5 Rekomendasi Mainan Anak Viral, Seru dan Banyak Manfaat!

Optimalkan tumbuh kembang buah hati dengan mainan anak viral yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga edukatif!

5 Rekomendasi Mainan Anak Viral, Seru dan Banyak Manfaat!
Image Source: Freepik/freepik

Bermain memang menjadi tugas utama anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selain itu, dengan bermain anak-anak dapat bersenang-senang sekaligus belajar keterampilan kognitif dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan kreativitas.

Permainan yang dibuat untuk anak-anak umumnya melibatkan teka-teki atau konstruksi, sehingga mengembangkan kemampuan berpikir secara logis dan abstrak. Selain itu, bermain dapat mengalihkan perhatian anak dari gadget dan memungkinkan mereka belajar berinteraksi dengan orang lain.

Dengan bermain, anak-anak juga akan belajar tentang berbagi, bekerja sama, bergiliran, dan menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi. Langkah ini membantu anak-anak mengembangkan empati dan memahami perasaan orang lain.

Namun, apakah kamu tahu mainan apa yang sedang viral dan memiliki segudang manfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak? Jakmall punya rekomendasi mainan anak yang saat ini sedang viral.

Simak artikel ini sampai habis untuk memberikan hadiah mainan terbaik untuk buah hati tersayang!

Rekomendasi Mainan Anak Viral

Rekomendasi Mainan Anak Viral
Image Source: Freepik/freepik

Tahu banget deh, kalau sebagai orang tua pasti ingin memberikan segala hal terbaik untuk buah hati, dan ini tidak terlepas dalam menentukan mainan apa saja yang dapat menemani mereka untuk tumbuh.

Terlebih di era perkembangan teknologi ini, ada banyak sekali pilihan mainan anak viral yang tidak hanya menyenangkan dan menarik, tetapi juga edukatif.

1. Pop it Fidget Toys

Mainan Anak Viral: Pop it Fidget Toys

Image Source: Jakmall

Temukan di sini!

Mainan yang sebenarnya telah viral sejak tahun lalu ini masih saja memiliki banyak peminat. Hadir dengan bentuk sederhana dengan banyak pilihan pola dan memiliki warna yang cerah, mainan ini terbuat dari bahan silikon tebal, tetapi tetap ringan sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir jika anak tidak sengaja menjatuhkannya dan terbentur permukaan keras.

Mainan ini membantu anak-anak mengalihkan perhatian dari rasa cemas dan stres. Selain itu, bermain dengan pop it fidget toys dapat membantu anak yang kesulitan untuk fokus, seperti anak-anak dengan ADHD. Pop it fidget toys menjadi permainan yang menyenangkan karena sensasinya sama dengan meletuskan bubble wrap.

Menekan gelembung-gelembung kecil memerlukan koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik halus, yang penting untuk perkembangan anak-anak. Namun, penggunaan bubble wrap sungguhan tentunya berbahaya untuk anak-anak karena mereka cenderung memasukkan benda-benda ke dalam mulut, dan potongan kecil dari bubble wrap dapat tertelan dan menyebabkan bahaya tersedak.

Kamu tidak perlu khawatir dengan mainan yang satu ini. Pop it fidget toys umumnya memiliki ukuran yang cukup besar, dan tahan lama karena dapat dengan mudah dibersihkan. Ini juga menjadi nilai tambah karena dapat menghindari pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

2. Pop it Elektrik

Mainan Anak Viral: Pop it Elektrik

Image Source: Jakmall

Temukan di sini!

Sama seperti pop it fidget toys di atas, mainan ini juga memberikan sensasi seperti meletuskan bubble wrap. Namun, pop it elektrik ini menggunakan tenaga baterai.

Meskipun terkesan sederhana, permainan pop it elektrik dapat menjadi solusi dalam mengurangi paparan gadget lewat serangkaian permainan dan mode yang dimiliki. Cara memainkannya pun cukup mudah, kamu cukup menekan tombol yang menyala secara cepat.

Umumnya, pop it elektrik memiliki empat mode berbeda yang dapat dimainkan secara seru dan menyenangkan. Keempat mode tersebut terdiri dari break-out, memory, scoring, dan multi person.

Sehingga tidak hanya memberikan hiburan semata, tetapi permainan ini juga melatih kemampuan responsif, otot-otot kecil di tangan dan jari yang penting untuk kegiatan seperti menulis, menggambar, dan mengikat tali sepatu.

Selain itu, aktivitas berulang yang diberikan pop it elektrik ini dapat memberikan efek menenangkan dan membantu anak-anak meredakan stres atau kecemasan, serta memerlukan perhatian karena setiap menekan tombol pada mainan dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

3. Talking Toy Boneka Peniru Suara

Mainan Anak Viral: Boneka Peniru Suara

Image Source: Jakmall

Temukan di sini!

Sempat viral beberapa tahun lalu dan masih banyak diminati oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu serta menggemaskan. Mungkin wujud yang paling umum kamu ketahui adalah berbentuk kaktus. Namun, saat ini boneka peniru suara hadir dengan berbagai bentuk dan jenis.

Mainan peniru suara ini dapat membantu anak belajar kata-kata baru dengan ikut melafalkannya secara berulang, dan memahami cara penggunaan dalam kalimat yang tepat.

Selain itu, terus mendengarkan dan meniru suara dapat membuat membantu daya ingat meningkatkan penguasaan kosakata dalam berbicara. Mengoperasikan mainan ini (misalnya menekan tombol untuk mendengar suara) juga dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus anak, dan mereka memahami konsep sebab-akibat.

4. Pistol Gelembung

Mainan Anak Viral: Pistol Gelembung

Image Source: Jakmall

Temukan di sini!

Anak-anak tentunya paling senang bermain dengan gelembung. Gelembung yang memiliki bentuk bulat transparan, dan sering kali menampilkan warna-warna pelangi menarik saat terkena cahaya ini tentu sangat indah untuk diamati, sehingga menarik perhatian anak-anak.

Penggunaannya yang mudah yaitu dengan tekan pelatuk untuk mulai menghasilkan gelembung, dan menyenangkan jika dimainkan dengan banyak orang tentu menjadi kegiatan yang meriah.

Gelembung yang bergerak dengan cara yang tidak terduga mengikuti arah angin, dapat melayang perlahan atau terbang tinggi. Gerakan yang dinamis ini menambah elemen kejutan dan kegembiraan dalam bermain.

Permainan gelembung ini dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan keterampilan motorik halus. Selain itu, gelembung dapat merangsang penglihatan dengan warna dan gerakannya, serta merangsang perasaan saat gelembung meletus di kulit anak-anak.

Bermain dengan gelembung juga dapat menjadi kesempatan untuk mengajarkan anak-anak tentang sains dasar, seperti mengapa gelembung bulat, apa yang membuat gelembung terbang, dan apa yang menyebabkan gelembung pecah.

5. Aquabeads

Mainan Anak Viral: Aquabeads

Image Source: Jakmall

Temukan di sini!

Mainan yang membutuhkan kinerja dalam rakit merakit ini dapat membantu meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi anak. Merakit mainan tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama karena masing-masing beads atau manik-manik dapat menempel satu sama lain menggunakan magic mold, sehingga dapat menciptakan sebuah bentuk karya yang menarik.

Aquabeads dapat disusun menjadi bentuk favorit yang diinginkan, seperti karakter unik, boneka, makanan, dan lainnya. Selain itu, aquabeads dapat dijadikan gantungan kunci, pajangan, mainan, atau hadiah yang dapat diberikan ke teman.

Aktivitas menyusun manik-manik kecil membantu anak-anak mengembangkan koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik halus. Ini penting untuk tugas-tugas sehari-hari seperti menulis, mengancingkan baju, dan makan dengan sendok dan garpu.

Membuat desain dengan aquabeads membutuhkan waktu, ketelitian, dan kesabaran. Anak akan belajar untuk berkonsentrasi pada tugas tertentu hingga selesai. Ini merupakan keterampilan penting untuk tumbuh dan berkembang.

Mainan anak-anak yang sedang viral tentu terkenal dan banyak diminati bukan tanpa alasan. Ragamnya yang banyak dan menawarkan berbagai manfaat untuk tumbuh kembang anak menjadi alasan utama.

Dari setiap mainan viral yang edukatif dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda. Pastikan kamu sebagai orang tua memilih mainan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendukung keterampilan anak.

Jakmall punya pilihan rekomendasi perlengkapan mainan dan video games seperti mainan kendaraan, hingga playstation. Tunggu apa lagi? Segera penuhi kebutuhan kamu di Jakmall, sekarang juga!