7 Penyebab Kenapa Kepala Sering Pusing dan Cara Mengatasinya

Pusing atau sakit kepala jadi penyakit yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini menyebabkan bagian kepala terasa sakit dan membuat kita tidak bisa beraktivitas dengan bebas. Rasa sakit yang ditimbulkan juga berbeda-beda mulai dari pening, berdenyut, hingga membuat kepala terasa berputar.

Saking seringnya kondisi ini terjadi, banyak yang menganggap pusing sebagai hal remeh. Padahal pusing bisa jadi salah satu gejala atau tanda kondisi medis tertentu. Maka penting untuk mengetahui penyebab kenapa kepala sering pusing.

Penyebab Kenapa Kepala Sering Pusing

Image Source: Freepik/Freepik

Mulai dari kekurangan cairan hingga tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, berikut beberapa penyebab kenapa kepala sering pusing yang wajib kamu ketahui. 

1. Dehidrasi

Penyebab kenapa kepala sering pusing yang pertama adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Meski terlihat sederhana, dehidrasi dapat menyebabkan rasa pusing yang mengganggu. Kurangnya kadar cairan membuat tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal dan memicu kondisi seperti pusing dan tubuh mudah lelah.

Tak hanya itu, umumnya dehidrasi juga terjadi pada cuaca panas yang membuat kadar cairan dalam tubuh berkurang drastis. Akibatnya pasokan oksigen ke otak juga berkurang.

2. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi bisa jadi penyebab kenapa sering pusing tiba-tiba. Kondisi ini terjadi saat tubuh berubah posisi dengan cepat, seperti dari tidur atau duduk ke berdiri. 

Gerakan yang terlalu cepat ini menghambat aliran darah dari jantung yang berisi oksigen ke otak. Akibatnya kamu akan merasa pusing, lemas, kehilangan keseimbangan, hingga pingsan.

Tekanan darah rendah juga dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti cuaca panas hingga usia. 

Jual TaffOmicron Tensimeter Digital Pengukur Tekanan Darah
Alat Medis TaffOmicron Tensimeter Digital Pengukur Tekanan Darah Bahasa Inggris - BW-3205 harga Rp 65.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Gula Darah Rendah

Penyebab kenapa kepala sering pusing selanjutnya adalah kadar gula darah rendah atau hipoglikemia. Kadar gula dalam tubuh yang terlalu rendah dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan, mulai dari pusing, kelelahan, penglihatan kabur, hingga gemetar.

Kondisi ini umumnya terjadi pada penderita diabetes tipe 1, tapi semua orang dapat mengalami hipoglikemia jika tidak mendapatkan asupan gula dalam waktu panjang. Hal ini terjadi karena tubuh memerlukan gula untuk menghasilkan energi yang digunakan selama beraktivitas.

4. Anemia

Jika kamu sering merasakan sakit kepala saat beraktivitas anemia atau kurang darah bisa jadi penyebabnya. Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh lebih rendah dari batas normal.

Sel darah merah sendiri bertugas untuk membawa oksigen di dalam darah. Jika jumlahnya berkurang akibatnya otak tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga kamu merasa pusing. 

Selain pusing, anemia juga punya beberapa gejala lain, seperti lemas, mudah lelah, dan kulit pucat. Beberapa orang dengan kondisi ini juga mengalami kerontokan rambut.

5. Gangguan Kecemasan

Penyebab kenapa kepala sering pusing yang sering dilupakan adalah gangguan kecemasan. Meski bukan termasuk dalam kondisi fisik, gangguan kecemasan dapat membuat kepala terasa pusing. Hal ini karena saat kita merasa cemas, tubuh akan melepaskan hormon stres yang memengaruhi kerja tubuh.

Hormon stres yang terlalu banyak dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan menyebabkan rasa pusing. Pada kondisi ini kamu juga bisa merasakan gejala lain, seperti gelisah dan produksi keringat berlebih.

6. Vertigo atau Migrain

Jika pernah mengalami pusing yang membuat ruangan seperti berputar mungkin kamu menderita vertigo. Vertigo adalah kondisi kelainan pada proses proses keseimbangan tubuh. Saat kambuh, kamu akan merasakan rasa pusing yang berputar dan kehilangan keseimbangan.

Lain halnya dengan migrain. Kondisi ini menyebabkan pusing di satu sisi kepala. Beberapa orang yang mengalami migrain merasakan rasa sakit hebat yang bisa mengganggu aktivitas.

Jual TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Ultrasonic Steam Inhale
Alat Medis TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Ultrasonic Steam Inhale Nebulizer - MY-520A harga Rp 115.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

7. Kolesterol Tinggi

Penyebab kenapa kepala sering pusing terakhir adalah kadar kolesterol jahat atau LDL terlalu tinggi. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan munculnya plak atau sumbatan pada pembuluh darah.

Jika sumbatan yang ada terlalu banyak, aliran darah yang kaya akan oksigen menuju otak terganggu. Pada akhirnya kondisi ini dapat menyebabkan kamu merasa pusing.

Cara Mengatasi Kepala Sering Pusing

Image Source: Freepik/Azerbaijan_stockers

Setelah mengetahui penyebab kenapa kepala sering pusing, tentu kamu ingin mencari cara untuk mengobati kondisi ini. Jika kamu sering mengalami kondisi ini dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, berikut beberapa cara mengatasi kepala sering pusing yang bisa dilakukan:

  • Cukupi kebutuhan cairan harian dengan rutin minum air putih sebanyak 2-3 liter per hari.
  • Segera duduk atau berbaring agar rasa pusing mereda.
  • Bergerak atau berpindah posisi secara perlahan dan menghindari perubahan posisi secara tiba-tiba.
  • Pindah ke tempat yang lebih sejuk dan hindari paparan cahaya atau tempat bising.
  • Hindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi serta alkohol secara berlebihan.
  • Minum seduhan jahe untuk meredakan pusing berlebih.
  • Mulai gaya hidup sehat dengan makan buah dan sayur serta rutin olahraga.

Penyebab kenapa kepala sering pusing dapat berbeda-beda bagi setiap orang. Pastikan kamu mengetahui penyebabnya agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika pusing yang dirasakan semakin parah, segera pergi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain untuk mendapatkan perawatan profesional.

Menjaga kesehatan tubuh semakin mudah dengan alat fitness yang bisa digunakan di rumah, seperti walking pad, yoga mat, hingga resistance band terbaik hanya di Jakmall.


Sumber:

Medical News Today. What Might Cause Head Pressure and Dizziness?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/head-pressure-and-dizziness

Mayo Clinic. Dizziness. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dizziness/symptoms-causes/syc-20371787

Healthline. What’s Causing My Headache and Dizziness?. https://www.healthline.com/health/headache-and-dizziness