9 Ide Lomba 17 Agustus Online yang Seru dan Meriah

17 Agustus jadi hari yang penting bagi bangsa Indonesia. Di hari ini Indonesia berhasil membebaskan diri dari penjajahan Belanda dan Jepang yang sudah terjadi selama beratus-ratus tahun. 

Di masa modern, mengadakan lomba 17 Agustus jadi salah satu cara untuk memperingati hari yang penting ini. Jika sebelumnya kita harus hadir dan berkumpul agar bisa mengikuti aneka lomba, kini kamu bisa mengadakan lomba 17 Agustus online yang bisa diikuti dari mana saja.

Nah, jika belum terpikir jenis lomba yang akan dilakukan, kamu bisa simak beberapa ide lomba 17 Agustus online yang Jakmall rangkum berikut. 

Ide Lomba 17 Agustus Online yang Seru dan Meriah

Mulai dari membuat video TikTok hingga sambung lagi, berikut ide lomba 17 Agustus online yang bisa kamu coba. Dijamin seru dan bikin perayaan 17 Agustus makin meriah!

1. Lomba Video TikTok

Ide lomba 17 Agustus online pertama ini pasti sudah tak asing lagi terutama untuk Gen Z. Membuat video TikTok bisa jadi pilihan lomba yang tidak hanya seru dilakukan, tapi juga bisa mengasah kreativitas. 

Lomba ini mengharuskan peserta untuk menari, bermain peran, mengedit, hingga membuat skrip yang memerlukan kreativitas tinggi. Kamu bisa membuat video dengan lagu atau alur yang menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan.

Durasi video yang singkat membuat peserta harus memikirkan bagaimana video bisa jadi menarik dalam waktu terbatas. Lomba 17 Agustus ini bisa diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa. lho!

2. Lomba E-Sport

Image Source: Freepik/Freepik

Siapa bilang lomba 17 Agustus online tidak seru? Dilakukan secara online menggunakan smartphone, laptop, atau PC, kamu bisa menggabungkan lomba ini dengan berbagai game online, seperti Valorant, Call of Duty, hingga PES.

Kamu bisa melatih kemampuan menyusun strategi dan kekompakan bermain bersama tim untuk menghadapi lawan. Semakin seru karena lawan yang dihadapi adalah teman di lingkungan rumah atau kantor. 

3. Lomba Desain Poster

Jika kamu tertarik dengan kesenian, terutama di bidang desain, lomba 17 Agustus Online ini bisa jadi pilihan terbaik. Lomba desain poster bisa melatih kreativitas karena peserta diharuskan untuk mendesain poster yang menarik dengan tema tertentu yang sudah ditentukan.

Panitia biasanya akan menentukan tema dan waktu pengerjaan sehingga kamu bisa langsung mencari ide atau inspirasi yang sesuai. Umumnya lomba desain poster dilakukan secara individu, tapi kamu juga bisa mengadakan lomba untuk kelompok jika ingin hasil desain yang lebih kompleks.

4. Lomba Cerdas Cermat

Image Source: Freepik/Freepik

Selain makan kerupuk, cerdas cermat jadi salah satu lomba 17 Agustus yang seru dan banyak ditunggu. Kamu bisa membuat soal dari berbagai bidang, mulai dari sejarah, budaya, pengetahuan sosial, hingga matematika untuk menguji kepintaran peserta. 

Lomba 17 Agustus online ini bisa diadakan lewat website seperti Kahoot atau menggunakan video call. Peserta yang bisa mengklik tombol “angkat tangan” atau “raise hand” tercepat dapat menjawab pertanyaan dari panitia.

Meski dilakukan secara online, lomba 17 Agustus ini tetap seru untuk ditonton karena tidak menghilangkan persaingan sengit antar pesertanya.

5. Lomba Karaoke

Lomba 17 Agustus online ini bisa jadi ajang seru-seruan bersama teman atau keluarga. Kamu bisa memilih berbagai lagu untuk dinyanyikan secara karaoke. Pastikan kamu menggunakan headset gaming atau mikrofon berkualitas agar suaramu tetap terdengar jelas.

Pilih lagu yang seru untuk dinyanyikan bersama jika ingin mengikuti lomba ini bersama teman atau keluarga. Jangan lupa merekam penampilan selama bernyanyi karena bisa menjadi kenang-kenangan yang lucu untuk diputar ulang setiap tahun. 

6. Lomba Baca Puisi

Image Source: Pexels

Merayakan 17 Agustus rasanya belum lengkap tanpa lomba baca puisi. Lomba 17 Agustus ini cocok diadakan untuk anak-anak karena mereka bisa mengenal berbagai karya tulis yang indah dan belajar untuk berekspresi.

Ajarkan si kecil untuk membaca puisi pendek dengan nada tertentu untuk menggambarkan makna puisi. Tambahkan juga gerakan-gerakan kecil agar puisi yang dibacakan lebih menarik dan berkesan di mata juri.

7. Lomba Membuat Dekorasi

Latih kreativitas anak dengan mengikuti lomba 17 Agustus online satu ini. Kamu bisa mengajarkan si kecil untuk membuat aneka dekorasi cantik yang bertema kemerdekaan.

Kenalkan anak dengan berbagai bahan, mulai dari kertas origami, pita, glitter, spidol warna warni, dan banyak lainnya untuk membuat hiasan merah putih yang cantik. Bebaskan si kecil untuk membuat aneka bentuk dan warna untuk menghias dekorasinya. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengenalkan sejarah pada anak dengan bercerita soal asal usul warna merah putih yang identik dengan Indonesia. 

8. Lomba Sambung Lagu

Image Source: Freepik/Freepik

Jika sebelumnya kamu bisa memilih lagu favorit untuk dinyanyikan secara karaoke. Lomba sambung lagu dilakukan dengan melanjutkan lirik lagu yang dimainkan oleh panitia. Kamu bisa melakukan lomba ini menggunakan aplikasi video call dan menunjuk peserta secara random untuk menyelesaikan lirik.

Pilih lagu yang sedang populer agar lomba ini semakin seru dan bisa diikuti oleh semua orang. Kamu juga bisa memasukkan lagu-lagi nasional, seperti Maju Tak Gentar, Indonesia Raya, Garuda Pancasila agar suasana 17 Agustus tetap terasa.

9. Lomba Kostum

Ide lomba 17 Agustus terakhir ini tak kalah seru dan bisa dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Lomba kostum mengharuskan peserta untuk memakai kostum unik yang bertemakan 17 Agustus atau Indonesia.

Kamu bisa menggunakan aneka kostum yang unik, mulai dari kostum aneka profesi, pahlawan nasional, hingga superhero asli Indonesia. Pastikan kamu tampil all-out dengan menggunakan makeup dan menata rambut sesuai dengan karakter yang dipilih, ya!

Lomba 17 Agustus online bisa jadi cara untuk mengingat perjuangan para pahlawan serta mempererat hubungan dengan teman, tetangga, hingga rekan kerja. Meski memiliki makna yang dalam, jangan lupa untuk bersenang-senang selama mengikuti lomba ini, ya!

Buat perayaan 17 Agustus Anda semakin meriah dengan menggunakan berbagai produk dekorasi berkualitas, seperti lampu tumblr LED, speaker aktif bluetooth, hingga mic wireless lavalier hanya di Jakmall!