7 Obat Meriang Alami yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

Sedang meriang dan ingin mengobatinya menggunakan obat yang mudah dicari dan alami? Simak rekomendasi obat meriang alami berikut ini yuk!

7 Obat Meriang Alami yang Ampuh dan Mudah Ditemukan
Image Source: Pexels/Pavel Danilyuk

Meriang adalah kondisi yang sering kita alami ketika tubuh mulai merasa tidak enak, kedinginan, dan lemas. Saat menghadapi meriang, banyak orang mencari cara untuk meredakannya tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia. Salah satu solusi yang banyak dicari adalah obat meriang alami yang dapat membantu tubuh kembali pulih dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Menggunakan obat meriang alami tidak hanya efektif, tetapi juga aman bagi tubuh karena terbuat dari bahan-bahan herbal dan alami. Bahan-bahan ini sering kali mengandung nutrisi penting dan senyawa yang mampu menghangatkan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan, dan membantu meredakan gejala meriang dengan cepat. Selain itu, banyak dari bahan alami ini yang sudah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional.

Dalam artikel ini, Jakmall akan membahas 7 obat meriang alami yang ampuh dan mudah ditemukan di rumah atau pasar terdekat.

Obat Meriang Alami yang Mudah Ditemukan

Dengan mengetahui bahan-bahan ini, kamu bisa lebih siap mengatasi meriang kapan pun itu datang, tanpa perlu khawatir akan efek samping yang mungkin timbul dari obat-obatan kimia.

1. Jahe

Jahe
Image Source: Pexels/Pixabay

Obat meriang alami yang pertama adalah jahe. Jahe ampuh untuk mengobati meriang karena mengandung senyawa aktif seperti gingerol yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini membantu menghangatkan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meredakan peradangan, yang dapat meringankan gejala meriang.

Selain itu, jahe juga memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan virus, jamur, dan bakteri serta bisa meredakan mual dan sakit kepala yang sering menyertai meriang. Cara mengkonsumsinya adalah dengan membuatnya menjadi minuman jahe yang hangat seperti wedang jahe.

2. Kunyit

Kunyit
Image Source: Pexels/Karl Solano

Kunyit ampuh untuk mengobati meriang karena mengandung senyawa kurkumin, yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Kurkumin membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan, yang penting dalam melawan gejala meriang.

Dan juga memiliki efek menghangatkan tubuh dan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kedinginan yang sering muncul saat meriang. Minum air kunyit atau mencampurnya dalam susu hangat adalah cara alami yang efektif untuk meredakan meriang.

3. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Source: Pexels/Cats Coming

Selanjutnya ada bawang putih yang mengandung allicin, senyawa sulfur yang memiliki sifat antimikroba, antivirus, dan antioksidan kuat. Allicin membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih efektif melawan infeksi yang dapat menyebabkan meriang.

Jual HAISUNNY Tas Medis Obat P3K First Aid Kit Medical Bag -
Tas Selempang & Pinggang HAISUNNY Tas Medis Obat P3K First Aid Kit Medical Bag - D1050 harga Rp 42.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Sifat anti-inflamasi pada bawang putih juga bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu tubuh pulih lebih cepat dari meriang. Cara mengonsumsi bawang putih adalah dengan dimakan mentah atau menambahkannya dalam masakan jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa bawang putih yang kuat.

4. Madu

Madu
Image Source: Pexels/Pixabay

Jika rekomendasi sebelumnya tidak semua orang suka, obat alami yang satu ini pasti kamu menyukainya karena rasanya yang manis. Madu ternyata bisa meredakan mering loh! Ini karena madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Madu juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Jika kamu sakit tenggorokan juga, madu akan memberikan efek menenangkan pada tenggorokan dan dapat meredakan batuk atau rasa tidak nyaman yang sering menyertai meriang.

Cara mengonsumsinya adalah dengan menelan satu sendok makan madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh hangat.

5. Air Kelapa

Air Kelapa
Image Source: Pexels/Craig Adderley

Air kelapa ternyata juga merupakan obat alami meriang yang ampuh. Ini karena air kelapa mengandung elektrolit alami seperti kalium, natrium, dan magnesium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

Jual TaffOmicron Thermogun Thermometer Tembak Suhu Badan
Alat Medis TaffOmicron Thermogun Thermometer Tembak Suhu Badan Infrared - AD801 harga Rp 31.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Saat meriang, tubuh sering kehilangan cairan dan elektrolit, sehingga air kelapa dapat membantu menghidrasi dan menggantikan kekurangan tersebut. Selain itu, air kelapa juga mengandung gula alami yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh kamu.

6. Kaldu Tulang

Kaldu Tulang
Image Source: Pexels/jenvit keiwalinsarid

Kaldu tulang ampuh untuk mengobati meriang karena kaya akan nutrisi penting seperti kolagen, gelatin, mineral, dan asam amino yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Kolagen dan gelatin dalam kaldu tulang membantu memperbaiki jaringan dan mengurangi peradangan, sementara mineral seperti magnesium dan kalsium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan hidrasi tubuh.

Kaldu tulang juga memberikan kehangatan dan kenyamanan, yang dapat membantu meredakan gejala meriang seperti kedinginan dan lemas. Kamu bisa menggunakan tulang sapi atau ayam untuk mendapatkan kaldu yang lezat.

7. Buah-Buahan

Buah-Buahan
Image Source: Pexels/Karolina Kaboompics

Mengonsumsi buah-buahan juga bisa membantu kamu untuk mengobari meriang. Buah-buahan yang dikonsumsi dan ampuh adalah buah yang menfandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, dan kiwi.

Buah-buahan mengandung air yang tinggi, membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang penting saat mengalami meriang. Antioksidan dalam buah-buahan juga membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat penyakit. Penyajiannya disarankan secara langsung atau tidak diolah menjadi jus yang ditambahkan gula.

Ternyata ada cukup banyak obat meriang alami yang bisa kamu temukan dengan mudah, ya? Kamu hanya perlu memilihnya saja sesuai dengan obat yang mampu kamu konsumsi.