8 Obat Mabuk Perjalanan yang Ampuh & Mudah Didapat

Obat mabuk perjalanan ini bisa meredakan pusing dan mual saat perjalanan. Semua obat ini dijamin ampuh dan mudah didapatkan di apotek!

8 Obat Mabuk Perjalanan yang Ampuh & Mudah Didapat
Image Source: Raising Children

Mabuk perjalanan jadi salah satu masalah dialami banyak orang saat traveling. Kondisi ini terjadi karena otak tidak bisa mengolah berbagai sinyal yang diterima oleh mata, telinga, dan tubuh.

Kondisi ini menyebabkan kita merasa pusing, kembung, dan mual selama berada di dalam kendaraan. Akibatnya tubuh akan melakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman, seperti mengeluarkan banyak keringat hingga muntah.

Jika tidak segera ditangani, kondisi ini tentu membuat perjalanan terasa tidak nyaman dan menyiksa. Namun tak perlu khawatir, karena semua gejala ini dapat ditangani dengan mengonsumsi obat mabuk perjalanan.

Obat Mabuk Perjalanan yang Ampuh & Mudah Didapat

Saat ini kamu bisa menemukan banyak pilihan obat mabuk perjalanan di apotek hingga minimarket. Berikut beberapa rekomendasi obat masuk perjalanan yang ampuh dan mudah didapat.

1. Antimo Tablet

Antimo Tablet
Image Source: Phapros

Jika berbicara tentang obat mabuk perjalanan Antimo Tablet tentu jadi pilihan pertama banyak orang. Obat ini memiliki kandungan dimenhydrinate 50 mg yang termasuk dalam golongan obat antihistamin.

Obat ini bekerja dengan menghambat produksi zat histamin yang dapat merangsang reaksi saraf pada bagian otak dan telinga. Inilah yang menyebabkan rasa pusing dan mual yang dirasakan saat perjalanan hilang.

Antimo Tablet dapat dikonsumsi oleh anak-anak di atas usia 12 tahun hingga orang dewasa. Kamu bisa meminum obat ini 30 menit hingga 1 jam sebelum perjalanan. Adapun dosis yang dianjurkan adalah:

  • Anak-anak di atas 12 tahun: ½ tablet, ulangi setiap 4 jam dan tidak lebih dari 3 tablet.
  • Orang dewasa: 1 tablet, ulangi setiap 4 jam dan tidak lebih dari 8 tablet.

2. Dramamine 50 mg

Dramamine 50 mg
Image Source:

Rekomendasi obat mabuk perjalanan yang bisa kamu bawa selanjutnya adalah Dramamine 50 mg. Konsumsi obat ini dapat meredakan aneka gejala mabuk perjalanan, seperti pusing, mual, dan muntah.

Masih termasuk obat antihistamin, Dramamine 50 mg menghambat kinerja saraf pada otak dan telinga yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. Meski termasuk produk yang ampuh, sayangnya obat mabuk perjalanan ini tidak dijual secara bebas sehingga kamu perlu resep dokter untuk mendapatkannya.

Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi Dramamine 50 mg 30 menit sebelum perjalanan dengan dosis:

  • Anak 6-8 tahun: ¼-½ tablet, 2-3 kali sehari.
  • Anak 8-12 tahun: ½-1 tablet. 2-3 kali sehari.
  • Anak di atas 12 tahun: 1 tablet, 2-3 kali sehari. 
  • Dewasa: 1-2 tablet 3-4 kali sehari. 
Jual TaffSPORT Bantal Angin Inflatable PVC Neck Pillow High Rest
Perlengkapan Travel Lainnya TaffSPORT Bantal Angin Inflatable PVC Neck Pillow High Rest - H0T019 harga Rp 9.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Tolak Angin

Tolak Angin
Image Source: Sidomuncul

Selain menggunakan obat kimia, bahan-bahan herbal juga bisa jadi obat mabuk perjalanan yang ampuh, seperti Tolak Angin. Termasuk dalam golongan jamu, Tolak Angin terbuat dari ekstrak tumbuhan herbal, seperti jahe, madu, buah adas, temulawak, kayu ules, cengkeh, dan mint.

Kombinasi berbagai bahan ini menghasilkan sirup dengan rasa yang dingin dan dapat meredakan berbagai gejala mabuk. Kandungan jahe pada Tolak Angin juga efektif mengatasi rasa mual dan tidak nyaman pada perut selama perjalanan.

Hadir dalam kemasan saset yang mudah dibawa, kamu bisa mengonsumsi 1 saset Tolak Angin sebelum perjalanan. Minum 1-3 saset jika kamu sudah merasakan gejala mabuk yang parah.

4. Anvomer B6

Anvomer B6
Image Source: DexaMedica

Jika kamu sering mengalami mual hebat saat perjalanan, Anvomer B6 bisa jadi pilihan obat mabuk perjalanan yang tepat. Memiliki kandungan pyrathiazine chlorotheophylline dan vitamin B6, obat ini bekerja khusus untuk mengatasi rasa mual akibat mabuk perjalanan, tindakan operasi, hingga kehamilan.

Selain dapat meredakan mual, Anvomer B6 juga berfungsi untuk menangani anemia pada kondisi tertentu karena dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Kandungan khusus yang digunakan membuat obat ini tidak dijual secara bebas. Maka pastikan kamu memiliki resep dokter sebelum membeli Anvomer B6. Adapun dosis yang dianjurkan adalah:

  • Anak 6-8 tahun: ¼ tablet.
  • Dewasa: ½ tablet.

Minum obat 1 jam sebelum perjalanan untuk mencegah gejala mabuk dan ulang konsumsi jika diperlukan

5. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih
Image Source: Cap Lang

Minyak kayu putih bisa jadi pilihan obat mabuk perjalanan non-oral yang bisa dipilih. Essential oil ini terbuat dari ekstrak daun kayu putih yang disuling hingga menghasilkan minyak yang kaya manfaat.

Minyak kayu putih banyak disukai karena menghasilkan sensasi hangat saat dioleskan pada kulit. Selain itu, aromanya yang khas juga dapat meredakan gejala mabuk, seperti pusing dan mual selama perjalanan.

Cara menggunakan minyak kayu putih sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak pada perut, dada, dan pelipis. Menghirup wangi essential oil ini juga efektif untuk mengurangi rasa pusing.

6. Primperan 10 mg

Primperan 10 mg
Image Source: Sanofi Aventis

Primperan 10 mg bisa jadi pilihan obat mabuk perjalanan jika kamu mudah mual saat bepergian. Menggunakan bahan aktif Metoclopramide, obat ini bekerja dengan meningkatkan gerakan lambung sehingga makanan dapat diproses dengan cepat.

Obat ini biasanya diberikan untuk mengatasi mual karena mabuk perjalanan, kehamilan, pasca operasi, hingga kemoterapi. Kandungannya yang kuat membuat Primperan 10 mg termasuk dalam golongan obat keras dan harus menggunakan resep dokter.

Konsumsi obat dalam keadaan perut kosong atau 30 menit sebelum makan dengan dosis:

  • Anak 5-15 tahun: Sesuai anjuran dokter.
  • Dewasa: 10 mg, 3 kali sehari.
Jual Cassiey Tas Kosmetik Sabun Toiletry Travel Bag Organizer
Perlengkapan Kamar Mandi Cassiey Tas Kosmetik Sabun Toiletry Travel Bag Organizer 210x170x80mm - VER.2 harga Rp 16.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

7. Antimo Anak

Antimo Anak
Image Source: Phapros

Jika ingin bepergian dengan nyaman bersama si kecil, ada baiknya kamu menyediakan Antimo Anak. Obat mabuk perjalanan ini hadir dalam bentuk sirup sehingga lebih mudah dikonsumsi anak-anak.

Kandungan dimenhydrinate 12.5 mg dapat mengatasi masalah mual dan pusing yang dirasakan si kecil. Saat mengonsumsi obat ini, tubuh akan merasa rileks sehingga anak bisa beristirahat selama perjalanan.

Tersedia dalam 2 pilihan rasa, yakni stroberi dan jeruk yang bisa dipilih sesuai selera si kecil.

8. Herbavomitz Tablet 

Herbavomitz Tablet
Image Source: DexaMedica

Herbavomitz Tablet bisa jadi rekomendasi obat mabuk perjalan terakhir yang wajib kamu bawa. Menggunakan jahe emprit sebagai bahan utama, obat herbal ini dapat meredakan gejala mabuk perjalanan seperti mual.

Senyawa Avominol yang dimiliki dapat mempercepat proses pengosongan lambung dan usus sehingga perut terasa lebih nyaman. Kini kamu tidak akan merasa mual atau kembung yang mengganggu selama perjalanan.

Kamu bisa mengonsumsi Herbavomitz Tablet sebanyak 1-3 tablet sehari hingga gejala yang dirasakan menghilang.

Mengonsumsi obat mabuk kendaraan bisa membuat waktu traveling kamu lebih tenang dan menyenangkan. Pastikan kamu mengikuti anjuran dosis dan waktu konsumsi yang tercantum agar obat dapat bekerja dengan maksimal.

Buat waktu traveling makin nyaman dengan aneka perlengkapan traveling, mulai dari bantal leher, travel bag, hingga kasur angin berkualitas yang bisa kamu dapatkan hanya di Jakmall.


Sumber:

Cleveland Clinic. Motion Sickness. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12782-motion-sickness 

NIH. Motion Sickness. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK539706/ 

WebMD. Why Do I Get Motion Sickness?. https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/motion-sickness 

MedlinePlus. Dimenhydrinate. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a607046.html