3 Serial Kartun Edukasi untuk Temani Tumbuh Kembang Anak

Tidak hanya menghibur, rekomendasi kartun anak ini juga berisi edukasi yang bisa menambah pengetahuan si kecil. Simak selengkapnya di sini.

3 Serial Kartun Edukasi untuk Temani Tumbuh Kembang Anak
Image Source: serhii_bobyk

Ingat nggak sih waktu masih kecil, terutama bagi kamu yang lahir di tahun 90-an, pasti suka banget nonton kartun di waktu pagi, siang, hingga sore sepulang sekolah?

Bisa dibilang kartun menjadi bagian dari masa kecil yang tumbuh bersama kamu atau bahkan banyak orang lainnya.

Disajikan dengan alur cerita menarik, efek suara, karakter unik serta memiliki kekuatan, dan tidak ketinggalan unsur komedi sederhana membuat setiap elemen yang ada pada kartun anak semakin seru untuk diikuti.

Seni menggambar sendiri sebenarnya muncul sejak zaman purba yang ditanadai dengan adanya lukisan di gua kuno. Seni ini bertujuan sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan, emosi, atau gagasan yang ingin disampaikan.

Kamu pasti pernah mengalami masa-masa di mana mengingat jadwal tayang kartun kesayangan, dan menanti-nanti saat waktu itu tiba.

Sebelum masuk ke rekomendasi kartun anak, kita nostalgia sejenak ke kartun pertama yang tayang di Indonesia, yuk!

Kartun Pertama yang Tayang di Indonesia

Kartun Pertama yang Tayang di Indonesia
Image Source: master1305

Diketahui kartun paling tua di dunia pertama kali tayang di negara Prancis dengan judul Fantasmagorie pada tahun 1908. Animasi yang sangat singkat ini memiliki durasi 1 menit 20 detik.

Sedangkan di Indonesia, pembuatan kartun pertama dibantu oleh UNICEF (United Nations Children's Fund). Kartun ini ditayangkan sekitar tahun 80-an, tepatnya pada 30 Maret 1983 pada stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI), dengan judul Si Huma.

Serial ini diproduksi oleh Pusat Produksi Film Negara (PPFN) yang juga membuat acara boneka Si Unyil, dengan durasi sekitar 11 menit tiap episodenya.

Kartun ini menceritakan tentang sepasang sahabat dengan tokoh anak laki-laki bernama Huma yang memiliki teman khayalan bernama Windi. Mereka suka melakukan eksplorasi dengan bertualang ke berbagai tempat dan menghadapi masalah bersama.

Jual ROCKWARE RW-YT500 - Mini Portable LED Projector 24 ANSI
Proyektor Mini ROCKWARE RW-YT500 - Mini Portable LED Projector 24 ANSI Lumens harga Rp 440.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Dibuat khusus untuk anak-anak, kartun Si Huma menjadi sarana bagi anak Indonesia untuk belajar banyak hal baru dengan cara yang menyenangkan. Topik yang dibahas di serial kartun anak ini juga beragam, mulai dari cara mencegah demam berdarah hingga menanggulangi banjir.

Manfaat Menonton Kartun pada Anak

Manfaat Menonton Kartun pada Anak
Image Source: serhii_bobyk

Kamu pasti pernah memerhatikan bagaimana anak-anak bermain. Mereka bisa asyik sendiri dengan dunia yang dibuatnya menggunakan mainan hingga perabotan yang ada di sekeliling mereka.

Hal ini karena anak-anak dapat membuat dunia fantasi dengan berbagai karakter yang memiliki kekuatan superpower. Kartun anak hadir dengan gambar, warna, dan suara menarik sehingga mampu membawa imajinasi mereka ke dunia nyata.

Jual Mini Portable LED Projector Full HD with TF HDMI AV USB
Proyektor Mini Mini Portable LED Projector Full HD with TF HDMI AV USB Port - YG-300 harga Rp 299.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Tak hanya itu, banyak pesan dan edukasi yang diselipkan dalam film atau serial ini yang dapat membuat anak mempelajari banyak hal baru, seperti pentingnya kerja sama, semangat dalam menghadapi kesulitan, cara memaafkan, dan mendengarkan nasihat orang lain.

Cara penyampaian yang sederhana juga membuat membuat anak semakin tertarik dan memudahkan mereka mencerna banyak informasi baru.

Selain itu, pada dasarnya, anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan program yang berkualitas, dan hal ini tercantum pada pasal 72 ayat 5 pada Undang-undang Perlindungan Anak tentang hak anak dalam media. Disebutkan bahwa media berperan dalam melakukan penyebarluasan informasi dan materi edukasi yang bermanfaat.

Rekomendasi Kartun Anak yang Mendidik

Rekomendasi Kartun Anak yang Mendidik
Image Source: serhii_bobyk

Setelah mengetahui penting dan manfaat kartun untuk tumbuh kembang anak, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih tontonan yang dapat membantu mereka untuk belajar.

Simak beberapa rekomendasi kartun anak yang mendidik dari JakartaNotebook di bawah ini agar kamu bisa menyanjikan tayangkan terbaik bagi si kecil!

1. Magic School Bus

Magic School Bus
Image Source: wikileeks

Serial kartun anak yang mendidik satu ini menceritakan petualangan yang dilakukan oleh sekelompok murid SD.

Dipandu oleh guru eksentrik bernama Ms. Frizzle, ia dan kadal peliharaannya akan membawa si kecil dan seisi kelas berpetualang ke berbagai tempat dan waktu menggunakan bus ajaib.

Seperti pergi ke luar angkasa untuk mempelajari bagaimana karateristik tiap planet, hingga menginap di kastil berhantu untuk mengetahui bagaimana gema berasal.

Banyaknya karakter murid serta cara pikir yang berbeda membuat setiap episode yang dilalui tidak mudah dan memiliki tantangan tersendiri. Kartun ini juga mengajarkan bagaimana cara bekerja sama dan memercayai satu sama lain.

Magic School Bus cocok jika kamu ingin meningkatkan rasa ingin tahu anak dengan mempertanyakan apa yang ada di sekitar mereka.

Jual Pembesar Layar Ponsel Portable 3D Enlarge Screen Magnifire
Proyektor Standar Pembesar Layar Ponsel Portable 3D Enlarge Screen Magnifire F2 harga Rp 13.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Raindrop Water Adventure

Raindrop Water Adventure
Image Source: Pinterest

Serial kartun anak ini menjelaskan bagaimana berbagai peristiwa alam terjadi, terutama perjalanan dan berbagai wujud air yang ada di sekitar kita.

Dipandu dengan tokoh-tokoh yang menarik seperti setetes air, awan, dan es batu, si kecil akan dibawa ke berbagai tempat dan situasi.

Petualangan yang mereka lalui ini mengajarkan anak-anak tentang persahabatan serta cara untuk menghormati alam dan lingkungan. Terutama untuk mengetahui pentingnya air dan kehidupan di bumi.

3. The Time Compass

The Time Compass
Image Source: dcmp

Anak akan dibawa melintasi waktu ke peradaban kuno dari seluruh dunia untuk menyaksikan berbagai peristiwa sejarah. Hadir dengan gaya animasi yang inovatif dan unik.

The Time Compass mengajarkan banyak hal tentang sejarah dengan cara yang mudah dipahami, menyenangkan, lucu, dan menarik!

Mulai dari pengembangan penemuan sederhana hingga penciptaan objek modern. Kartun anak yang mendidik ini menggambarkan bagaimana sejarah dapat membetuk masyarakat dan budaya di masa sekarang.

Menemani si kecil menghabiskan masa anak-anak dengan belajar dan bermain adalah fase terpenting agar mereka dapat mengetahui hal-hal yang terjadi di sekitarnya

Pastikan kamu hadir di samping mereka untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai episode yang mereka tonton. Selalu ingat bahwa anak sangat suka menanyakan hal-hal sederhana yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya!