk menambah nilai gizi, seperti pisang atau buah beri, untuk membantu menjaga kesehatan mulut dan mencegah timbulnya sariawan di masa mendatang.

Menjadi orang tua memang memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan dan menjaga kesehatan anak. Selain beberapa rekomendasi obat alami di atas, pastikan juga anak untuk menjaga kebersihan mulut, menghindari makanan yang dapat memicu iritasi, dan tetap terhidrasi dengan baik.

Jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu, sering kambuh, disertai dengan gejala lain seperti sakit yang tak tertahankan, atau kesulitan makan yang signifikan, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Jakmall memiliki berbagai perlengkapan dapur dan alat masak seperti pisau pengupas nanas, blender portable, hingga penghancur bawang yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah dengan banyaknya pilihan metode pembayaran terlengkap!

Source:

Siloam Hospitals | 5 Effective Natural Remedies for Mouth Ulcers

Consumer Guide to Dentistry | 7 Home Remedies for Canker Sores

Healthline | Ways to Get Rid of Canker Sores (Aphthous Ulcer)