12 Isi Seserahan Pernikahan, Beda dengan Lamaran!

Simak selengkapnya di sini dan intip inspirasi seserahan pernikahan untuk memastikan janji suci berjalan dengan khidmat!

12 Isi Seserahan Pernikahan, Beda dengan Lamaran!
Image Source: Freepik/freepic.diller

Menjadi acara sakral yang menyatukan dua individu untuk mengukir janji sehidup semati, pernikahan terdiri dari berbagai rangkaian acara, dan salah satunya adalah seserahan.

Seserahan merupakan hadiah yang diberikan oleh pihak pengantin pria kepada pihak pengantin wanita sebagai simbol tanggung jawab dan kesanggupan laki-laki dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Untuk itu, seserahan biasanya diisi oleh kebutuhan pengantin perempuan, dan memiliki makna untuk kesejahteraan kedua calon mempelai.

Meskipun seserahan dalam pernikahan dan lamaran memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memperkuat ikatan dan persatuan, tetapi ada beberapa perbedaan penting antara keduanya.

Jakmall telah merangkum isi seserahan yang bisa membantu kamu dalam mempersiapkan pernikahan. Namun, sebelum lanjut ke referensi isi seserahan, mari kita pahami perbedaan seserahan pernikahan dan lamaran untuk memastikan janji suci kamu berjalan dengan khidmat!

Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan
Image Source: Freepik/freepic.diller

Meskipun seserahan dalam acara pertunangan dan pernikahan merupakan kegiatan yang sama-sama memberikan hadiah, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan dari segi makna, jenis, dan waktu. Perbedaan yang dapat kamu lihat dalam seserahan lamaran dan pernikahan bisa Anda lihat di bawah ini:

Jual MOONBIFFY Vas Bunga Kaca Bening Nordic Bottle Vases Flower
Furniture MOONBIFFY Vas Bunga Kaca Bening Nordic Bottle Vases Flower Pot - MBF-15 harga Rp 10.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

1. Nilai dan Makna

Seserahan pernikahan mencerminkan simbol kehidupan bersama, perawatan, keindahan, dan persatuan keluarga. Sedangkan seserahan lamaran lebih fokus pada simbol keseriusan, niat baik, dan keberlangsungan hubungan pernikahan.

2. Jenis

Jenis hadiah seserahan pernikahan cenderung fungsional dan untuk kebutuhan setelah menikah. Sedangkan seserahan lamaran umumnya lebih sederhana dan terfokus pada simbol niat baik dan persatuan.

Selain itu, seserahan pernikahan umumnya memiliki nilai material yang lebih tinggi. Hal ini karena seserahan pernikahan terdiri dari kebutuhan pribadi pengantin wanita hingga berbagai peralatan rumah tangga yang diperlukan.

3. Waktu

Pemberian seserahan pernikahan biasanya diberikan menjelang atau saat hari pernikahan. Sedangkan seserahan lamaran diberikan saat proses calon pengantin pria mengajukan permohonan untuk meminang calon pengantin wanita.

Inspirasi Isi Seserahan Pernikahan

Inspirasi Isi Seserahan Pernikahan
Image Source: Freepik/freepik

Seserahan menjadi tradisi pernikahan yang sudah dikenal sejak Romawi Kuno dan memiliki ciri khas di berbagai negara. Dalam budaya Indonesia, seserahan pernikahan umumnya terdiri dari berbagai macam barang yang memiliki makna dan simbol tertentu. Berikut adalah beberapa inspirasi seserahan pernikahan!

Jual Ecoco Rak Gantung Botol Bumbu Dapur Spice Bottle Storage
Furniture Ecoco Rak Gantung Botol Bumbu Dapur Spice Bottle Storage Rack - E2006/E2007 harga Rp 116.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

1. Alat Ibadah

Jika ingin seserahan pernikahan yang bermakna dan fungsional, maka alat ibadah merupakan pilihan tepat. Rekomendasi alat ibadah, meliputi pakaian ibadah, alat penunjang ibadah, kitab suci, hingga dekorasi keagamaan.

2. Perhiasan

Perhiasan perhiasan, seperti cincin, gelang, atau kalung, sering menjadi bagian dari seserahan pernikahan. Perhiasan ini melambangkan keindahan, keabadian, serta menjadi simbol janji dan ikatan yang kuat antara pasangan.

3. Perabotan Rumah Tangga

Berikanlah perabotan rumah tangga yang fungsional, seperti rak buku, rak sepatu, atau kotak penyimpanan. Pasangan dapat menggunakan perabotan ini untuk mengatur dan menyimpan barang-barang mereka dengan rapi.

4. Perlengkapan Mandi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, seserahan pernikahan terdiri dari kebutuhan setelah menikah. Perlengkapan mandi menjadi isi seserahan karena mandi merupakan kegiatan sehari-hari yang tidak dapat dilupakan.

Pemberian ini melambangkan perhatian dan kepedulian calon mempelai pria terhadap kebersihan dan perawatan diri calon mempelai wanita. Kamu dapat memberikan shampoo dan conditioner, lulur, sabun, sikat dan pasta gigi, serta handuk.

Jual BATHE PROJECT Bath Bombs Salt Sabun Mandi Bathtube 6 PCS -
Perawatan Tubuh BATHE PROJECT Bath Bombs Salt Sabun Mandi Bathtube 6 PCS - SKT harga Rp 36.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Pakaian

Seserahan pernikahan juga dapat berupa pakaian, seperti kebaya, batik, atau sarung. Pakaian ini melambangkan kemewahan, keanggunan, dan keindahan dalam hubungan pernikahan.

Selain itu, seserahan juga bisa berupa kain yang dihiasi dengan motif dan warna yang khas, yang melambangkan tradisi dan kekayaan budaya.

6. Alat Rias dan Perawatan

Alat rias dan perawatan, seperti make-up, skincare, parfum, atau alat mandi juga sering diberikan sebagai seserahan pernikahan. Barang ini mencerminkan perawatan untuk menjaga penampilan yang baik dalam pernikahan.

7. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman juga menjadi bagian penting dari seserahan pernikahan. Kue tradisional, makanan khas daerah, atau makanan manis seperti madu atau kacang adalah beberapa contoh yang umumnya diberikan.

Makanan dan minuman ini melambangkan kelimpahan, kebahagiaan, dan berkat dalam pernikahan.

8. Peralatan Kesehatan

Peralatan kesehatan juga seserahan pernikahan yang pasti berguna. Alat yang dibutuhkan biasanya tensi meter, termometer, atau alat pijat. Pasangan pengantin dapat menggunakan peralatan ini untuk menjaga kesehatan mereka.

Dengan memahami perbedaan antara seserahan lamaran dan pernikahan, pasangan pengantin dapat memberikan hadiah yang sesuai dan bermakna.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan minat, kebutuhan, dan nilai-nilai pasangan pengantin dalam memilih seserahan, sehingga hadiah tersebut dapat memberikan manfaat serta memperkuat ikatan pernikahan yang mereka jalin.

Jual Yuwell Alat Ukur Detak Jantung Oksigen Pulse Oximeter -
Alat Medis Yuwell Alat Ukur Detak Jantung Oksigen Pulse Oximeter - YX102 harga Rp 159.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

9. Hiasan Dinding

Seserahan hiasan dinding adalah salah satu variasi dalam tradisi seserahan pernikahan yang memberikan sentuhan estetika dan artistik. Hiasan dinding ini tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tetapi juga bisa menjadi simbol harapan dan doa bagi pasangan yang akan memulai hidup baru bersama.

Selain itu, seserahan hiasan dinding ini juga bisa menjadi kenang-kenangan yang selalu mengingatkan pasangan akan hari pernikahan mereka.

10. Tas

Seserahan tas wanita adalah salah satu jenis seserahan populer dan bisa menjadi pertimbangan kamu. Tas wanita sebagai seserahan tidak hanya memiliki nilai praktis, tetapi juga menunjukkan perhatian dan penghargaan dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita.

Kamu bisa memilih tas dengan gaya yang elegan dan bisa digunakan untuk acara-acara formal atau sehari-hari.

11. Kain Batik

Inspirasi seserahan pernikahan yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah kain batik. Kain batik menjadi seserahan khas dalam tradisi dan nilai pernikahan di Indonesia.

Berbagai jenis cetakan dan motif batik yang unik dapat kamu pilih untuk bisa memberikan makna khusus atau simbol harapan baik, seperti motif kawung yang melambangkan keabadian atau motif parang yang melambangkan kekuatan.

12. Perawatan Tubuh dan Wajah

Terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah perlengkapan perawatan tubuh dan wajah. Seserahan ini dapat memberikan kesan atau simbol perhatian dan kepedulian calon mempelai pria terhadap perawatan dan kesejahteraan calon mempelai wanita.

Kamu bisa memberikan perawatan dasar seperti losion, scrub, deodorant, hingga elektronik perawatan seperti pengering rambut dan facial steamer.

Berbagai kesibukan dan persiapan pernikahan tentunya tidak mudah dilakukan serta banyak tantangan. Pastikan kamu memilih setiap kebutuhan seserahan pernikahan dengan penuh pertimbangan agar acara yang dinanti-nanti dapat berjalan khidmat.

Jakmall memiliki berbagai perlengkapan rumah tangga seperti mixer, furnitur, hingga jam dinding yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah dengan banyaknya pilihan metode pembayaran terlengkap!