Segudang Manfaat Essential Oil untuk Tubuh & Mental

Bagi kamu yang peka terhadap wewangian di suatu ruangan, beragam harum yang muncul dari orang yang berlalu lalang, atau mengingat kesan aroma dari momen tertentu. Maka kemungkinan besar kamu telah mencari tahu, atau bahkan telah mengoleksi beberapa essential oil.

Terbuat dari ekstraksi tumbuhan aromatik, essential oil tidak hanya memberikan aroma yang menyenangkan bagi siapa pun yang menghirupnya, tetapi juga menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Tersedia dalam berbagai varian aroma, essential oil populer karena digunakan untuk aneka keperluan. Umumnya, minyak ini digunakan sebagai aromaterapi untuk mengusir bau tak sedap serta membuat ruangan tetap wangi.

Namun, belakangan ini digunakan sebagai obat yang bisa melancarkan pencernaan, mengatasi insomnia, hingga meringankan gejala PMS.

Penasaran dengan berbagai manfaatnya? Kali ini, Jakmall.com telah merangkum segudang manfaat essential oil dan kenapa kamu harus menggunakannya!

Apa Itu Essential Oil?

Image Source: Freepik/freepik

Minyak esensial atau essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak tanaman tertentu. Minyak ini umumnya diambil dari bagian akar, daun, kayu, bunga, hingga biji tanaman yang diperas kemudian disuling.

Semua proses ini menghasilkan minyak murni dari tanaman tanpa kandungan asam lemak. Essential oil umumnya memiliki warna keemasan dengan tekstur kental serta punya wangi yang khas.

Namun, beberapa jenis minyak ini juga punya warna kehijauan tergantung dari tanaman yang digunakan. Selain itu, untuk menghasilkan satu tetes essential oil, dibutuhkan jumlah tumbuhan yang cukup banyak.

Jual Deerma Air Humidifier Ultrasonic Large Capacity 5L Touch -
Air Humidifier Deerma Air Humidifier Ultrasonic Large Capacity 5L Touch - F600 harga Rp 219.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Misalnya, untuk membuat 1 liter minyak lavender, diperlukan sekitar 150 kilogram bunga lavender. Tingkat konsentrasinya yang tinggi membuat essential oil tidak bisa langsung digunakan.

Kamu harus mencampurkannya dengan carrier oil atau minyak pelarut agar tidak menyebabkan iritasi saat dioleskan ke kulit. Kamu juga bisa menambahnya ke dalam humidifier untuk membuat ruangan menjadi harum.

Manfaat Essential Oil untuk Kesehatan

Image Source: Freepik/freepik

Essential oil tentunya menjadi populer bukan tanpa alasan. Terbukti karena segudang manfaat yang ditawarkan, essesntial oil kini menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan.

Berikut beberapa manfaat essential oil yang telah Jakmall rangkum secara khusus untuk kamu!

Jual CHENF Pure Essential Oils Fragrance Minyak Aromatherapy
Essential Oil CHENF Pure Essential Oils Fragrance Minyak Aromatherapy Diffusers 10ml - RH-17 harga Rp 5.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Image Source: Freepik/katemangostar

Manfaat essential oil yang pertama adalah melancarkan sistem pencernaan. Jenis minyak seperti peppermint memiliki kandungan senyawa L-Menthol serta antispasmodik yang berfungsi untuk menenangkan otot dan membantu mengeluarkan tumpukan gas penyebab sakit perut.

Selain itu, sifat antimikroba dan antiinflamasi-nya juga membuat essential oil telah lama digunakan untuk mengatasi kram perut, mual, dan diare. Untuk menggunakannya, teteskan sedikit pada tisu dan hirup aromanya dalam-dalam. Kamu juga bisa campurkan dengan carrier oil dan pijatkan pada area tubuh untuk meredakan ketegangan otot.

2. Mengurangi Stres

Image Source: Freepik/rawpixel.com

Jika kamu sedang merasa stres setelah beraktivitas seharian, menggunakan minyak lavender bisa jadi pilihan essential oil terbaik.

Pasalnya, menghirup varian minyak ini dapat mengurangi kadar hormon kortisol yang menyebabkan stres dan rasa cemas. Tak heran jika varian ini termasuk jenis aromaterapi yang paling populer.

Selain lavender, minyak melati juga dapat menenangkan sistem saraf tanpa menyebabkan kantuk sehingga cocok digunakan saat bersantai di akhir pekan.

Jual Taffware HUMI Water Soluble Essential Oils Aromatherapy 10
Essential Oil Taffware HUMI Water Soluble Essential Oils Aromatherapy 10 ml - TSLM2 harga Rp 5.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Untuk menggunakannya, kamu bisa tambahkan beberapa tetes ke dalam diffuser untuk menciptakan suasana yang menenangkan di rumah. Selain itu, kamu juga bisa campurkan beberapa tetes dengan carrier oil dan gunakan untuk pijat atau aplikasikan pada area kulit.

3. Mengatasi Insomnia

Image Source: Freepik/DCStudio

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan orang yang menggunakan essential oil sebagai solusi untuk mengatasi insomnia, bukan? Essential oil seperti lavender dapat membantu kamu tidur lebih cepat.

Aroma khas dari lavender dapat memengaruhi tubuh untuk rileks dan mengantuk. Chamomile juga dapat membantu meredakan stres, kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur. Pilihan lainnya adalah bergamot yang dapat membantu menyeimbangkan suasana hati dan meredakan stres, serta membantu menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur.

Menggunakannya dengan diffuser di kamar tidur tidak hanya membantu kamu tidur lebih cepat, tapi juga meningkatkan kualitas tidur sehingga kamu merasa lebih segar keesokan harinya.

4. Memperbaiki Mood

Image Source: Freepik/freepik

Manfaat essential oil lainnya adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan mood. Jika kamu merasa kurang bersemangat dan tidak fokus saat beraktivitas, aroma segar dari minyak lemon bisa membuat mood ceria kembali.

Beberapa penelitian juga menyebutkan jika minyak lemon dapat meningkatkan kemampuan kognitif, fokus, dan daya ingat sehingga kamu lebih produktif saat bekerja. Tak ada lagi kata bad mood dan keki kalau kamu beraktivitas ditemani aroma lemon!

Jual Taffware HUMI Pure Essential Oil Minyak Aromatherapy 6 in 1
Essential Oil Taffware HUMI Pure Essential Oil Minyak Aromatherapy 6 in 1 10ml - RHJY harga Rp 22.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kamu bisa teteskan beberapa essential oil pada diffuser selama sesi relaksasi, atau campurkan dengan carrier oil dan oleskan pada kulit.

5. Meringankan Gejala PMS

Image Source: Freepik/rawpixel.com

Para ladies pasti sudah paham dengan rasa nyeri, pegal, dan sakit serta perubahan mood yang datang tiba-tiba. Yap, betul, beberapa kondisi di atas merupakan Premenstrual Syndrome atau PMS yang selalu datang setiap bulan.

Bagi beberapa orang, kondisi ini menjadi sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain mengonsumsi obat, kamu bisa mengatasi kondisi ini dengan menggunakan essential oil seperti lavender.

Kamu bisa tambahkan beberapa tetes ke dalam diffuser untuk menciptakan ruangan dengan nuansa yang tenang, atau campurkan minyak lavender dengan carrier oil dan aplikasikan pada area perut atau leher untuk meredakan ketegangan.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu dapat merespons berbeda terhadap essential oil. Lakukan eksplorasi dan temukan essential oil untuk selera dan kebutuhan kamu!

Manfaat essential oil untuk kesehatan tubuh dan mental memang tak perlu diragukan lagi. Kini, kamu bisa mulai mencari essesntial oil yang cocok digunakan sehari-hari.

Jakmall menghadirkan berbagai rekomendasi essential oil dengan aroma menenangkan dan menyegarkan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan diffuser, pengharum ruangan, dan kebutuhan lainnya dengan penawaran harga dan promo terbaik!