5 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Si Kecil yang Seru

Berikan mainan edukasi untuk anak usia 1-2 tahun untuk membantu meningkatkan perkembangan otak, motorik, dan keterampilan motorik mereka.

5 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Si Kecil yang Seru
Image Source: Pexels

Usia 1 sampai dengan 2 tahun adalah usia di mana anak sedang aktif-aktifnya bergerak dan bermain. Pada usia ini, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan sudah mengenal banyak hal karena otak mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Para orang tua yang anaknya sedang dalam masa golden age perlu mendorong tumbuh kembang si kecil dengan memberikan mainan yang mengedukasi untuk membantu mengembangkan kemampuan motorik, keterampilan kognitif, keterampilan sosial dan emosional, serta bahasa dan berbicara.

Mainan Edukasi untuk Anak 1-2 Tahun

Anak usia 1 tahun sudah mampu menggerakkan lebih banyak tubuhnya, mulaib dari belajar berdiri, melangkah, mengangkat benda berukuran kecil, hingga menggenggam dan memasukkan segala benda yang dipegangnya ke dalam mulut.

Sementara, anak usia 2 tahun yang telah memasuki fase batita biasanya telah aktif berlari, menjijit, berceloteh, dan berfantasi dengan mulai bermain sendiri. Pada masa ini, kemampuan si kecil sudah berkembang pesat, seperti mengikuti perkataan orang dewasa serta mengetahui nama benda atau hewan.

Lalu mainan edukasi apa saja yang cocok untuk diberikan kepada anak usia 1-2 tahun?

1. Mainan Papan Geometri

Mainan Papan Geometri
Image Source: Jakmall.com

Latih keterampilan motorik halus dan kasar anak dengan memberikan mainan yang menarik sekaligus mengedukasi seperti menyusun balok dengan beragam warna dan bentuk. Kenalkan juga kepada mereka kepada angka-angka.

Cara memainkan mainan ini cukup mudah, loh. Kamu hanya perlu memutar rolet jam dan tunggu hingga berhenti di titik tertentu, lalu minta ia untuk memilih dan meletakkan balok ke titik berhentinya jam.

2. Ring Donat Warna-Warni

Ring Donat Warna-Warni
Image Source: Jakmall.com

Merangsang motorik halus, mainan ring donat cocok diberikan kepada anak usia 1 tahun, karena anak usia ini telah memiliki kemampuan untuk menggenggam atau menjepit barang menggunakan kekuatan jari-jari mungilnya.

Mainan ini juga bisa melatih koordinasi mata dan tangan anak saat coba memasukkan mainan ke dalam ring dari ukuran yang paling besar hingga yang paling kecil. Mereka juga akan berpikir untuk memahami perbedaan ukuran mainan agar dapat dimasukkan ke dalam ring.

Selain itu, anak juga dapat mengenal warna dengan mainan ini.

3. Mainan Musik

Mainan Musik
Image Source: Jakmall.com

Diketahui dapat melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan, musik bisa menjadi pilihan untuk dikenalkan kepada anak-anak. Kamu bisa mulai mengenalkan dan mengajarkan si kecil dengan memberikan mainan yang menghasilkan beragam suara.

Berikan mainan edukasi anak 1 tahun ini kepada si kecil agar mereka dapat mengenal nada, irama, serta suara beragam hewan dengan asyik dan menyenangkan. Cara penggunaannya pun cukup mudah, ajarkan anak menekan tombol pada mainan hanya untuk mulai menyalakan musik.

4. Mainan Montessori

Mainan Montessori
Image Source: Jakmall.com

Sama seperti mainan papan geometri, mainan Montessori ini juga dapat membantu tumbuh kembang otak serta kreativitas anak. Kamu bisa mengajarkan si kecil untuk mengenal warna dan bentuk dari setiap benda yang digenggamnya.

Mainan ini mengasah kemampuan anak untuk memecahkan masalah karena mereka akan diminta cara memasukkan balok dengan bentuk yang beragam ke dalam kotak.

5. Puzzle

Puzzle
Image Source: Jakmall.com

Bangun keterampilan kognitif dan motorik halus anak dengan memberikan mainan edukasi, seperti puzzle. Mainan jenis ini akan mengajarkan si kecil mengenai bentuk, susunan, dan warna.

Minta si kecil menyusun puzzle dan meletakkan ke bagian yang tepat, lalu tunjukkan serta jelaskan kepadanya terkait nama, bentuk, dan warna puzzle yang disusun.

Menyusun puzzle akan membangkitkan rasa penasaran dan gembira anak saat berhasil menyelesaikan misi. Permainan ini juga membantu anak menumbuhkan rasa ingin tahu, pantang menyerah, dan gigih.

Berikan mainan edukasi yang memang diperuntukkan untuk usia si kecil ya. Pastikan kamu selalu mendampingi anak saat bermain. Jangan lupa untuk selalu membersihkan mainan sebelum dipegang oleh anak, karena biasanya mereka akan memasukkan benda tersebut ke dalam mulut.

Hindari memberikan mainan berukuran kecil atau mudah terlepas ya, agar mereka tidak tersedak saat memainkan mainannya.

Selain beberapa rekomendasi di atas, kamu juga bisa menamukan aneka pilihan mainan anak lainnya, mulai dari action figure, mainan bayi, remot kontrol, dan banyak lainnya hanya di Jakmall.com.