Nama-Nama Alat Pancing dan Gambarnya, Lengkap!

Jangan sampai momen strike Anda terganggu karena alat pancing yang kurang tepat. Yuk, pelajari dulu nama-nama alat pancing beserta fungsinya ini.

Nama-Nama Alat Pancing dan Gambarnya, Lengkap!
Image Source: Freepik/Freepik

Memancing adalah salah satu aktivitas rekreasi yang populer di seluruh dunia. Selain hasil tangkapan yang bisa dinikmati, proses menunggu hingga strike juga sangat memuaskan untuk dilakukan atau dilihat.

Berencana untuk memancing tetapi bingung apa saja yang dibutuhkan? Itu tandanya kamu harus mempelajari nama alat pancing yang biasa digunakan. Tapi tidak perlu pusing karena kami akan membahas tentang nama alat pancing dan gambarnya di bawah ini.

Nama Alat Pancing dan Gambarnya

Untuk menjadi seorang pemancing handal, penting untuk mengetahui nama alat pancing yang digunakan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa alat pancing yang paling umum digunakan oleh pemancing.

1. Joran Pancing

joran pancing
Image Source: Jakmall

Joran pancing adalah salah satu alat pancing utama. Ini adalah tongkat panjang yang digunakan untuk melemparkan umpan ke air dan menggulung ikan yang ditangkap, sebut saja tongkat pancing.

Joran tersedia dalam berbagai panjang dan kekuatan, sesuai dengan jenis ikan yang ingin ditangkap. Biasanya, joran terbuat dari bahan ringan seperti fiberglass atau karbon untuk mengurangi kelelahan saat memancing.

2. Kail Pancing

kail pancing
Image Source: Jakmall

Kenapa ikan bisa tersangkut di senar? Itu karena mereka menggingit umpan yang dipasang pada kail pancing. Kail pancing berbentuk melengkung dengan ujung yang tajam.

Sebagai salah satu alat pancing yang menentukan hasil tangkapan, kail memiliki beragam jenis, seperti garong, cumi, double hook, dan weedles hook. Kamu bisa memilih kail yang sesuai dengan jenis tangkapan.

3. Senar Pancing

senar pancing
Image Source: Jakmall

Senar pancing adalah sebuah tali yang terhubung dengan joran dan kail. Senar ini juga memiliki berbagai jenis, seperti senar monofilamen dan senar pancing berkekuatan tinggi.

Ketebalan dan ketahanan senar pancing sangatlah penting, karena mereka harus mampu menahan tekanan saat menangkap ikan. Biasanya, produk senar pancing dibekali penyebutan ukuran nomor dan diameternya.

Jual XILGARI Lampu LED UV Anti Nyamuk Mosquito Killer Lamp
Alat Pembasmi Serangga XILGARI Lampu LED UV Anti Nyamuk Mosquito Killer Lamp 4000mAh - 375-A harga Rp 199.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Reel Pancing

reel pancing
Image Source: Jakmall

Pernah melihat orang yang sedang menggulung sebuah alat di bagian bawah joran pancing? Alat itu biasa disebut reel atau spinning joran. Reel adalah perangkat yang digunakan untuk menggulung senar pancing.

Ada berbagai jenis reel, seperti baitcasting reel dan spinning reel. Spinning reel cocok digunakan bagi pemula karena lebih mudah untuk melemparkan umpan dengan akurat.

5. Umpan Pancing

umpan pancing
Image Source: Jakmall

Bagaimana bisa ikan menggigit kail yang tajam? Hal ini karena adanya alat pancing yang disebut umpan. Umpan adalah barang yang digunakan untuk menarik perhatian ikan.

Ini bisa berupa umpan hidup seperti cacing atau umpan tiruan lure. Umpan tiruan sendiri memiliki berbagai jenis, seperti minnow, diving, popper, dan chugger. Pemilihan umpan tergantung pada jenis ikan dan kondisi area memancing.

Jual FLYMALL Topi Memancing Anti Matahari UV Fishing Hat - MH011
Topi FLYMALL Topi Memancing Anti Matahari UV Fishing Hat - MH011 harga Rp 35.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Stopper Pancing

stopper pancing
Image Source: Alibaba

Stopper atau pelampung adalah alat yang digunakan untuk mengendalikan kedalaman kail atau saat umpan dilepaskan. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kedalaman dengan area memancing dan perilaku ikan.

7. Swivel Pancing

swivel pancing
Image Source: Sahabat Mancing

Swivel adalah perangkat kecil yang menghubungkan senar pancing dengan kail. Fungsi utama dari swivel adalah untuk menjaga agar senar utama yang kita gunakan tidak kusut dan melintir dengan sendirinya.

Alat pancing yang juga biasa disebut snap ini baiknya digunakan terutama saat Anda berencana strike ikan berukuran besar. Selain itu juga swivel akan membuat rangkaian mata kail menjadi seimbang.

Jual TaffSPORT Ember Lipat Mancing Ikan Folding Model Rope -
Aksesoris Pancing Lainnya TaffSPORT Ember Lipat Mancing Ikan Folding Model Rope - WF126 harga Rp 32.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

8. Kursi Lipat Pancing

kursi lipat
Image Source: Jakmall

Selain alat-alat pancing utama, pemancing sering membawa perlengkapan tambahan seperti kursi lipat untuk kenyamanan saat menunggu umpan tergigit.

Karena spot memancing biasanya jauh, maka kursi lipat adalah pilihan tepat. Kamu tidak perlu kerepotan saat membawanya karena lebih ringkas. Beberapa kursi lipat bahkan dibekali fitur sandaran hingga saku.

Mengetahui nama alat pancing sangat penting untuk membantu Anda memilih alat yang sesuai dengan jenis tangkapan dan kondisi spot mancing. Selanjutnya jangan lupa untuk memilih alat pancing berkualitas seperti yang bisa Anda temukan di Jakmall.