5 Model Tenda Anak untuk Temani Waktu Liburan di Rumah

Saat ini kamu bisa menemukan aneka model tenda anak, mulai dari teepee, kastil, dome, playhouse, hingga play tunnel.

5 Model Tenda Anak untuk Temani Waktu Liburan di Rumah
Sumber: Orami

Liburan sekolah telah tiba! Musim liburan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak untuk melepaskan diri dari rutinitas belajar dan menikmati waktu luang dengan bersenang-senang.

Menikmati liburan sekolah tidak melulu harus di luar rumah. Apalagi kalau ternyata kamu belum memiliki waktu yang pas untuk mengajak si kecil ke tempat wisata. Namun, pastikan juga agar anak tetap happy saat berlibur di rumah, ya.

Salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat kamu lakukan untuk mengisi liburan anak di rumah adalah membuat tenda anak. Dengan membuatkan tenda, kamu secara tidak langsung dapat memberikan ruang pribadi yang aman dan menarik bagi mereka untuk bermain, belajar, dan mengembangkan kreativitas.

Model Tenda Anak Kecil yang Aman dan Menarik

Tenda anak sendiri tersedia dengan berbagai model dan ukruran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yuk, simak beberapa rekomendasi model tenda anak kecil yang dapat menemani aktivitas si kecil agar liburan di rumah semakin menyenangkan.

1. Tenda Teepee

Tenda Teepee
Sumber: Dekoruma

Tenda Teepee atau Tipi, juga dikenal sebagai tenda gaya Indian, memiliki bentuk kerucut dengan tongkat yang membentuk strukturnya. Tenda ini sering kali dihiasi dengan pola-pola yang menarik dan membuat anak-anak merasa seperti petualang sejati di dalamnya.

Ciri khas tenda teepee adalah bentuk kerucut dengan tiga sisi tertutup dan satu sisi depan terbuka. Tidak ketinggalan pula desain yang menarik dan penuh warna. Beberapa model tenda ini juga dilengkapi dengan aksesori tambahan seperti jendela kain, pintu masuk dengan gorden, atau aksesoris dekoratif lainnya.

2. Tenda Kastil

Tenda Kastil
Sumber: Ebay

Tenda kastil memiliki desain yang terinspirasi oleh kastil di cerita dongeng dengan atap kerucut atau kubah yang mengarah ke langit. Biasanya tenda ini hadir dengan warna dan pola yang menarik.

Beberapa tenda kastil dilengkapi dengan aksesori tambahan, seperti bendera yang bisa dikibarkan di menara, gorden yang dapat dibuka dan ditutup di jendela, atau aksesoris dekoratif lainnya. Seperti kastel sungguhan bukan?

Model tenda anak kecil ini adalah pilihan yang sempurna untuk anak-anak bermain peran, menjalankan petualangan, atau mengembangkan kreativitas mereka.

Dalam tenda kastil, anak-anak dapat berimajinasi sebagai pahlawan atau putri, mengatur istana mereka sendiri, atau menghidupkan kembali cerita-cerita dongeng favorit mereka.

3. Tenda Dome

Tenda Dome
Sumber: Pacific Play Tents

Model tenda anak berikutnya adalah tenda dome. Model tenda ini memiliki bentuk bulat atau setengah bola dengan atap yang melengkung ke bawah. Kerangka tenda biasanya terbuat dari bahan yang ringan, tetapi tetap kokoh sehingga dapat dibongkar pasang dengan mudah.

Tenda dome dapat digunakan di area indoor atau outdoor. Kain atau penutup tenda dome umumnya terbuat dari material tahan air dan tahan lama yang membuat waktu bermain anak tidak terganggu walaupun hujan turun saat digunakan di luar ruangan.

Beberapa model tenda ini juga dilengkapi dengan jendela atau ventilasi untuk menjaga sirkulasi udara yang baik di dalam tenda. Selain itu juga ada yang dilengkapi dengan pintu masuk dengan gorden yang dapat digulung atau diikat untuk memberikan privasi si kecil.

Tenda dome untuk anak tersedia dalam berbagai warna cerah dan desain yang menarik yang disukai anak-anak, sehingga menambah daya tarik visual dan membuat anak-anak semakin tertarik untuk bermain di dalam tenda.

4. Tenda Playhouse

Tenda Playhouse
Sumber: Amazon

Sesuai dengan namanya, model tenda playhouse memang didesain sebagai ruang bermain anak-anak. Bentuk tenda ini sangat bervariasi dan menarik, mulai dari rumah-rumahan lengkap dengan halaman, bangun kubus yang dihubungkan dengan lorong, dan masih banyak lagi.

Ukuran tenda playhouse ini pun bervariasi, mulai dari yang kecil dan tidak memakan banyak tempat, hingga yang luas dan membutuhkan ruang besar, tetapi dirancang dengan ukuran yang sesuai untuk anak-anak. Tenda satu ini cukup besar untuk memungkinkan beberapa anak bermain di dalamnya.

Selain dapat dipasang di area indoor atau outdoor, biasanya tenda playhouse juga dijadikan tempat penyimpanan bola kecil warna-warni dan mainan anak lainnya sehingga banyak anak yang senang berlama-lama di dalam tenda ini.

5. Tenda Play Tunnel

Tenda Play Tunnel
Sumber: Amazon

Tenda Play Tunnel merupakan model tenda anak kecil yang terhubung dengan terowongan atau saluran berbentuk tabung. Terdapat rute yang menarik untuk anak-anak merayap, menjelajahi, dan bermain dalam lingkungan yang terpisah.

Biasanya tenda ini juga dilengkapi dengan ruang untuk meletakkan bola kecil warna-warni. Tenda Play Tunnel sangat cocok untuk merangsang kegiatan fisik dan keterampilan motorik anak-anak.

Pilihlah tenda mini yang sesuai dengan preferensi anak agar ia merasa dihargai dan betah bermain di dalamnya. Jangan lupa juga untuk melibatkan anak saat membangun tenda agar kamu dapat memiliki quality time serta memperkuat bonding antara kamu dan si kecil.

Selamat berlibur!