9 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dimiliki

Kelahiran sang buah hati adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang tua. Agar saat sang bayi sudah lahir mendapatkan perawatan yang maksimal, ada banyak perlengkapan bayi yang harus sudah disiapkan sebelum sang bayi lahir.

Bayi yang baru lahir tentu saja memiliki banyak perlengkapan yang mereka butuhkan, untuk itu sangat penting menyiapkan perlengkapan bayi dari jauh hari sebelum kelahiran sang bayi. Kamu bisa menyiapkannya dengan membeli satu persatu sehingga lebih meringankan pengeluaran.

Namun, sebenarnya apa saja sih perlengkapan bayi baru lahir yang sangat diperlukan dan harus ada? Jika kamu belum mengetahuinya yuk simak artikel di bawah ini!

Jangan Sampai Salah! Ini Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Ada

Ketika membeli perlengkapan bayi, pastikan kamu membeli barang-barang yang memang dibutuhkan oleh bayi baru lahir. Jangan sampai yang kamu beli adalah perlengkapan yang tidak bisa atau malah tidak terlalu berguna untuk bayi yang baru lahir.

Biar tidak salah, berikut adalah 9 perlengkapan bayi baru lahir yang bisa kamu beli!

1. Pakaian

Image Source: Pexels/Amina Filkins

Perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari adalah pakaiaan bayi. Kamu bisa membeli pakaian bayi setelah mengetahui jenis kelaminnya sehingga model dan warnanya bisa disesuaikan sesuai dengan jenis kelaminnya.

Pastikan untuk memilih pakaian bayi yang praktis dan tentunya membuat sang bayi tetap nyaman dengan mempertimbangkan bahan yang digunakan. Pastikan untuk membeli pakaian bayi yang bahannya halus sehingga tidak menyebabkan iritasi.

2. Popok

Image Source: Pexels/William Fortunato

Popok merupakan perlengkapan dasar untuk bayi yang baru lahir. Biasanya bayi yang baru lahir butuh mengganti popok sebanyak 10-12 kali sehari. Popok bayi terdiri dari dua jenis, popok bayi sekali pakai dan popok kain yang bisa dicuci.

Sebaiknya menggunakan popok kain jika sedang rumah, karena menggunakan popok sekali pakai akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang masih sensitif.

3. Alat Mandi

Image Source: Pexels/RDNE Stock project

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif, untuk itu penting untuk memilih perlengkapan mandi khusus untuk bayi mulai dari sabun atau shampoo yang biasanya dibuat aman untuk bayi. Handuk yang digunakan juga khusus bayi karena dibuat lebih halus.

Untuk memudahkan memandikan bayi, kamu tentunya membutuhkan bak mandi bayi, pilih dengan ukuran yang cukup dan memang didesain untuk bayi.

4. Gendongan

Image Source: Pexels/RDNE Stock project

Kenyamanan bayi harus dimaksimalkan di dalam rumah atau di luar rumah agar ia tidak rewel. Saat keluar rumah, dianjurkan menggunakan gendongan bayi untuk memudahkan sang ibu membawanya dan juga membuatnya lebih nyaman.

Saat memilih gendongan bayi, pastikan untuk memilih bahan dan struktur yang nyaman untuk ibu dan sang bayi.

5. Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Image Source: Pexels/Andreas Resch

Bayi baru lahir memiliki sistem pengaturan suhu tubuh yang belum sempurna. Sarung tangan dan kaos kaki bayi membantu menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat, terutama pada bagian ekstremitas seperti tangan dan kaki yang cenderung lebih cepat dingin.

Sarung tangan melindungi kulit bayi dari goresan yang bisa terjadi akibat kuku bayi yang mungkin tajam. Kaus kaki melindungi kaki bayi dari kontak langsung dengan permukaan yang kasar atau dingin.

6. Selimut

Image Source: Pexels/Bruno Cervera

Untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap udara dingin bayi membutuhkan selimut yang lembut dan nyaman. elimut yang lembut dan hangat memberikan kenyamanan bagi bayi saat tidur atau saat digendong

7. Kelambu

Image Source: Ubuy

Bayi baru lahir memang membutuhkan banyak perlindungan salah satunya adalah dari nyamuk atau serangga kecil. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan kelambu yang dipasang di kasur bayi atau sekitar bayi.

8. Tempat Tidur Bayi

Image Source: Pexels/Karolina Kaboompics

Agar bayi dapat tidur dengan nyaman dan aman, siapkan tempat tidur khusus untuk bayi di rumahmu. Tempat tidur bayi biasanya dilengkapi dengan kasur empuk dan lembut serta pagar tinggi untuk memberikan perlindungan maksimal.

Tempat tidur bayi membantu mengatur ruang tidur bayi secara terpisah dari orang dewasa, yang dapat membantu bayi untuk fokus pada waktu tidur mereka tanpa gangguan.

9. Alat Sedot Ingus

Image Source: TodayParent

Bayi baru lahir sering kali memiliki saluran pernapasan yang kecil dan rentan terhadap sumbatan, terutama karena lendir. Jika hidung tersumbat, bayi akan kesulitan untuk bernafas atau merasa tidak nyaman.

Karena mereka belum bisa membersihkannya sendiri maka sangat penting untuk menyiapkan alat sedot ingus atau nasal aspirator.

Menjadi orang tua bayi baru adalah pengalaman yang membawa banyak kebahagiaan dan tantangan. Persiapan sebelum kedatangan bayi sangatlah penting, terutama dalam memilih perlengkapan bayi yang akan mendukung kebutuhan mereka secara optimal.

Berbagai perlengkapan bayi bisa kamu dapatkan di Jakmall dengan harga yang tentunya terjangkau!