7 Menu Buka Puasa Sehat, Murah, Bahan Mudah Didapat

Konsumsi menu buka puasa sehat dalam porsi yang wajar adalah kunci agar tubuh tetap bugar setelah berpuasa.

7 Menu Buka Puasa Sehat, Murah, Bahan Mudah Didapat
Image source: Freepik/freepik

Momen yang paling dinanti setelah menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam lamanya adalah waktu berbuka. Biasanya beberapa jam sebelum berbuka kamu pasti sudah berburu berbagai jenis makanan dan minuman yang akan disantap bukan?

Namun, apakah hidangan yang kamu pilih masuk dalam daftar menu buka puasa sehat yang baik untuk tubuh? Makanan mengandung tinggi lemak, gula, atau olahan yang digoreng sebenarnya kurang dianjurkan untuk langsung dikonsumsi saat buka puasa. Oleh karena itu, buka puasa dengan menu yang sehat lebih dianjurkan agar tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh.

Konsumsi makanan tinggi lemak dan minyak bukannya menjadikan tubuh segar, justru membuat badan terasa lesu. Terlebih berat badan bisa naik secara drastis namun dengan cara yang kurang sehat.

Daftar Menu Buka Puasa yang Sehat

Agar puasa yang dijalani memberikan efek baik bagi tubuh, kini kamu juga harus memikirkan jenis hidangan yang akan dikonsumsi saat buka puasa. Konsumsi menu sehat adalah kunci agar tubuh tetap bugar setelah berpuasa, dan berikut beberapa daftar menu buka puasa yang sehat dengan harga murah serta bisa kamu buat dengan mudah.

1. Kurma

Kurma
Image source: Freepik/azerbaijan_stockers

Salah satu makanan yang sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka adalah buah kurma. Alasan mengapa buah kurma cocok dijadikan menu buka puasa sehat adalah kandungan gula alami dan juga karbohidrat di dalamnya yang bisa memberikan energi pada tubuh setelah berpuasa seharian.

Serat tinggi pada kurma membantu pencernaan tetap sehat, dan juga membuatmu kenyang lebih lama sehingga mencegah keinginan makan berlebih ketika berbuka. Kamu bisa makan kurma dalam bentuk utuh atau menjadikannya minuman segar dengan cara dijus.

2. Air Putih

Air Putih
Image source: Freepik/freepik

Alih-alih minum teh manis atau es sirup saat buka puasa, minum air putih saat berbuka merupakan cara tepat agar tubuh terhidrasi dengan baik, terlebih tubuh telah kehilangan cairan selama kamu tidak makan dan minum seharian.

Air putih aman dikonsumsi karena tidak mengandung kalori, lemak, atau gula tambahan sehingga tidak meningkatkan asupan kalori. Minum air putih yang cukup juga bisa membantu mengontrol nafsu makan berlebih saat berbuka.

Kamu bisa menggunakan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, empat gelas di sela waktu berbuka hingga sahur, dan dua gelas saat sahur agar cairan tetap tercukupi.

One Two Cups Panci Kaca Glass Cooking Pot Tahan Panas 15cm - KC008 - Blue - JakartaNotebook.com
One Two Cups Panci Kaca Glass Cooking Pot Tahan Panas 15cm - KC008 termurah. Dapatkan dengan mudah One Two Cups Panci Kaca Glass Cooking Pot Tahan Panas 15cm - KC008 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Sayuran

Sayuran
Image source: Freepik/timolina

Mengonsumsi sayuran yang kaya serat bisa memperlancar pencernaan dan juga mengembalikan energi pada tubuh. Kamu bisa mengonsumsi sayuran segar seperti selada, mentimun, wortel, jagung rebus, paprika dalam bentuk olahan salad, atau mengolahnya menjadi pecel.

Namun, jika ingin makan sayur dengan cita rasa segar dan juga hangat, kamu bisa membuat sup sayuran sebagai alternatif. Tambahkan juga asupan protein ke dalam sup seperti daging ayam, ikan, cumi-cumi, atau bakso sapi sesuai selera.

4. Ikan

Ikan
Image sourc: Freepik/timolina

Ikan merupakan makanan rendah lemak yang baik dikonsumsi tidak hanya untuk berbuka tapi juga sahur. Mengandung sumber protein dan vitamin B, konsumsi ikan dalam bentuk olahan bakar, panggang, atau sayur bisa mengembalikan energi tubuh setelah menahan lapar selama beberapa jam.

5. Oatmeal

Oatmeal
Image source: Unsplash/Susan Wilkinson

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak bisa makan nasi sebagai hidangan berbuka, maka beralihlah ke oatmeal. Kaya akan karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi lebih lama, oatmeal juga mengandung serat larut yang baik untuk pencernaan dan menjaga kadar gula tetap stabil.

Kamu bisa memasak oatmeal dalam berbagai jenis varian mulai dari dimasak menggunakan susu atau air, menambah buah-buah segar, kacng-kacangan, atau rempah-rempah seperti kayu manis agar rasa dan aromanya lebih lezat.

6. Buah Segar

Buah Segar
Image source: Unsplash/Sunny Nguyen

Potongan buah segar seperti semangka, melon, anggur yang mengandung banyak air dan serat cocok kamu jadikan menu buka puasa sehat selanjutnya. Selain buah yang disebutkan sebelumnya, kamu bisa menambahkan jenis buah lain dengan cita rasa segar dan manis.

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengolah buah-buahan tersebut dalam menu lainnya seperti kolak, salad, sup buah, jus, hingga smoothie.

Zhiwuzhu Kompor Induksi Mini 9 Step Control Anti Slip 2100W - ZCL010 - White - JakartaNotebook.com
Zhiwuzhu Kompor Induksi Mini 9 Step Control Anti Slip 2100W - ZCL010 termurah. Dapatkan dengan mudah Zhiwuzhu Kompor Induksi Mini 9 Step Control Anti Slip 2100W - ZCL010 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Telur

Telur
Image source: Unsplash/Rasa Kasparaviciene

Menu buka puasa sehat yang mengandung protein cukup tinggi dan bisa dengan mudah kamu dapatkan adalah telur. Telur mengandung protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun kembali jaringan otot setelah berpuasa sepanjang hari.

Mengonsumsi telur saat berbuka akan membuat kamu kenyang lebih cepat. Namun, jangan mengonsumsi terlalu banyaknya ya, kamu cukup makan 1 hingga 2 butir telur per harinya mengingat kandungan kolesterol yang tinggi di dalam telur.

Itu dia beberapa menu buka puasa sehat yang murah dan mudah didapatkan yang bisa kamu konsumsi selama menjalani ibadah puasa. Pastikan kamu mengonsumsi menu-menu di atas dalam porsi yang wajar ya. Hindari makanan terlalu berlemak, berminyak, atau terlalu manis agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Agar kamu semakin semangat mengolah hidangan buka puasa yang sehat, jangan lupa untuk menyajikannya dengan cangkir, piring, atau teko yang cantik serta estetik. Kamu bisa mendapatkan segala perlengkapan tersebut dengan harga murah namun kualitas ok di JakartaNotebook.